Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Pentingnya Laporan Keuangan Bagi Pengusaha

Pentingnya Laporan Keuangan Bagi Pengusaha
Pentingnya Laporan Keuangan Pengusaha

Pentingnya Laporan Keuangan Pengusaha | Laporan keuangan merupakan informasi akuntansi yang paling krusial untuk mengendalikan seluruh aktivitas finansial perusahaan. Banyak pengusaha yang belum menyadari pentingnya laporan bagi perusahaan, jika Anda terlalu bergantung kepada penasihat finansial seperti akuntan tanpa mengedukasi diri sendiri adalah hal yang tidak baik untuk Anda sebagai pengusaha dan bagi perusahaan Anda. Meski tidak memiliki latar belakang mengenai akuntansi, Anda sebagai pengusaha wajib mengetahui fungsi serta manfaat laporan keuangan bagi kesehatan usaha Anda. 

Hakikat Laporan Keuangan 

Setiap bisnis usaha yang normal dan baik tentu membutuhkan laporan keuangan agar bisa mengetahui kondisi keuangan sehingga bisa dilakukan dan direncanakan hal – hal untuk memajukan perusahaan. Laporan yang biasa dibutuhkan secara umum antara lain Neraca, Laporan Laba/Rugi, Laporan Arus Kas (Cash Flow).

Contoh transaksi : ketika menjual barang kepada pelanggan, pembelian kepada supplier atau pembayaran beban – beban rutin seperti listrik dll, data transaksi tersebut yang akan Anda catat sesuai kaidah akuntansi yang benar. Kemudian pelajari tentang dasar – dasar akuntansi seperti cara membuat persamaan dasar akuntansi (Persamaan akuntansi yang dipakai adalah aset = Liabilitas + Ekuitas yang mengacu kepada SAK (Standar Akuntansi Keuangan) di Indonesia, mencatat jurnal umum, membuat buku besar, dan tahap laporan keuangan lainnya.

Pengaruh Laporan Keuangan Bagi Aktivitas Perusahaan 

Pentingnya Laporan Keuangan Pengusaha

Seperti yang Anda ketahui laporan keuangan menentukan kinerja perusahaan seperti kesuksesan perusahaan ssangat bergantung oleh kinerja karyawan, karena itu melalui laporan keuangan pihak intern atau manajemen perusahaan akan mengetahui kondisi perusahaan sehingga dapat merancang sistem yang lebih efektif bagi perusahaan. Dengan melakukan pencatat teratur laporan keuangan Anda menjadi sehat dan Anda dapat memantau perkembangan perusahaan setiap saat dan membandingkan dengan bulan lalu atau tahun sebelumnya. Dengan begitu Anda mengetahui perusahaan mengalami kenaikan atau penurunan. 

Manfaat Laporan Keuangan 

  1. Menyediakan informasi kondisi dan perkembangan keuangan yang berhubungan dengan organisasi/perusahaan yang menjadi bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan yang tepat dan akurat.
  2. Memberikan informasi yang berguna bagi manajemen perusahaan.
  3. Menetapkan hak bagi masing-masing pihak yang mempunyai suatu kepentingan dalam suatu perusahaan, baik itu pihak internal maupun eksternal.
  4. Mengawasi dan mengendalikan berbagai macam suatu kegiatan yang terjadi pada perusahaan.
  5. Membantu suatu perusahaan untuk mencapai target yang telah ditetapkan.
  6. Membantu perusahaan mengetahui laba yang diperoleh.
  7. Mengelola dan mengawasi aktvitas dalam perusahaan.

Ingin Mengetahui Bagaimana ACCURTAE 5 Membantu dan Merapikan Pembukuan Bisnis Anda ?

Hubungi Kami via Telp/Email

031-5912996 / galaxy@myabcshop.com

Untuk mendapatkan Free Demo Presentasi Accurate Accounting Software Dekstop versi 5

Baca Juga