Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Mengenal Perbedaan Antara Pembukuan Dan Akuntansi

Mengenal Perbedaan Antara Pembukuan Dan Akuntansi
Mengenal Perbedaan Antara Pembukuan Dan Akuntansi

Mengenal Perbedaan Antara Pembukuan Dan Akuntansi | Pembukuan dalam sebuah perusahaan adalah dasar dari sistem akuntansi. Segala jenis bisnis, baik dalam skala kecil maupun skala besar perlu untuk melakukan kegiatan pembukuan atau pencatatan keuangan. Kegiatan Pembukuan ini akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis yang sedang dijalankan. Pembukuan adalah pencatatan segala jenis transaksi yang berhubungan dengan kegiatan perusahaan, seperti pembelian, penjualan, pendapatan, pengeluaran dan sebagainya. Pembukuan biasanya dilakukan oleh seorang ahli pembukuan. Pembukuan sendiri berbeda dengan akuntansi. Proses akuntansi biasanya dilakukan oleh seorang akuntan. Secara garis besar, yang dimaksud dengan akuntansi adalah proses mencatat, mengelompokkan, mengolah, dan menyajikan data, serta mencatat segala transaksi yang berhubungan dengan keuangan perusahaan sehingga informasi yang disajikan dapat dipakai sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.

Perbedaan yang mendasar antara pembukuan dan akuntansi adalah, pembukuan memastikan pencatatan keuangan dibuat secara teratur dan sistematis, sedangkan akuntansi bertugas untuk mengukur kesehatan keuangan perusahaan. Berikut beberapa perbedaan lainnya antara pembukuan dan akuntansi, yaitu:

  1. Kesehatan keuangan perusahaan tergantung pada akuntansi, akan tetapi pembukuan merupakan bagian kecil dalam akuntansi.
  2. Pembukuan tidak dapat dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan bisnis, sedangkan akuntansi merupakan dasar pengambilan keputusan bisnis. Karena didalam akuntansi terdapat semua laporan keuangan, pengembalian pajak maupun laba rugi perusahaan.
  3. Pembukuan dilakukan setiap hari, sedangkan akuntansi dilakukan setiap bulan atau tri wulanan.
  4. Pembukuan tidak memerlukan keterampilan khusus, karena pembukuan merupakan pencatatan sederhana mengenai transaksi keuangan perusahaan secara harian. Akan tetapi akuntansi membutuhkan keterampilan khusus, untuk mengerjakan akuntansi biasanya perusahaan memerlukan bantuan seorang akuntan yang berpengalaman dan bersertifikat.
  5. Pembukuan bertanggung jawab terhadap pencatatan transaksi keuangan, sedangkan akuntansi bertanggung jawab untuk menganalisis, melaporkan dan merangkum data keuangan.

Walaupun memiliki fungsi dan tugas yang berbeda, namun pembukuan dan akuntansi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. Pembukuan merupakan awal atau dasar dari sistem akuntansi. Jika pencatatan keuangan (pembukuan) dilakukan dengan benar, maka kemungkinan besar kegiatan akuntansi juga dilakukan dengan benar. Pencacatan keuangan (pembukuan) yang terorganisir, sistematis dan seimbang didukung oleh strategi keuangan yang baik serta pengarsipan pajak yang akurat merupakan salah satu kontribusi secara langsung terhadap keberhasilan jangka panjang suatu perusahaan.

Baca Artikel Menarik Lainnya :