Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Mengabaikan Laporan Keuangan Perusahaan Membuat Omset Terjun Bebas

Mengabaikan Laporan Keuangan Perusahaan Membuat Omset Terjun Bebas

Mengabaikan Laporan Keuangan Perusahaan Membuat Omset Terjun Bebas.

Setiap adanya perusahaan pasti tidak hanya hasil dari penjualan saja yang diharapkan akan tetapi hasil perolehan dari penjualan dan kegiatan harian perusahaan operasional perusahaan, yaitu adalah laporan laporan keuangan.

Terkadang ada beberapa hal penting yang sering diabaikan oleh beberapa pengusaha, terutama yang terkait dengan penjualan. Tertama adanya laporan laporan penting yang sering diabaikan.

Pada kesempatan ini penulis akan membahas pentingnya laporan laporan keuangan apa saja yang harus diperhatikan, karena jika mengabaikan laporan laporan tersebut siap siap bagi pengusaha untuk menerima akibat buruknya salahsatunya seperti omset yang menurun.

Hal yang terabaikan ini bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah :

  • Penjualan lagi ramai sehingga tidak sempat membuat pelaporan, jika dibiarkan akan menjadi kebiasaaan dan malas.
  • Mempercayakan penuh pada karyawan untuk semua kegiatan perusahaan.
  • Tidak kontrol stok, sehingga tidak pernah tahu barang apa saja yang tidak pernah bergerak untuk dijual.
  • Terlalu asyik menjual melupakan kewajiban kewajiban perusahaan lainnya.

Bagaimana kaitannya dengan mengabaikan laporan keuangan perusahaan membuat omset terjun bebas. Laporan apa saja yang perlu menjadi prioritas utama untuk selalu diperhatikan oleh pengusaha.

Laporan laporan penting tersebut adalah :

Laporan berkaitan dengan piutang.

Laporan penjualan ada banyak laporan yang bisa disajikan diantaranya adalah data pelanggan, laporan piutang, umur piutang, laporan penjualan pelanggan, saldo piutang dan masih banyak laporan laporan penjualan lainnya.

Dengan mengabaikan salah satu dari laporan tersebut maka pihak perusahaan akan kehilangan kesempatan untuk lebih cepat mendapatkan pendapatan dan pelunasan atas piutang customernya. Jika atas piutang ini tidak dikontrol sehingga melewati jatuh tempo karena terabaikan laporan piutang dan umur piutang akan beresiko adanya kredit macet. Dengan demikian akan mempengaruhi cash flow perusahaan, akibatnya perusahaan tidak bisa order ke supplier karena tidak ada cash flow.

Laporan berkaitan dengan hutang

Sama halnya dengan penjualan di pembelian juga ada laporan supplier, laporan hutang, umur hutang, laporan pembelian, saldo hutang dan masih banyak laporan laporanpembelian lainnya yang di dapat dari hasil transaksi pembelian.

Dengan mengabaikan salah satu dari laporan yang berkaitan dengan hutang, berarti pihak perusahaan sudah mengabaikan kewajiban kewajiban yang seharusnya tidak boleh sampai terlambat atau bahkan sampai ditagih pihak supplier akan menurunkan kredibilitas perusahaan. Dmpak yang fatal adalah tidak lagi dipasok untuk kebutuhan akan produk yang dijual, akan ditinggal supplier terbaiknya.

Laporan berkaitan dengan persediaan

Dilaporan persediaan merupakan hal yang tidak kalah pentingnya, karena persediaan stok baik berupa barang atau jasa merupakan aset berharga bagi perusahaan yang dapat menghasilakn penjualan dan pendapatan. Jika kontrol persediaan sampai diabaikan maka akan berdampak pada kondisi stok yang akan dijual.

Laporan laporan persediaan yang harus selalu dikontrol adalah laporan stok, umur barang untuk mengetahui pergerakan dari barang yang ada digudang, laporan kadaluarsa barang dan laporan laporan persediaan lainnya.

Itulah beberapa laporan laporan penting yang harus selalu menjadi perhatian bagi para pengusaha, karena jika hal penting tersebut diabaikan maka tidak menutup kemungkinan akan berpengaruh besar pada perkembangan suatu perusahaan bahkan bisa menyebabkan omset perusahaan menjadi terjun bebas.

Semoga uraian diatas bisa menjadikan wacana bagi para pengusaha untuk selalu memperhatikan hal hal sepele terutama laporan laporan keuangan yang berkaitan langsung dengan alur operasional perusahaan.

Baca Juga Artikel Berikut :

  1. Laporan Di Accurate Software Mencegah Omset Terjun Bebas
  2. SOP (Standard Operating Procedure) Penerapannya di Accurate Versi 5
  3. Belajar Bisnis dari Film Chef
  4. Kontrol Persediaan Barang Dagang dalam Perusahaan
  5. Yang Harus Dihindari Pengusaha Pemula dalam Berbisnis
  6. Cara Mencegah Terjadinya Kecurangan dalam Bisnis Anda
  7. Kapan saatnya Perusahaan Butuh Software Akuntansi