Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Pentingnya Arsip Data Pembukuan Keuangan Perusahaan

Pentingnya Arsip Data Pembukuan Keuangan Perusahaan Pentingnya Arsip Data Pembukuan | Bagi seorang akuntan pasti pernah dipusingkan oleh urusan arsip. Mengelola arsip tersendiri butuh keterampilan dan kecerdasan khusus. Arsip, mungkin menurut beberapa orang arsip adalah hal mudah tapi sesungguhnya arsip sangat penting khususnya bagi yang bekerja sebagai akuntan.

Apa Saja Data Pembukuan Keuangan yang Perlu di Arsip ?

Data pembukuan keuangan perusahaan terdiri dari catatan, bukti pembukuan, dan data pendukung administrasi keuangan, yang merupakan bukti adanya hak dan kewajiban serta kegiatan usaha suatu perusahaan. Catatan ini terdiri dari neraca tahunan, perhitungan laba/rugi tahunan, rekening, jurnal transaksi harian, atau setiap tulisan yang berisi keterangan mengenai hak dan kewajiban serta hal – hal lain yang berkaitan dengan kegiatan suatu perusahaan.

Tujuan Manajemen Arsip

Pentingnya Arsip Data Pembukuan
  • Mencatat kebijakan atau keputusan dari suatu perusahaan secara efektif dan komprehesif.
  • Mengatur bagaimana mekanisme kerja dari satu perusahaan melalui arsip tersebut.
  • Mengetahui berapa banyak jumlah arsip yang dimiliki
  • Membuat satu sistem kebijakan lebih praktis karena menggunakan berbagai macam kemajuan tekhnologi.
  • Menyimpan histori dari satu perusahaan dengan baik.

Fungsi Manajemen Arsip 

  • Melakukan rencana awal, lalu mengatur organisasi, lalu mengarahkan pegarahan, sehingga kinerja perusahaan bisa diawasi dengan baik.
  • Kegiatan ini terdiri dari identifikasi hingga pemulihan data. 
  • Setelah menyimpan arsip – arsip tersebut, Anda harus mengelola data tersebut dengan baik.

Mengapa Manajemen Arsip itu penting ? kegiatan pengarsipan pasti dilakukan oleh semua jenis perusahaan baik kormesil maupun nirlaba. Ada beberapa manfaat jika Anda melakukan manajemen perngarsipan sebagai berikut :

  1. Menghindari kerugian dikarenakan kelalaian pencatatan akuntansi dan bisa menentukan keuntungan yang Anda tetepkan melalui pencatatan akuntansi yang didasari dari transaksi produksi.
  2. Sebagai Refrensi Riset untuk mengetahui peningkatan biaya atau bagaimana penjualan Anda selama beberapa tahun belakangan. 
  3. Sebagai Bukti yang Valid dan Terpercaya apabila terjadi hal – hal yang tidak diinginkan dikemudian hari seperti klaim, pencurian atau penipuan maka bukti yang telah Anda arsip mampu menolong Anda. Hal ini dikarenakan arsip bisaa jadi alat pengingat atas transaksi yang terjadi di masa lalu. 

Ingin Mengetahui Bagaimana ACCURTAE 5 Membantu dan Merapikan Pembukuan Bisnis Anda ?

Hubungi Kami via Telp/Email

031-5912996 / galaxy@myabcshop.com

Untuk mendapatkan Free Demo Presentasi Accurate Accounting Software Dekstop versi 5

Baca Juga