Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Mengelolah Asset Tetap dengan Software Akuntansi Accurate – Beli Accurate Hub. Eka 082232747689

Mengelolah Asset tetap

Asset tetap merupakan harta kekayaan atau sumber daya entitas bisnis (perusahaan). Setiap perusahaan wajib mengetahui aset yang masih bisa dikelola atau sudah masanya harus diganti. Perusahaan bisa menekan pengeluaran dan menambah pemasukan uang kas dengan adanya manajemen aset yang baik dan tepat dengan melibatkan semua pihak dalam level manajemen sehingga keputusan dapat diimpelementasikan secara baik di semua bagian perusahaan.Pentingnya Mengelolah Asset Tetap : 

  • Dapat menjaga Nilai Asset 
  • Memantau Penyusutan Asset 
  • Dapat Menyusun Anggaran lebih mudah
  • Keamanan Asset lebih terjamin
  • Untuk Menciptakan Manajemen Resiko
accurate

accurate 5 software

Accurate 5 Software merupakan Software Akuntansi yang dikembangkan oleh PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft). Accurate Software telah sesuai dengan standard PSAK Indonesia. Accurate memiliki Modul yang lengkap untuk Bisnis anda. Anda akan diberikan kemudahan dalam manajemen dagang, persediaan, Asset tetap , serta Laporan keuangan dan pajak. Kali ini kami akan membahas mengenai Mengelola Asset Tetap Pada Accurate Software. Yuk Simak penjelasan lengkapnya. 

Mencatat pembelian asset tetap

Melakukan Pencatatan Pembelian Asset tetap akan memberi kemudahan untuk perusahaan anda dalam pengecekkan dan mengetahui historical transaksi Asset anda. Accurate Software akan membantu anda mencatat asset tetap dalam perusahaan anda dengan 1 Sistem database yang terintegrasi dengan berbagai fitur lainnya.  Anda dapat melakukan Pembelian Asset melalui Accurate Software melalui 3 Cara : 

1. Mencatat Pembelian Asset tetap Melalui Fitur Invoice Pembelian

2. Mencatat Pembelian Asset tetap melalui fitur Jurnal Umum 

3. Mencatat pembelian Asset tetap melalui Fitur Pembayaran kas & bank 

manajemen asset tetap accurate

asset tetap

Accurate Software telah menyediakan Fitur Khusus untuk mengelolah asset tetap Anda yaitu Modul Aktiva tetap. Pada Modul ini, terdapat 4 Fitur didalamnya, apa saja dan bagaimana penjelasannya ?

Form Aktiva tetap baru

Formulir Aktiva Tetap Baru merupakan formulir yang dapat digunakan untuk mencatat Aktiva Tetap yang Anda miliki.
Formulir Aktiva Tetap Baru Accurate dapat dibuka dengan cara : 

1. menu jelajah (explorer) dengan cara mengklik tombol Aktiva Tetap (Fixed Asset) yang terdapat pada menu jelajah (explorer) kemudian pilih Aktiva Tetap Baru (New Fixed Asset).

Tipe aktiva tetap

Fitur ini digunakan untuk menampung tipe aktiva tetap menurut pengelompokan akuntansi/ kebijakan perusahaan. Misalnya kelompok kendaraan kita pisahkan menjadi yang umurnya kurang dari 4 tahun s/d 8 tahun, lebih dari 8 tahun, atau lebih dari 16 tahun. Pengelompokan tipe aktiva tetap ini tergantung dari kebijaksanaan perusahaan. Tidak ada standar baku dalam pengelompokannya.

tipe aktiva tetap pajak

Fitur ini merupakan informasi daftar tipe fixed asset berdasarkan ketentuan perpajakan. Sebelum mengisikan data aktiva tetap anda harus mengisikan terlebih dahulu daftar tipe aktiva tetap menurut pajak. Mengisikan daftar tipe aktiva tetap menurut pajak berarti harus mengikuti peraturan perundang-undangan perpajakan UU terakhir diatur di UU No. 17 Tahun 2002 tentang Pajak Penghasilan pasal 11 dimana di dalam pasal tersebut mengatur tentang pengelompokan aktiva tetap.

Daftar aktiva tetap

Daftar Aktiva Tetap digunakan untuk menampilkan Informasi daftar Fixed Asset (aset tetap). Daftar Fixed Asset yang muncul secara Default yaitu semua Fixed Asset yang belum di Disposed.

penyusutan asset tetap secara otomatis

Satu keuntungan yang diberikan oleh modul Aktiva tetap di Accurate Software yaitu Anda tidak perlu lagi membuat jurnal penyusutan secara manual setiap bulannya. Cukup dengan melakukan aktivitas Period End setiap akhir bulan, maka ACCURATE akan menghitung secara otomatis penyusutan asset tetap anda dan membuatkan jurnal yang berhubungan dengan penyusutan aktiva tetap tersebut secara otomatis

Menghitung & Menjurnal Penyusutan Fixed Asset

Jika kita sudah mendaftar Fixed Asset kita maka ACCURATE akan menghitung & menjurnal Penyusutan Fixed Asset sampai dengan periode yang anda pilih waktu Period End. Misal anda sudah Period End Januari, lalu langsung Period End April, maka penyusutan untuk Feb Maret dan April akan akumulatif di posting di bulan April. Karena itu sebaiknya Period End dilakukan setiap bulan.

tertarik menggunakan accurate ?