Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Pembayaran Dengan Cara Cash Atau Cashless Menguntungkan Mana

Pembayaran Dengan Cara Cash Atau Cashless Menguntungkan Mana. Hu: Firdaus 081703354372 Pembayaran dengan cara cash atau cashless menguntungkan mana. Semakin berkembangnya teknologi akan membawa dampak disemua sektor, termasuk juga mempengaruhi sistem pembayaran yang berlaku. Sebelumnya kebiasaan pelaku pasar dalam melakukan pembayaran atas transaksinya terbiasa dengan menggunakan uang tunai/cash, seiring berkembangnya teknologi sistem pembayaran jadi lebih dipermudah yang mulanya membayar tunai/cash maka sekarang banyak yang menggunakan non tunai/cashless. Bank Indonesia (BI) tahun 2009 mengeluarkan aturan tentang transaksi pembayaran nontunai, dan tahun 2014 dicanangkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Tidak mengherankan jika transaksi pembayaran non tunai saat ini semakin meningkat dan semakin banyaknya jenis penyedia transaksi non tunai yang ditawarkan pada masyarakat, dengan berbagai jenis promo yang ditawarakan setiap bertransaksi non tunai Pada artikel kali ini penulis akan memcoba untuk memjelaskan lebih menguntungkan mana bertransaksi pembayaran dengan cash atau cashless bagi perusahaan.   Pembayaran dengan cash Pemabayaran cash atau biasa disebut pembayaran tunai langsung masih berlaku hingga saat ini dan masih banyak dipakai oleh masyarakat dan bisnis tertentu juga masih memberlakukan transaksi pembayaran tunai. Keuntungan pembayaran dengan cash/tunai bagi perusahaan :

  • Pembayaran cash masih diterima disemua jenis usaha
  • Sebagian masyarakat masih lebih suka dengan transaksi pembayaran cash
  • Menjaga cash flow perusahaan

Kelemahan pembayaran dengan cash/tunai bagi perusahaan :

  • Terjadi antrian dikasir jika ramai pengunjung, karenamembutuhkan proses yang aga lama mulai dari kasir menerima uang tunai, menghitung uang yang diterima, dan kembalian.
  • Resiko uang tunai yang rusak, hilang, palsu
  • Resiko terjadi perampokan baik di perusahaan atau disaat akan melakukan setor ke bank
  • Transaksi pembayaran dalam jumlah besar membutuhkan tempat yang aman, penghitungan yang cermat.

  Pembayaran cashless/nontunai Dari data survey yang dilakukan oleh Bank Indonesia bahwasannya saat ini kecenderungan untuk bertransaksi dengan nontunai semakin meningkat, kebanyakan dari mereka lebih tertarik untuk berbelanja menggunakan e-money dari pada menggunakan uang cash. Transaksi e-money ini sudah banyak digunakan oleh beberapa bank di Indonesia untuk memudahkan transaksinya, dan ada juga e-wallet seperti OVO, DANA, Linkaja, Gopay dan masih banyak lainnya. Bagaimana dengan usaha anda, sudah siapkah perusahaan anda menggunakan transaksi pembayaran dengan cashless? Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan transaksi pembayaran cashless/nontunai :

  • Proses transaksi lebih cepat. Dengan cashless akan mengurangi anatrian dikasir, hanya dengan scan barkode QR atau melalui aplikasi akan mempercepat proses transaksi pembayaran. Dibandingkan dengan pembayaran tunai saat dikasir akan memakan waktu lebih lama prosesnya.
  • Tidak membutuhkan uang kembalian. Karena pembayaran nontunai/cashless maka tidak terjadi proses terima uang darikasir dan pembayaran langsung senilai transaksinya, jadi kasir tidak menyediakan uang kembalian.
  • Transaksi lebih aman.  Karena tidak adanya transaksi dengan uang tunai maka resiko terjadinya menerima uang palsu, aksi kejahatan akan lebih terkendalidan lebih aman.
  • Histori transaksi tersimpan otomatis. Dengan demikian akan lebih terkontrol dari system aplikasi yang digunakan, sehingga pihak kasir tidak perlu repot menghitung manual rekap penjualannya karena secara system sudah otomatis tercatat secara realtime, sehingga memudahkan juga bagi pimpinan untuk melihat rekap langsung tanpa mengganggu aktivitas kasir.
  • Promo dari aplikasi. Kesempatan untuk skema promo yang ditawarkan oleh penyedia aplikasi dengan demikian akan mengundang banyak pengunjung untuk bertansaksi ditempat anda.

Berikut kelemahan bertransaksi dengan cashless :

  • Tergantung pada sinyal diwilayah tempat usaha anda, karena harus terhubung dengan operator internet untuk menggunakan aplikasi nontunai.
  • Tidak semua pelanggan paham aplikasi e-money dan perangkat penunjangnya seperti hp yang belum memadai.
  • Penyalahgunaan data, karena bertransaksi harus mendaftarkan data pribadi kemungkinan ulah oknum memperjualbelikan data anda.
  • Adanya pembatasan nominal transaksi pada beberapa bank untuk batasan kredit limit.
  • Terjadi bencana alam transaksi nontunai tidak bisa digunakan karena berakibat rusaknya infrastruktur penunjangnya.

Itulah sekilas gambaran mengenai transaksi pembayaran dengan cara cash atau cashless menguntungkan mana. Tentunya anda bisa langsung melihat dilapangan perilaku dari para pelanggan cenderung menggunakan transaksi cash/tunai atau cashless/nontunai atau bahkan dikombinasi bisa terima pembayaran cash dan nontunai. Dengan artikel ini diharapkan dapat membantu para pelaku bisnis dalam membuat keputusan untuk transaksi pembayaran yang bagaimana yang akan diterapkan pada bisnis usahanya.  

Baca Juga Artikel Berikut :

  1. Pembayaran Transaksi Dengan Cash dan Cashless di Accurate Versi 5
  2. Jurnal Autoposting Merupakan Keuanggulan Accurate Versi 5
  3. Laporan Di Accurate Software Mencegah Omset Terjun Bebas
  4. SOP (Standard Operating Procedure) Penerapannya di Accurate Versi 5
  5. Belajar Bisnis dari Film Chef
  6. Kontrol Persediaan Barang Dagang dalam Perusahaan
  7. Yang Harus Dihindari Pengusaha Pemula dalam Berbisnis
  8. Cara Mencegah Terjadinya Kecurangan dalam Bisnis Anda
  9. Kapan saatnya Perusahaan Butuh Software Akuntansi