Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Mulai Menggunakan Software Akuntansi, Beberapa Hal Berikut Perlu Anda Siapkan

Mulai Menggunakan Software Akuntansi, Beberapa Hal Berikut Perlu Anda Siapkan | Software Akuntansi merupakan sebuah Program perangkat lunak yang berfungsi untuk mengumpulkan data transaksi yang selanjutnya diolah menjadi laporan keuangan secara sistematis. Di Era yang serba digital ini, software akuntansi sangat berguna untuk memudahkan pencatatan pembukuan di sebuah bisnis. 

Beberapa Unit Bisnis dan Perusahaan masih menggunakan metode pencatatan manual. Namun tidak dapat dipungkiri, Pencatatan secara manual memiliki beberapa kelemahan, mungkin hal tersebut menjadi alasan untuk beralih dan mulai menggunakan software akuntansi, diantaranya : 

  1. Cara manual Membutuhkan waktu kerja lebih lama 
  2. Lemahnya Pengawasan dan kontrol 
  3. Resiko Kehilangan Data lebih besar 
Berikut ini beberapa hal yang perlu anda persiapkan sebelum Menggunakan Software akuntansi : 

MEMPERSIAPKAN DIVISI SESUAI SOP

Perusahaan biasanya memiliki SOP yang digunakan untuk membuat jalannya operasional lebih terarah dan memiliki batasan yang jelas. Pada saat anda menggunakan pembukuan manual secara konvensional mungkin tidak terlalu meghiraukan alur kerja yang spesifik. Namun saat anda beralih menggunakan software akuntansi, anda perlu memastikan beberapa divisi memiliki alur dan SOP yang jelas. Hal ini dikarenakan sebuah software akan dapat membantu anda dalam kemudahan sistem informasi dan penyajian laporan. 

MEMPERSIAPKAN HARDWARE YANG MUMPUNI

Software akuntansi biasanya memiliki Minimum Hardware Requirement hal ini berfungsi agar Software dapat berjalan maksimal pada device yang ada. Anda dapat menanyakan pada penyedia jasa software yang anda pilih. dan Pastikan anda menginformasikan seberapa banyak transaksi yang anda buat selama ini untuk kelancaran penggunaan software pada saat anda menjalankan kegiatan operasional di masa mendatang. 

Mempersiapkan master data perusahaan

Hal terpenting selanjutnya adalah mempersiapkan master data perusahaan yang anda miliki. Beberapa Software Akuntansi dapat memindahkan data melalui File Excel dengan format yang telah ditentukan. Anda perlu untuk mempersiapkan data- data dasar seperti Master akun, Master Stock, Master Pelanggan, Master Customer, dsb. Pastikan anda melakukan cut off saldo akhir untuk dicatat sebagai saldo awal pada software Akuntansi tersebut. 

mempersiapkan daftar nota dan transaksi dagang

Sebelum menggunakan Software Akuntansi mungkin anda masih memiliki Transaksi Jual Beli yang masih berstatus Hutang dan Piutang. Transaksi seperti ini dapat anda input kembali ke software akuntansi untuk memudahkan informasi pencatatan dan pembukuan anda. Pastikan Juga Format Nota dan Transaksi dapat di setting berdasarkan kebutuhan dasar di perusahaan anda mengenai poin penting yang perlu dicatat. 

Demikian Artikel mengenai Mulai Menggunakan Software Akuntansi, Beberapa Hal Berikut Perlu Anda Siapkan. Semoga dapat Bermanfaat dan Menginspirasi anda. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.