Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

MENYAMBUT ERA NEW NORMAL BAGI PENGUSAHA

menyambut era new normal bagi pengusaha. Hub: Firdaus 081703354372

Menyambut era new normal bagi pengusaha

New Normal merupakan istilah yang lagi diperbincangkan ramai saat ini. Kebijakan pemerintah dimasa pandemi covid-19 ini untuk tetap meningkatkan produktifitas masyarakat maka diterapkanlah kehidupan new normal, namun tetap aman dari covid-19 dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yaitu wajib menggunakan masker, sering cuci tangan dan tetap jaga jarak untuk memutus penyebaran covid-19, hingga ditemukannya vaksin yang lagi diusahakan oleh semua negara di dunia.

Tentunya di kehidupan new normal ini berlaku hal yang sama di perusahaan perusahaan, selain tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk memutus penyebaran covid-19 dengan adanya new normal ini pengusaha harus menemukan pola baru dengan adanya perubahan perubahan baru tentunya akan mempengaruhi kinerja dan produktifitas perusahaan.

Tentunya wabah covid-19 ini sangat terasa sekali dampaknya bagi perusahaan perusahaan seperti omset menurun, menyebabkan banyaknya karyawan dirumahkan sampai batas yang tidak menentu.

Sebenarnya bagi perusahaan sudah dilakukan sejak merabaknya wabah ini yaitu dengan jalan:

  • Menjaga jarak diruangan, dengan cara membuat jadwal jam kerja bergantian sehingga mengurangi kerumunan dikantor.
  • Work from home, bekerja dengan jam kerja bergiliran saat sebagian ngantor maka sebagian lagi wfh
  • Menjalankan protokol kesehatan dengan cara wajib menggunakan masker, sring cuci tangan dan jaga jarak.
  • Menyediakan tempat cuci, penyemprotan disinfenktan dan mengukur suhu badan.

Bagi para pengusaha pasti memiliki cara sendiri di era new normal ini, karena perilaku supplier ataupun pelanggan pasti berubah pola dalam berbisnisnya.

Dalam menyambut era new normal bagi pengusaha apa saja yang harus dilakukan :

Pemahaman Pasar

Harus memahami perusahan apa yang terjadi dengan perilaku pelanggan saat ini, bisa jadi strategi awal sebelum adanya pandemi covid-19 tidak relevan lagi jadi harus mencari strategi baru dengan memahami perilaku pasar yang baru.

Misalkan dalam mencari prospek pelanggan tidak bisa lagi melakukan cara lama yaitu visit atau dor to dor. Harus membiasakan diri dengan media yang lebih luas lagi misalkan melalui media sosial, google, telemarketing.

Meningkatkan Produktifitas Karyawan

Meskipun karyawan menjalankan kebijakan work from home jangan sampai produktifitas kerja menjadi menurun karena kebiasaan yang awalnya aktif menjadi berubah karena bekerja dirumah.

Ada beberapa hal yang tetap harus dilakukukan dirumah ketika wfh:

  • Harus ada management waktu ketika melakukan wfh agar tidak malas atau bahkan menjadi jenuh karena tidak bisa keluar rumah.
  • Tetap melakukan followup kepada pelanggan, dengan jalan merubah cara lama karena perilaku yang berubah dipelanggan.

Mindset

Dengan adanya pola baru dan perilaku baru nantinya pada masa new normal, maka harus merubah mindset lama yang selama ini dijalankan.

  • Perbaiki hubungan dengan pelanggan karena sudah tidak lagi visit maka harus tetap berkomunikasi baik melalui media sosial, telepon atau email.
  • Karena harus mencari pelanggan baru maka yang dilakukan adalah tidak menjual produk akan tetapi menawarkan solusi atas permasalahan yang dihadapi, apa kebutuhannya.
  • Fokus tidak lagi terikat jam kerja, karena menjalankan wfh tentunya jam kerja sudah berubah dan selalu siap kapanpun.
  • Tetap semangat bekerja seperti apapun kondisi yang dihadapi sekarang.

Produk yang Tepat

Karena adanya perubahan perilaku yang bisa mempengaruhi keberlangsungan perusahaan maka para pelaku bisnis harus berpikir kembali apakah produk lama ini masih bisa bertahan atau harus memikirkan produk baru dengan kondisi yang saat ini.

Hal ini merupakan hal yang tidak mudah akan pengambilan keputusan melanjutkan dengan tetap kondisi yang tidak menentu harus ada yang dikorbankan misal merumahkan karyawan, melakukan strategi baru. Atau bahkan beralih pada produk baru yang lagi booming dimasa sekarang, dengan konsekuensi merubah semua strategi atas produk baru dan memulainya dari awal. Atau bahkan para pelaku bisnis bisa berinovasi dengan membuka produk baru atau membuka bisnis baru dengan tidak meninggalkan produk dan bisnis lamanya.

Kontrol Keuangan dengan Tepat

Kontrol keuangan merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis, para pelaku usaha harus benar benar selektif dalam mengontrol keuangan perusahaan mendahulukan kebijakan mana yang harus menjadi skala prioritas dan mana yang tidak agar menjaga cah flow perusahaan.

Itulah gambaran bagi para pelaku bisnis dalam menyambut era new normal bagi pengusaha, dengan adanya perubahan perilaku yang terjadi di masyarakat maka akan mempengaruhi keberlangsungan perusahaan. Maka dari itu diharapkan para pelaku bisnis harus mempersiapkan diri menghadapi kehidupan baru new normal sampai pada masa kembali pada kehidupan semula sampai ditemukannya vaksin covid-19 yang sedang diusahakan oleh peneliti peneliti diseluruh dunia.

Baca Juga Artikel Berikut :

  1. Belajar Bisnis dari Film Chef
  2. Kontrol Persediaan Barang Dagang dalam Perusahaan
  3. Yang Harus Dihindari Pengusaha Pemula dalam Berbisnis
  4. Cara Mencegah Terjadinya Kecurangan dalam Bisnis Anda
  5. Kapan saatnya Perusahaan Butuh Software Akuntansi