Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Mengenal Perbandingan Metode Posting Di Software Akuntansi

 

Mengenal Perbandingan Metode Posting Di Software Akuntansi

Software akuntansi merupakan perangkat lunak berbasis teknologi  yang telah di rancang khusus untuk dapat memudahkan aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan pencatatan keuangan dan membantu menyelesaikan proses-proses akuntansi  seperti jurnal pembelian / penjualan, pembuatan laporan keuangan, Neraca, laba rugi, Hingga Laporan Cash Flow  ( Arus Kas)

Dalam Perkembangannya yang ada di pasaran Software akuntansi memiliki beberapa metode dalam hal posting transaksi. Sebelum lebih jauh membahas Metode posting yang ada di masing masing software software akuntansi. tentunya kita harus lebih mengenal dan mengetahui terlebih dahulu apa sih posting itu?

posting dalam bahasa Indonesia adalah menempatkan Sedangkan arti posting dalam dunia  akuntansi adalah perekaman, yaitu suatu proses mengklasifikasikan nama – nama akun ke dalam kategori yang sesuai. Dalam sistem akuntansi / aplikasi akuntansi sistem posting bisa menggunakan dua metode  atau prosedur yaitu metode pertama posting dilakukan secara otomatis saat pengguna membuat transaksi buku besar disebut auto posting, sedangkan metode kedua setelah pengguna membuat transaksi buku besar maka perlu ada proses tambahan supaya data tersebut bisa membentuk jurnal buku besar disebut manual posting.

Perbandingan Metode Posting Auto Posting Dan Manual Posting Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Metode Auto Posting

Kelebihan :

  • metode auto posting merupakan meode yang mengaitkan modul finance dan accounting, modul penjualan, modul pembelian, modul persediaan, saling terintegrasi, dimana satu transaksi yang terjadi pada bagian tertentu akan berpengaruh pada bagian lain. keuntungan dari metode ini pengguna Langsung dapat menghasilkan secara otomatis laporan keuangan secara Real time.
  • Mendapatkan Informasi update dari perubahan transaksi transaksi yang dilakukan di Laporan Keuangan

Kekurangan :

  • pengguna diharuskan teliti dalam menginput data transaksi, apabila telah menginput banyak transaksi dan terjadi pengeditan maka secara otomatis Laporan Keuangan Akan berubah sehingga membutuhkan pengecekan yang lebih mendalam terhadap perubahan tersebut.

Metode Manual Posting

Kelebihan :

  • pengguna Input Data transaksi tidak perlu khawatir jika terjadi kesalahan, karena metode manual posting ini tidak akan menyebabkan perubahan transaksi. karena metode manual posting akan membentuk jurnal dengan melakukan proses tambahan dan membentuk Laporan Keuangan di akhir bulan / akhir hari ( Tutup buku)

Kekurangan :

  • Laporan keuangan Tidak dapat tersaji secara real time apabila pemiliki bisnis ingin mengetahui kondisi bisnis keuangan
  • menghambat pengambilan Keputusan untuk tindakan perbaikan bisnis karena masih menunggu laporan keuangan untuk dilakukan manual posting dulu
  • integrasi antar modul tidak saling terintegrasi , membutuhkan waktu lama untuk menggabungkan semuanya

Demikian ulasan Artikel ditas dapat ditarik kesimpulan Perbandingan Metode Posting softtware akuntansi memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. tentunya jika anda sedang mencari dan memilih software akuntansi sesuaikan dengan kebutuhan yang anda perlukan.semua itu ada di tangan anda.

Dalam Artikel Selanjutnya Akan dibahas Salah Satu Software Akuntansi yang memiliki Metode sistem Auto posting yang memudahkan pebisnis dalam penerbitan laporan keuangan secara cepat, tepat, akurat dan real time

TIPS DAN KRITERIA MEMILIH SOFTWARE AKUNTANSI UNTUK BISNIS ANDA Klik Disini

Baca Juga :