Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Panduan Melakukan Stok Opname

Panduan Melakukan Stok Opname — Stok opname seringkali dianggap remeh oleh suatu perusahaan karena mereka yakin jika stok opname hanya membuat biaya operasional dalam perusahaan tersebut meningkat. Padahal jika kita bisa melihat lebih jauh lagi, ternyata fungsi stok opname sangatlah penting bagi kelangsungan hidup sebuah perusahaan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan kepada anda mengapa stok opname perlu untuk dilakukan dan cara-cara melakukan stok opname yang benar. Stok opname adalah kegiatan terkait perhitungan persediaan atau stok yang tersedia di dalam suatu toko atau gudang. Tujuan melakukan stok opname adalah untuk mengetahui keadaan stok atau persediaan yang ada dan membandingkannya dengan catatan yang dimiliki oleh usaha tersebut. Dengan begitu, anda bisa mengendalikan jumlah stok yang anda miliki di gudang yang nantinya akan anda gunakan untuk penjualan usaha anda. Stok opname sendiri terkadang dilakukan pada akhir tahun mengingat pencatatan pembukuan yang akan berakhir pada akhir tahun ( tutup buku ).

Panduan Melakukan Stok Opname | Hubungi : Ivan ( 087759171799 )

Stok opname yang biasanya memakan waktu yang relatif lama bisa menyebabkan terjadinya kesalahan-kesalahan seperti kekeliruan dalam pencatatan stok maupun penulisan keterangan yang kurang teliti. Untuk mengatasi kesalahan-kesalahan yang terjadi ketika stok opname, anda bisa memperhatikan hal-hal berikut :
1. Penjadwalan stok opname. Penentuan jadwal stok opname sangatlah penting karena mengingat waktu yang diperlukan untuk melakukannya memakan waktu yang tidak sedikit. Jadi stok opname harus dilakukan di luar waktu perhitungan laporan keuangan atau pembukuan usaha sehingga tidak bersinggungan dengan pencatatan laporan keuangan usaha kita.

2. Pembersihan gudang dan pemasangan barcode. Bayangkan jika anda memiliki jenis item atau barang yang bervariasi. Pasti akan merepotkan jika anda melakukan stok opname terhadap semua jenis barang yang anda miliki. Oleh karena itu penting bagi anda untuk melakukan pemasangan barcode sehingga waktu yang anda gunakan untuk melakukan stok opname akan lebih singkat. Pembersihan gudang juga perlu dilakukan agar anda bisa terhindar dari segala resiko yang ada saat melakukan stok opname seperti tercampurnya produk yang rusak dengan produk yang kondisinya masih baik.

3. Mencatat setiap perubahan yang ada ketika sudah melakukan stok opname. Jika anda telah selesai melakukan stok opname, tentu anda akan mengganti catatan lama mengenai ketersediaan stok anda dengan hasil stok opname yang sudah anda lakukan. Jika tidak, maka usaha anda melakukan stok opname akan sia-sia dan tidak memiliki tujuan yang jelas dalam melakukan stok opname.

Panduan Melakukan Stok Opname — Setiap usaha pasti memiliki tujuan yang jelas dalam melakukan stok opname. Entah itu didasari karena ingin menghitung jumlah ketersediaan stok atau barang yang ada di gudang atau karena hal lain seperti melihat apakah pencatatan yang dilakukan selama ini sudah benar atau belum. Ketika proses stok opname sudah selesai dilakukan, anda bisa mengevaluasi laporan keuangan anda dan menyamakannya dengan hasil stok opname yang keluar. Oleh karena itulah penting untuk melakukan stok opname secara berkala. Jika anda ingin melihat-lihat artikel kami yang lain silahkan klik link yang ada di bawah ini.