Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Peningkatan Peluang Bisnis Pada Usaha Variasi Sepeda Motor

Peningkatan Peluang Bisnis Pada Usaha Variasi Sepeda Motor
Peningkatan Peluang Bisnis Pada Usaha Variasi Sepeda Motor

Peningkatan Peluang Bisnis Pada Usaha Variasi Sepeda Motor | Peluang bisnis variasi motor akan meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor. Yang tidak bisa dipungkiri adalah jumlah kendaraan bermotor yang tidak pernah menurun dan malah sebaliknya. Hal ini dikarenakan semakin mudah dan banyaknya dealer-dealer motor yang berani memberikan kredit motor walaupun dengan DP yang relatif kecil bahkan tanpa DP sekalipun. Bagi sebagian orang, meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dapat memberikan dampak yang positif. Peluang usaha baru yang dihasilkan dari meningkatnya jumlah kendaraan roda dua ini adalah bengkel variasi motor dianggap sebagai usaha yang prospektif. Bengkel, toko aksesoris dan sparepart motor juga mulai dilirik oleh para pelaku usaha karena dinilai sebagai peluang usaha dan prospek omset yang menguntungkan.

Baca Juga : Mencatat Laporan Keuangan Untuk Usaha Klinik Kecantikan

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kita mempelajari hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memulai usaha tersebut, antara lain:

  1. Mempersiapkan modal. Sebelum memulai usaha apapun, yang perlu dipersiapkan pertama kali adalah modal. Miliki anggaran dana yang dapat ditransfusikan ke masing-masing post pengeluaran, misal: budget untuk sewa tempat, biaya operasional, barang dagangan (aksesoris motor), serta membeli peralatan yang diperlukan.
  2. Mempersiapkan lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis akan mendukung setiap usaha untuk dapat bertahan bahkan berkembang untuk menjadi lebih besar lagi. Untuk itu dalam pemilihan lokasi diperlukan analisa dan langkah pengambilan keputusan yang tepat. Lokasi yang strategis adalah lokasi yang ramai dan mudah dijangkau oleh calon pembeli.
  3. Mempersiapkan perlengkapan (sarana dan prasarana) toko/bengkel. Untuk menunjang operasional usaha, maka yang harus dipersiapkan sebagai sarana dan prasarana toko atau bengkel antara lain seperti meja, kursi, etalase, ruang tunggu, papan nama, perlengkapan atk termasuk nota dan lain-lain. Sarana dan prasarana dalam bengkel merupakan hal yang harus ada walaupun tidak akan menghasilkan keuntungan, untuk itu budget bagi sarana dan prasarana ini hendaknya seminim mungkin.
  4. Mempersiapkan tools atau peralatan bengkel. Peralatan atau tools paling dasar bagi sebuah bengkel hendaknya harus dimiliki seperti kompresor, bor, mesin bubut dan lain sebagainya. Peralatan yang lengkap dapat membuat kerja mekanik menjadi lebih cepat.
  5. Mempersiapkan barang dagangan (aksesoris dan barang dagangan). Dalam hal ini pemilihan distributor sparepart harus menjadi perhatian yang utama. Hal ini bertujuan untuk mempertimbangkan hal-hal seperti harga, kualitas dan keaslian produk, kelengkapan produk, jaminan garansi dan lain sebagainya.
  6. Mempersiakan strategi pemasaran. Mempersiapkan strategi pemasaran yang tepat bagi sebuah usaha sama seperti mempersiapkan strategi kemenangan sebelum berperang. Banyak strategi pemasaran yang dapat dilakukan bagi sebuah bengkel, seperti menggunakan internet atau media konvensional. Melakukan promosi dari teman dekat dan circle disekitar lingkungan juga dapat membantu mempromosikan usaha kita.

Baca Juga : Laporan Keuangan Industri Fashion Dengan Accurate Software

Berbeda dengan bengkel motor biasa, bengkel variasi motor akan lebih baik bila dapat menjalin hubungan dengan komunitas motor. Karena banyak penggemar variasi motor modifikasi yang berasal dari kalangan tertentu yang agak sulit untuk ditemui. Dan cara terbaik untuk menemukannya adalah dengan mengenal komunitas-komunitas motor. Komunitas ini biasanya mewadahi kegiatan mereka, salah satunya adalah modifikasi motor. Apabila dapat menjalin hubungan yang baik dengan komunitas, maka kesempatan untuk mendapatkan calon pelanggan akan terbuka lebar.

Kekuatan bisnis variasi motor tentu terletak pada kelengkapan pelayanan yang dapat kita berikan. Semakin lengkap produk yang disediakan, semakin banyak pelayanan dan kemampuan memodifikasi motor maka akan semakin banyak pula peminat dari usaha ini. Untuk itu khusus bagi bisnis bengkel variasi motor, memaximal budget untuk menyediakan barang khusus untuk variasi dan modifikasi adalah hal yang baik. Tidak ada standart baku dalam memodifikasi motor, untuk itu semakin kreatif dan canggih kita dalam melakukan pelayanan maka hasilnya akan semakin baik.