Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Mengenal Laporan Keuangan Tujuan dan Karakteristik Laporan Keuangan

Mengenal Laporan Keuangan Tujuan dan Karakteristik Laporan Keuangan
Mengenal Laporan Keuangan Tujuan dan Karakteristik Laporan Keuangan


Mengenal Laporan Keuangan Tujuan dan Karakteristik Laporan Keuangan |
Laporan keuangan disusun sebagai bentuk tanggung jawaban managemen terhadap pihak-pihak yang berkepentingan dalam kinerja perusahaan. Laporan keuangan dibuat untuk menunjukkan kondisi finasial perusahaan pada satu periode waktu tertentu. Informasi ini nantinya akan sangat dibutuhkan baik oleh pihak interen maupun pihak eksteren perusahaan serta dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan.

Laporan keuangan sendiri merupakan bagian yang sangat penting dalam sistem investasi saham. Tanpa pengetahuan yang tepat mengenai laporan keuangan perusahaan, maka yang biasa terjadi adalah perusahaan akan kesuliatan mencapai keuntungan dalam investasi saham. Salah satu kunci keberhasilan investasi saham adalah memahami dengan baik fundamental perusahaan, yaitu laporan keuangan. Hal ini berkaitan untuk menentukan saham seperti apa yang harus dibeli, berapa harga yang pantas serta kapan harus menjual saham tersebut. Investor atau para pemegang saham dapat berpegangan pada laporan keuangan perusahaan untuk dapat mengambil keputusan yang tepat dan dapat dipertanggung jawabkan.
Laporan keuangan memberikan gambaran yang sangat penting bagi banyak pihak, antara lain:
  1.  Kekayaan dan kewajiban perusahaan. Kekayaan apa saja yang dimiliki oleh perusahaan dan kewajiban apa saja yang sudah dijalankan oleh perusahaan.
  2. Sumber modal perusahaan. Dari mana sumber permodalan perusahaan dan bagaimana sumber modal tersebut berkembang.
  3. Aliran arus kas perusahaan. Apakah aliran arus kas perusahaan dalam kondisi yang sehat atau sebaliknya.
  4. Laba atau rugi perusahaan. Perusahaan berhasil mencetak laba atau malah mengalami kerugian.
Perusahaan yang sudah go-public biasanya akan mempublish diri di website perusahaan dengan menampilkan laporan keuangan. Hal ini bertujuan untuk menaikkan citra perusahaan serta menarik investor untuk melakukan penanaman modal. Perusahaan tersebut akan terlihat profesional dan dapat lebih dipercaya.
Beberapa ciri karakteristik laporan keuangan yang baik, yaitu:
  1. Mudah dipahami. Penyusunan data dan informasi laporan keuangan sebaiknya mudah dipahami oleh semua kalangan.
  2. Dapat diandalkan. Laporan keuangan yang dapat diandalkan adalah laporan keuangan yang bebas dari informasi yang menyesatkan serta bebas dari informasi yang tidak berhubungan dengan perusahaan.
  3. Relevan. Laporan keuangan dapat dikatakan baik jika dapat mempengaruhi keputusan penggunanya.
  4. Dapat dibandingkan. Laporan keuangan akan berguna jika dapat dibandingkan dengan laporan keuangan sebelum-sebelumnya.

Baca Artikel Menarik Lainnya :