Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Meningkatkan Penjualan Dengan Skema Harga Jual Yang Tepat

Meningkatkan Penjualan Dengan Skema Harga Jual Yang Tepat |Bagaimana cara menentukan harga jual produk yang pas ? Apabila diberikan harga yang terlalu tinggi maka banyak konsumen yang enggan membeli, namun apabila harga jual terlalu rendah akan ada saja orang yang menilai produk kita meragukan dan dipandang sebelah mata. Namun ada tiga hal yang bisa membuat produk kita laku meski dengan harga mahal, yakni:

  1. Kualitas : Tentu banyak orang berani membayar mahal jika kualitas produk kita sudah terbukti.
  2. Kelangkaan : Biasanya semakin langka sebuah produk maka akan semakin mahal harganya.
  3. Popularitas : Dijaman digital seperti saat ini bukan hal yang tabu apabila seseorang dengan popularitas tinggi dapat menjual produknya bahkan dengan harga mahal sekalipun. Harga jual merupakan salah satu faktor penentu apakah pembeli akan membeli kembali produk kita atau tidak, dan apakah dengan harga jual tersebut kita mengalami keuntungan dari bisnis yang sedang kita jalankan.

Menentukan harga dalam penjualan membutuhkan banyak perhitungan dan strategi, karena tidak ada yang ingin bisnisnya mengalami kerugian. Lantas bagaimana cara menentukan harga jual yang tepat agar produk kita tetap laku dipasaran ? Hal pertama yang harus kita lakukan terlebih dahulu adalah dengan menentukan berapa modal yang kita habiskan untuk mendapatkan produk tersebut sebelum akhirnya dapat kita jual dipasaran atau yang biasa disebut dengan HPP ( Harga Pokok Penjualan ). Apabila kita seorang produsen yang memproduksi sebuah barang, maka akan banyak sekali yang harus dihitung dalam menentukan harga sebuah produk. Diantaranya bahan baku, gaji pegawai, biaya kirim, biaya pemasaran dan sebagainya. Akan tetapi pelaku usaha yang bukan seorang produsen pun tetap harus memiliki HPP, dengan demikian kita dapat menghitung HPP yang sudah ditambahkan dengan keuntungan menjadi sebuah harga jual dipasaran.

Hal kedua yang bisa dipertimbangkan untuk membuat harga jual yang pas adalah dengan menghitung persediaan/stock dagang kita. Tidak bisa dipungkiri harga bahan baku atau harga pokok dalam membeli sebuah produk akan selalu mengalami perubahan, bisa naik bisa juga turun. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Untuk itu penting bagi kita untuk dapat mengatur persediaan/stock dagang kita dalam kurun waktu tertentu, hal ini untuk menghindari adanya kenaikan harga jual kita secara tiba-tiba.
Sebagai contoh apabila kita mendapat bahan baku dengan harga yang murah ( tanpa memgesampingkan kualitas ) kita bisa membeli dan menyimpannya sebagai persediaan. Hal ini bisa menjaga agar pada saat bahan baku tersebut mengalami kenaikan harga kita tetap bisa menjual produk kita tetap sesuai harga. Bukan tidak mungkin penjualan kita bisa meningkat karena harga produk kita bisa tetap stabil disaat produk yang serupa dengan kita mengalami kenaikan harga.

Dengan penetapan harga yang tepat, target perusahaan dapat tercapai, mendapat keuntungan dari penjualan, serta peningkatan produksi produk dan perluasan pasar.

Baca Artikel Menarik Lainnya :