Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Pencatatan Hasil Stock Opname dengan Software Akuntansi Accurate – Accurate Hub. Eka 082232747689

Pencatatan Hasil Stock Opname dengan Software Akuntansi Accurate |Pencatatan Hasil Stock Opname merupakan salah satu pencatatan yang penting anda lakukan. Jika anda menggunakan pencatatan manual maka anda harus memastikan bahwa stock yang ada di gudang fisik dengan stock mutasi di buku stock tersebut sesuai. Tidak hanya dengan cara manual, jika anda menggunakan software pun anda tetap wajib melakukan stock opname agar menghindari terjadinya kesalahan perhitungan yang menyebabkan kerugian bisnis anda. 

Software Akuntansi Accurate , yang merupakan salah satu software akuntansi terbaik di indonesia memiliki modul dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis di berbagai macam bidang usaha. Software Accurate telah dipakai oleh lebih dari 300.000 perusahaan dan telah meraih penghargaan Top Brand award selama 5 tahun berturut- turut. 

Jika dikaitkan dengan Stock Opname, Accurate software dapat membantu anda untuk memudahkan pencatatan perhitungan stock yang telah anda cek. Bagaimana tahapan Stock Opname melalui Accurate ? silahkan simak penjelasan dibawah ini. 

mencetak daftar stock yang ada di accurate Software

Saat anda Melakukan Stock Opname tentunya anda perlu mengetahui Patokan stock yang saat ini tercatat di Software Accurate anda. Hal ini bertujuan untuk mencocokkan data kuantitas dan jenis barang apakah sama antara fisik dan software. Maka anda perlu mencetak daftar barang di Accurate Software dengan cara SBB :

Laporan lembar Perhitungan stock fisik barang 

Melihat data barang di Laporan dengan klik Daftar | Daftar Laporan | Laporan Gudang | Lembar Perhitungan stock fisik barang. 

Laporan data Barang Per gudang 

Melihat data barang di Laporan dengan klik Daftar | Daftar Laporan | Laporan Gudang |Kuantitas barang per daftar gudang 

menghitung stock fisik di gudang anda

Pada tahap ini, Anda dapat melakukan perhitungan stock yang ada pada gudang fisik anda. anda dapat mengacu pada cetakan/ lembar daftar barang yang ada pada step sebelumnya. dalam hal ini semua pencatatan berada di luar sistem. Accurate Software tidak mencatat data pada saat jalannya stock opname. 

mencatat hasil perhitungan stock opname

Setelah anda melakukan Perhitungan Pada gudang fisik anda, dan mengetahui hasil perhitungan stock nya. Jika tidak terdapat selisih maka tidak perlu dilakukan pencatatan lebih lanjut di Software Accurate. Namun jika ternyata terdapat selisih maka anda harus melakukan pencatatan di Accurate Software melalui Fitur Penyesuaian Persediaan. 

Anda dapat membuka Fitur Penyesuaian persediaan melalui modul Persediaan | Penyesuaian Persediaan. Ada 2 cara penginputan tergantung pada kondisi hasil stock Opname, yaitu sbb : 

1. Penyesuaian untuk Mengurangi Kuantitas Barang 

– Pilihan “penyesuaian nilai” tidak dicentang
– Pilih akun penyesuaian yang akan menjadi lawan akun persediaan. Misal harga pokok penjualan atau beban.
– Pilih barang yang akan disesuaikan, lalu isi Kuantitas Baru dengan kuantitas hasil perhitungan fisik.
Nilai persediaan akan dikurangi secara Fifo atau Average sesuai metode yang kita gunakan.

2.  Penyesuaian untuk menambah kuantitas barang 
– Pilihan “penyesuaian nilai” dicentang
– Selain mengisi Akun Penyesuaian & Kuantitas Baru, akan diminta Nilai Baru. Karena menambah kuantitas, ACCURATE perlu tahu cost/nilai yang dibawa oleh kuantitas tambahan tsb. 

Berikut adalah Tampilan Form Fitur Penyesuaian Persediaan dan contoh hasil cetakan Penyesuaian Persediaan.