Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Omzet Menggiurkan Dibalik Peluang Bisnis Usaha Bakery

Peluang Bisnis Usaha Bakery
Peluang Bisnis Usaha Bakery

Omzet Menggiurkan Dibalik Peluang Bisnis Usaha Bakery | Toko roti merupakan salah satu layanan dibidang kuliner yang memiliki banyak peminat, mulai usia anak, dewasa hingga orang tua menyukai aneka roti dan kue. Selain itu toko roti merupakan wadah bagi pemiliknya untuk dapat berkreasi membuat aneka jenis roti untuk memuaskan pelanggannya. Bahkan dewasa ini bisnis kuliner dibidang roti ini telah menjamur. Tidak hanya yang memiliki store saja, tapi setiap orang yang memiliki keahlian membuat roti berlomba-lomba menjual hasil kreasinya dengan sistem open PO. Meskipun tidak memiliki latar belakang didunia kuliner, memiliki bisnis toko roti bisa jadi bukan hanya sekedar impian.

Untuk itu sebelum membuka bisnis toko roti impian, ada baiknya kita mengenali jenis-jenis toko roti, hal ini bertujuan untuk menganalisa jenis pelanggan seperti apa yang akan dilayani, dimana lokasi strategis untuk membuka toko roti, siapa yang akan menjadi target marketnya dan lain sebaginya. Terdapat dua jenis bisnis toko roti, yaitu :

  1. Bisnis toko roti retail. Jenis toko roti seperti ini adalah yang paling umum dan banyak dijumpai dimasyarakat. Toko roti menjual roti dan kuenya secara langsung ke pelanggan. Toko roti retail sendiri memiliki beberapa macam jenis toko seperti bakery cafe, yaitu toko roti dan kue yang juga menyediakan tempat untuk makan bagi pelanggannya. Counter service, yaitu toko roti yang tidak menyediakan tempat makan dan hanya melayani untuk take away saja. Home bakeries, toko roti jenis ini yang sedang menjamur dimasyarakat, mereka tidak memerlukan store untuk menjual roti dan kuenya, pemilik home bakeries menjual dan memasarkan roti dan kuenya secara online serta mengantarkan kepelanggan melalui jasa pengiriman.
  2. Wholesale bakeries. Jenis toko roti ini tidak menjual roti dan kuenya secara langsung kepelanggan, melainkan ke supermarket, restaurant ataupun cafe. Biasanya toko roti jenis ini memproduksi roti dalam jumlah yang banyak. Untuk itu lokasi yang strategis tidak terlalu diperlukan untuk toko roti jenis wholesale. Yang lebih diperlukan adalah kemampuan serta jumlah SDM yang banyak untuk memproduksi roti atau kue.

Baca Juga : Accurate Membantu Back Office Bisnis Minuman Kopi

Mengenali kelebihan dan kekurangan dalam suatu bisnis merupakan satu hal yang perlu dimiliki oleh para pelaku usaha. Begitu juga dengan bisnis toko roti, baik itu toko roti retail ataupun wholesale bakery. Berikut kelebihan dari bisnis toko roti, yaitu :

  • Bisa dimulai dengan modal kecil.
  • Merupakan salah satu bisnis rumahan yang potensial.
  • Target pasarnya luas. Hampir semua kalangan menyukai aneka roti dan kue.
  • Banyak varian menu yang bisa dikreasikan sesuai dengan kebutuhan pasar.
  • Cara pemasaran mudah.

Adapun kekurangan dari bisnis toko roti, yaitu :

  • Umur simpan pendek. Roti dan kue umumnya tidak bisa bertahan lama, terutama kue basah. Untuk itu penting untuk menganalisa jumlah penjualan yang tepat agar tidak mengalami kerugian seperti kekurangan atau kelebihan stock.
  • Persaingan cukup ketat.
  • Bisnis toko roti memerlukan jenis peralatan yang cukup banyak. Selain itu peralatan untuk membuat beraneka macam kue biasanya dibandrol dengan harga yang cukup mahal.

Baca Juga : Meningkatkan Produktifitas Bisnis Dengan Accurate

Peluang Bisnis Usaha Bakery
Peluang Bisnis Usaha Bakery

Peminat roti yang terbilang cukup besar, menjadikan produk ini laris manis. Sehingga peluang bisnis bakery dapat dikatakan merupakan peluang bisnis yang tidak akan habis sepanjang masa. Meskipun bisnis toko roti ini bukan bisnis baru, namun potensi bisnis toko roti ini sangat menggiurkan. Tidak diperlukan modal yang besar untuk memulainya, artinya bisnis toko roti ini bisa dimulai dari skala rumah tangga. Namun perlu diingat, untuk memulai suatu usaha apapun, wawasan dan pengetahuan mengenai bisnis tersebut sangat diperlukan untuk menunjang kelancaran usaha. Begitu juga dengan bisnis toko roti, pelaku usaha bisnis toko roti diharapkan mempunyai wawasan dan pengetahuan yang luas dan mendalam mengenai seluk beluk bisnis bakery.
Setelah mengetahui jenis toko roti serta apa saja yang menjadi kekurangn dan kelebihannya, berikut adalah langkah awal untuk memulai bisnis toko roti, yaitu :

  1. Membuat perencanaan. Setiap bisnis apapun selalu membutuhkan rencana. Bahkan bisnis online tanpa modal sekalipun tetap membutuhkan rencana. Perencanaan yang matang diharapkan dapat mengatasi berbagai rintangan yang akan datang.
  2. Mempersiapkan modal. Walaupun bisnis toko roti bisa dimulai dengan modal kecil, namun budgeting plan tetap dibutuhkan. Hal ini bertujuan untuk mengarahkan konsep toko roti seperti apa yang akan dibangun. Modal yang dipersiapkan sebaiknya sudah termasuk dengan bahan serta peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kue.
  3. Menentukan jenis roti dan kue seperti apa yang akan diproduksi. Sebelum menentukan pilihan ada baiknya dilakukan survey, yaitu mencari selera pasar. Dengan begitu produksi kue yang dibuat akan lebih mudah dijual.
  4. Menentukan harga jual. Salah menentukan harga dapat berakibat fatal. Karena roti dan kue merupakan ‘produk’ yang mudah ditemukan dimana-mana, sehingga untuk dapat bersaingan dengan kompetitor ada baiknya melakukan survey harga terlebih dahulu.
  5. Mencari lokasi yang strategis. Hal ini hanya berlaku apabila kita berencana untuk membuka store. Lokasi yang strategis dapat menunjangkan keberlangsungan bisnis ini. Namun bila akan memulai bisnis bakery rumahan atau skala rumah tangga, pemilihan lokasi yang tepat tidak terlalu dibutuhkan.

Baca Juga : Persiapan Menggunakan Software Akuntansi Accurate

Peluang bisnis bakery terbilang sangat bagus, karena selain untuk camilan, roti dan kue juga sering dipesan untuk acara-acara khusus. Namun untuk dapat bertahan dalam bisnis ini, selain harus memiliki ciri khas dalam roti yang kita produksi, pelaku usaha juga diharapkan untuk selalu berkreasi dan inovatif dalam menciptakan roti dan kue yang kreatif dalam rupa dan rasa. Serta dapat bergerak cepat untuk mengetahui selera pasar, seperti roti atau kue apa yang sedang trend dan diminati oleh banyak orang.