Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Pentingnya Arsip Data Transaksi Sebagai Penunjang Bisnis

Pentingnya Arsip Data Transaksi Sebagai Penunjang Bisnis. Hubungi firdaus 081703354372 Pentingnya arsip data transaksi sebagai penunjang bisnis.

Dalam kegiatan bisnis arsip data mempunyai peranan yang sangat penting sebagai bank data karena tidak mungkin mengandalkan memori manusia yang sangat terbatas sehingga arsip memiliki peran sebagai informasi dan sebagai bukti yang otentik bagi perusahaan. Maka dari itu arsip data haruslah dikelola dengan baik dan benar.

Arsip data adalah dokumentasi atas hal yang berkaitan dengan transaksi keuangan seperti surat jalan, faktur penjualan, penerimaan penjualan, faktur pembelian, biaya biaya dan transaksi transaksi lainnya yang berkaitan dengan kegiatan operasional perusahaan.

Arsip perusahaan terbagi menjadi:

  1. Arsip keuangan
  2. Arsip non keuangan, contoh arsip non keuangan diantaranya adalah arsip kepegawaian, arsip pelatihan karyawan dan arsip non keuangan lainnya.

Ada beberapa manfaat yang diperoleh dengan pengelolaan arsip data yang baik dan benar, sebagai berikut :

Arsip Pelaporan pajak

Dengan adanya transaksi baik penjualan ataupun pembelian yang dikenakan pajak akan terbit faktur pajak dengan demikian arsip tersebut sangat diperlukan dalam membantu laporan keuangan perusahaan untuk penyusunan laporan pajak.

Dasar penghitungan laba/rugi

Dengan rapinya pengelolaan arsip data transaksi perusahaan bisa dijadikan sebagai dasar penghitungan laba/rugi jika terdapat kelalaian dalan pencatatan akuntansi harian. Dengan demikian akan dapat diminimalisisr adanya kerugian perusahaan jika terdapat data yang tidak sesuai dalam laporan keuangan.

Dasar analisa laporan perusahaan

Arsip data pembukuan bisa dijadikan sebagai referensi data tambahan dalam menganalisa laporan keuangan perusahaan dalam menentukan untuk pengambilan keputusan, seperti analisa biaya biaya, analisa penjualan, analisa pembelian dalam periode tertentu.

Sebagai bukti otentik

Pengelolaan arsip data perusahaan yang baik dan benar akan dijadikan bukti yang bisa dipercaya jika dikemudian hari ada klaim, kecurangan atau hal hal yang tidak diinginkan lainnya. Karena arsip data merupakan transaksi yang sah maka bisa dijadikan sebagai alat bukti dalam menyelesaikan masalah yang timbul dikemudian hari. Demikian artikel kali ini Pentingnya arsip data transaksi sebagai penunjang bisnis, diharapkan dengan adanya ulasan artikel kali ini bisa menjadi inspirasi bagi pelaku usaha agar bisa mengelola arsip data perusahaan dengan baik dan benar.  

Baca Juga Artikel Berikut :

  1. Mengabaikan Laporan Keuangan Perusahaan Membuat Omset Terjun Bebas.
  2. Tips Langkah Dasar Memulai Bisnis Beras Bagi Pengusaha Baru
  3. Software akuntansi autoposting kelebihan dan kekurangannya.
  4. Belajar Bisnis dari Film Chef
  5. Kontrol Persediaan Barang Dagang dalam Perusahaan
  6. Yang Harus Dihindari Pengusaha Pemula dalam Berbisnis
  7. Cara Mencegah Terjadinya Kecurangan dalam Bisnis Anda
  8. Kapan saatnya Perusahaan Butuh Software Akuntansi