Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Mengenal Faktur Penjualan Dalam Business Jaman Sekarang

Mengenal Faktur Penjualan Dalam Business Jaman Sekarang
Mengenal Faktur Penjualan Dalam Business Jaman Sekarang |
Faktur merupakan dokumen yang berisi rincian transaksi antara pembeli dan penjual. Jadi Faktur penjualan adalah dokumen yang diberikan oleh supplier, vendor atau penjual kepada pembeli pada saat pengiriman barang. Dapat dikatakan faktur penjualan merupakan bukti transaksi. Dalam faktur penjualan terdapat beberapa informasi seperti: tanggal dan hari penjualan, jenis barang, jumblah, harga, serta total biaya yang harus dibayarkan oleh pembeli. Tujuan utama dari faktur penjualan adalah rekamanan transaksi penjualan bagi perusahaan.
Dalam membuat faktur penjualan terdapat dua metode yang dapat digunakan, yaitu:
  1. Secara konvensional. Penjual menulis segala informasi penjualan yang dilakukan seperti tanggal, jenis barang, indentitas penjual dan pembeli serta harga. Atau bisa juga menggunakan buku nota yang dijual bebas dipasaran.
  2. Secara modern. Menggunakan bantuan software akuntansi. Biasanya dalam software akuntansi sudah disediakan template yang sudah baku dalam membuat faktur penjualan, namun ada juga software akuntansi yang bisa membuat faktur penjualan sesuai kebutuhan perusahaan (custom). Dengan menggunakan software akuntansi penjual dapat membuat, mencetak serta mengirim faktur penjualan dengan lebih cepat.
Manfaat membuat faktur penjualan selain sebagai bukti transaksi adalah:
  1. Sebagai informasi barang atau jasa yang telah dibeli oleh konsumen. Hal ini dapat digunakan juga sebagai koreksi apabila konsumen salah menerima barang yang dibeli sehingga dapat mengajukan komplain ke penjual.
  2. Sebagai informasi nilai tagihan dan termin pembayaran yang harus dibayar oleh pembeli.
  3. Sebagai rujukan apabila barang atau jasa akan dijual kembali ke pihak lain.
Faktur penjualan yang biasa digunakan terdapat 2 macam, yaitu:
  1. Faktur penjualan biasa. Faktur yang umum digunakan dalam transaksi jual beli dikehidupan sehari-hari. Biasanya faktur penjualan biasa ini digunakan untuk transaksi secara umum.
  2. Faktur penjualan proforma. Faktur sementara yang diberikan sebelum penjual menyerahkan keseluruhan barang yang telah dibeli oleh pembeli (pengiriman secara bertahap). Setelah pembeli menerima barang secara utuh maka faktur proforma ini akan diganti dengan faktur biasa.
Dengan mengenal lebih dalam mengenai faktur penjualan, baik manfaat, kegunaan maupun metode pencatatannya, perusahaan diharapkan dapat membuat dan mengelola faktur penjualan dengan baik. Karena faktur penjualan dapat dijadikan arsip dan disimpan sebagai dokumen perusahaan, penjual atau supplier dan dapat dianggap sebagai bukti transaksi yang sah untuk dijadikan dasar dalam pembuatan laporan keuangan.