Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Peluang Bisnis Pertambangan Nikel Di Indonesia

Peluang Bisnis Pertambangan Nikel Di Indonesia — Selama ini jenis pertambangan yang dikenal oleh masyarakat secara umumnya seperti emas, tembaga, batu bara, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tapi tahukah anda bahwa nikel termasuk dalam salah satu jenis pertambangan? Atau tahukah anda bahwa akhir-akhir ini nikel menjadi bahan baku yang sering dicari oleh para pengusaha? Mengapa demikian? Nikel merupakan bahan baku untuk membentuk stainless steel dimana produk yang sering anda temui ketika membeli aksesoris dapur, ada pula nikel juga digunakan untuk pembuatan baterai mobil listrik dan untuk lapisan penguat lainnya. Maka dari itu mari kita lihat peluang yang bisa dihasilkan oleh nikel dan manfaat yang dihasilkan oleh sumber daya alam yang satu ini.

Peluang Bisnis Usaha Pertambangan Nikel Di Indonesia

Harga Nikel Yang Kian Melambung Tinggi

Peluang Bisnis Usaha Pertambangan Nikel Di Indonesia

Indonesia memiliki peranan yang besar dalam pasar nikel dunia karena 27 persen dari total pasokan nikel berasal dari Indonesia. Industri nikel di Indonesia terus meningkat bilai ekonomisnya sejak dilakukan hilirisasi. Penjualan bijih nikel Indonesia sempat mengalami penurunan sejak dilarangnya eksport bijih nikel, namun secara total nilai ekonomis industri nikel Indonesia naik tinggi karena nilai ekonomis produk hilir nikel jauh lebih tinggi daripada produk hulu nikel. Harga produk nikel cukup tinggi, sebagai gambaran harga produk hulu/bijih nikel berada di kisaran 40-45 dolar AS/ton bijih dan produk hilir di angka 17.000 dolar AS/ton nikel.

Baca juga : Bisnis Yang Berkembang Pesat Di Era New Normal

Mobil Listrik

mobil listrik

Dengan berkembangnya industri mobil listrik yang dapat memanfaatkan bijih nikel kadar rendah kurang 1,7 persen serta memiliki kandungan cobalt, maka sumber daya alam nikel Indonesia akan menjadi yang terbesar di dunia. Diproyeksikan pada tahun 2025, peningkatannya akan mencapai 7,7 persen dari mobil biasa. Hal itu berarti akan meningkatkan pula produksi baterai serta suku cadang lain yang berbahan dasar nikel. Mengingat peran nikel yang sangat strategis bagi industri mobil listrik dunia,banyak perusahaan besar dunia yang ingin mengamankan ketersediaan bahan bakunya dengan menguasai cadangan sumber daya alam nikel Indonesia.

Baca juga : Tips Membuka Cabang Usaha

Hilirisasi Yang Dilakukan Oleh Pemerintah Indonesia

hilirisasi nikel

Langkah yang diambil oleh pemerintah Indonesia sebagai upaya untuk meningkatkan nilai nikel adalah dengan melakukan hilirisasi. Hilirisasi nikel secara umum dibagi menjadi dua jalur yaitu pembuatan baterai electric vehicle dan stainless steel. Saat ini hampir semua bijih nikel dunia dihilirisasi ke arah stainless steel ( 71 persen ) dan hanya sedikit yang dihilirisasi ke arah baterai mobil listrik ( 29 persen ). Namun diperkirakan di tahun 2030 nanti 46 persen bijih nikel dihilirisasi ke arah stainless steel dan 37 persen dihilirisasi ke arah baterai mobil listrik. Apabila respon Indonesia cepat dan efisien dalam industri hilirisasi nikel, maka pada tahun 2030 Indonesia dapat menguasai pasar global dari komponen mobil listrik. Hal tersebut akan semakin kuat jika Indonesia juga mampu memproduksi baterai mobil listrik sendiri. Dengan begitu bahan baku yang tersedia mampu dijual kepada produk akhir.

Baca juga : Tips Pengusaha Dalam Memulai Bisnisnya

Peluang Bisnis Pertambangan Nikel Di Indonesia — Itulah tadi beberapa peluang yang bisa anda manfaatkan jika anda membuka usaha pertambangan nikel di Indonesia. Jika anda tertarik dengan artikel yang kami buat, anda bisa mengunjungi website kami untuk menemukan berbagai inspirasi untuk usaha anda disini.