Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Pentingnya Audit Akuntansi Internal Bagi Perusahaan

Pentingnya Audit Akuntansi Internal Perusahaan. Hubungi Firdaus 081703354372

Pentingnya Audit Akuntansi Internal Perusahaan

Audit merupakan kegiatan yang tidak bisa diisahkan dari akuntansi. Akuntansi merupakan pencatatan dari proses keuangan hingga menghasilkan laporan keuangan dari hasil pencatatan tersebut. Audit sendiri adalah merupakan proses pengecekan hasil dari pencatatan hingga pengecekan laporan keuangan apakah sudah sesuai dengan peruntukannya dan sesuai dengan sdtandart akuntansi. Dengan kata lain audit adalah pengecekan dari proses akuntansi.

Audit akuntansi biasanya dilakukan oleh internal perusahaan yang berkompeten atau bisa dari pihak akuntan yang ditunjuk oleh pihak perusahaan sehingga bertanggung jawab langsung pada manajer atau langsung pimpinan perusahaan.

Pekerjaan audit akuntansi disini adalah melakukan pengecekan terhadap prosedur akuntansi perusahaan, control dan planning terhadap prosedur akuntansi perusahaan.

Tujuan Audit Akuntansi

  1. Kelengkapan, bertujuan untuk meyakinkan bahwa semua proses benar benar tercatat secara lengkap sesuai prosesudur perusahaan terjurnal, actual dan dapat dipertanggungjawabkan.
  2. Akurat, memastikan bahwa semua transaksi sudah tercatat baik seluruh transaksi serta saldo, sesuai dengan jumlah perhitungan dengan tepat dan benar.
  3. Benar terjadi, untuk memastikan bahwasannya seluruh keuangan, kegiatan dan kejadian tercatat dengan benar dan tidak fiktif.
  4. Evaluasi, bertujuan sebagai bahan evaluasi dan penilaian semua kegiatan dilakukan dengan baik dan benar.
  5. Klarifikasi, bertujuan untuk melakukan klarifikasi terhadap seluruh transaksi sesuai dengan jurnal.
  6. Cut off, proses tutup buku sebagau batasan waktu
  7. Pengungkapan, maksud tujuannya adalah proses pengungkapan hasil catatan saldo hingga laporan keuangan dalam bentuk laporan. Dimana hasil laporan tersebut dapat dipertanggungjawabkan secara wajar, jelas dan tidak adanya unsur data fiktif.

Manfaat Audit Akuntansi

  • Dapat mencegah dan menemukan jika ada kecurangan yang telah dilakukan oleh pihak-pihak yang diaudit di dalam perusahaan.

  • Mengevaluasi tujuan, kebijakan, sasaran, peraturan, prosedur, dan struktur organisasi yang belum ditentukan sebelumnya.

  • Memberi dasar atas asersi (pernyataan manajemen yang ada pada laporan keuangan) supaya lebih aktual dan dapat dipercaya. Pernyataan tersebut dijadikan sebagai suatu aset dalam menyusun surat pemberitahuan pajak untuk diserahkan kepada pemerintah.

  • Menambah integritas atau menghubungkan semua laporan keuangan yang ada sehingga laporan keuangan tersebut dapat dipercaya oleh semua pihak internal maupun eksternal. Pihak internal yang dimaksud adalah pegawai, staf, pemegang saham, kreditor, atau anggota yang terlibat di daam perusahaan. Sedangkan pihak eksternal yang dimaksud adalah pemerintah dan semua yang terkait.

  • Kegiatan audit akuntansi ini secara tidak langsung dapat membuka peluang masuknya investor untuk pembiayaan perusahaan.

  • Sebagai dasar mempersiapkan jika ada kesalahan atau penyimpangan keuangan di dalam jurnal keuangan.

Demikianlah artikel kali ini Pentingnya Audit Akuntansi Internal Perusahaan, dengan demikian diharapkan pihak perusahaan setelah mengetahui pentingnya kegiatan audit tersebut setidaknya dapat melakukan audit internal atas prosedur akuntansi di perusahaannya pada masa periode tertentu untuk menjamin bahwasannya semua prosedur keuangan perusahaan dilakukan dengan baik dan benar.

 

Baca Juga Artikel Berikut :

  1. 5 tips dalam berbisnis agar omset tetap aman
  2. Laporan Di Accurate Software Mencegah Omset Terjun Bebas
  3. Belajar Bisnis dari Film Chef
  4. Kontrol Persediaan Barang Dagang dalam Perusahaan
  5. Yang Harus Dihindari Pengusaha Pemula dalam Berbisnis
  6. Cara Mencegah Terjadinya Kecurangan dalam Bisnis Anda
  7. Kapan saatnya Perusahaan Butuh Software Akuntansi