Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Mengenal Manfaat Fungsi Bill Of Material dalam Bisnis manufaktur

Mengenal Manfaat Fungsi Bill Of Material dalam Bisnis manufaktur | Bagi sebagian Pebisnis yang bisnisnya bergerak dalam bidang industri / manufaktur pastinya tidak asing mendengar istilah Bill Of Material.

akan tetapi apabila Pebisnis pemula yang ingin berkecimpung dalam bisnis manufaktur mungkin akan dirasa asing artikel ini dapat membantu anda dalam mengetahui Definisi Manfaat, Fungsi Bill Of Material dalam bisnis Manufaktur

Sebelum membahas dan Mengenal  Manfaat dan fungsi BOM ada baiknya anda dapat memahami apa sih BOM itu?

Definisi BOM ( Bill Of Material)

Definisi Bill Of material secara umum adalah perincian yang memuat material dan semua elemen yang digunakan untuk memproduksi sebuah produk dalam hal ini adalah produk barang jadi. dan jika diuraikan secara luas  Bill Of Material merupakan rincian atau list dari  material, ataupun Elemen yang dibutuhkan dalam suatu produksi. Material Material  ( Bahan Baku)  tersebut dibutuhkan untuk dirakit, diproses dan dan digabung untuk membuat suatu produk akhir.

BOM dibuat sebagai acuan dasar dari struktur proses dan digunakan oleh Divisi Bagian Teknis Produksi (manufacturing engineer) untuk menentukan item yang harus dibeli atau diproduksi.

BOM ( Bill Of Material ) dapat juga  dikaitkan dengan Perencanaan pengendalian produksi , master production schedule, untuk mendefinisikan release item barang yang dibeli atau diproduksi

Fungsi Bill Of Material Dalam Bisnis Manufaktur

  • Pedoman Menghitung Dan Menentukan Harga Jual

Bill Of Material dapat dijadikan Pedoman Menghitung dan Menentukan Harga Jual. Dengan Menggunakan Bill Of Material pebisnis manufaktur dapat mendapati  potensi keuntungan atau kerugian yang akan diperoleh berlandaskan harga jual produknya. Harga jual produk tersebut dapat diperoleh dari biaya bahan baku ditambah biaya biaya lainnya.

  • Sebagai Dasar Penjadwalan Dalam Merencanakan Kebutuhan Bahan baku

Selanjutnya Bill Of Material memiliki fungsi sebagai dasar penjadwalan dalam merencanakan kebutuhan bahan baku, mengetahui total kebutuhan suatu bahan baku untuk suatu produksi, Contohnya membutuhkan Pesan berapa buah Material Bahan Baku untuk satu kali produksi.

  • Terhindar Resiko Kehabisan Dan Kelebihan Bahan Baku

Selanjutnya Bill Of Material memiliki fungsi dapat mengurangi dan terhindar resiko kehabisan atau kelebihan bahan baku. dengan Adanya BOM perusahaan memiliki instrumen yang dapat mengetahui total  bahan baku yang diperlukan dalam proses produksi, hal ini secara otomatis pebisnis dapat terhindar dari  kekurangan atau kelebihan bahan baku jika proses produksi telah selesai dan terdapat banyak barang yang ditolak.

  • Memudahkan Fungsi Proses Produksi Dalam Perusahaan

Bill Of Material memiliki fungsi memudahkan yang berkaitan dengan antar divisi perusahaan, terutama yang bekerja dalam menangani proses produksi.

Manfaat Bill Of Material Dalam Bisnis Manufaktur

Setelah anda mengetahui fungsi Bill Of Material dalam Bisnis Manufaktur,BOM memiliki Manfaat yang patut pebisnis ketahui Landasan jurnal juga memiliki fungsi yang patut anda ketahui, berikut Manfaat BOM dalam bisnis Manufaktur :

  • Sebagai instumen Mengatur Produksi Perusahaan

BOM Memiliki Manfaat sebagai instrumen mengatur dan mengukur kapasitas produksi perusahaan terhadap sebuah produk dan mengetahui berapa banyak pesanan yang bisa dan harus digabung.

  • BOM dapat digunakan sebagai Pedoman perbandingan terhadap barang yang akan keluar masuk gudang dan transaksi produksi hingga jumlah pesanan pelanggan
  • Dengan Memiliki BOM membantu perusahaan dalam menjamin kuantitas bahan yang benar dan benar di saat yang tepat.
  • Mengetahui jumlah / kapasitas produksi dengan seluruh keterbatasan sumber daya manusia, keuangan, dan fasilitas sehingga kapasitas produk dapat mencapai titik maksimum.

dan jika dikaitkan dengan Pembukuan Akuntansi,  BOM juga dapat digunakan dalam menghitung dan menentukan harga jual barang jadi bahkan memprediksi pesanan pelanggan.  Untuk sistem pembukuan Akuntansi dalam menerapkan proses produksi menggunakan BOM biasanya menggunakan metode Standart Costing. apa itu Standart costing untuk artikel selengkapnya klik disini

Demikian Artikel Mengenai Fungsi Dan Manfaat BOM  dalam bisnis Manufaktu. semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Terkait :