Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

MENAMPILKAN PPN DI ACCURATE SOFTWARE

menampilkan ppn di accurate software

Menampilkan PPN di accurate software. Pasti sudah tahu sebelumnya bahwasannya accurate adalah program pembukuan dimana program yang sudah jadi dan semua modulnya sudah lengkap dengan modul utama pembelian, penjualan, persediaan, kas dan bank, aktiva tetap dan general ledger. Semua transaksi sudah saling terintegrasi sehingga menghasilkan laporanlaporan keuangan secara realtime cepat, tepat dan akurat.

Dan modul di accurate software yang masih banyak dilewati oleh pengguna accurate adalah ppn, hal ini dikarena kan saat pembelian accurate pertama kali perusahaan masih belum PKP karena belum kena pajak. Setelah berjalannya waktu status perusahaan sudah berubah ke perusahaan kena pajak (PKP).

Dengan satus perusahaan yang sudah PKP secara otomatis semua transksi di accurate software nya harus sudah di setting PPN nya.

Berikut adalah cara menampilkan PPN di transaksi penjualan dan pembelian. Pastikan :

  • Sudah dibuat Setting PPN nya
  • Pemasok/Pelanggan Aktifkan setting PPN nya
  • Transaksi Pembelian/Penjualan Masukkan Kode Pajak nya

Setting PPN 10%

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah setting ppn 10 nya, buat kode pajak baru, setting ppn keluaran sesuaikan akunnya dan setting ppn masukan sesuaikan dengan akunnya. Dari accurate ke Daftar (atas) -> Daftar Lain -> Kode Pajak -> Klik Baru

menampilkan ppn di accurate software

Pemasok/Pelanggan Aktifkan PPN 10%

Langkah kedua menampilkan ppn di accurate software adalah setting dimaster data pemasok dan pelanggan dibagian Pajak 1 masukkan nama pajak yang dibuat dilangkah pertama.

Daftar -> Pemasok -> Termin -> Pajak 1 diisi PPN10% sesuai langkah pertama

Master Data Pemasok
Master Data Pelanggan

Masukkan Kode Pajak

Langkah ketiga adalah memasukkan kode pajak sesuai kode pajak yang dibuat pada langkah pertama.

Jadi disetiap transaksi pembelian ataupun penjualan mulai dari purchase order / Sales Order hingga faktur pembelian ataupun faktur penjualan. Selanjutnya setelah memasukkan item barangnya pada bagian kolom Pajak diisikan kode pajak nya. Maka secara otomatis pada total jumlah faktur pembelian/penjualan akan otomatis menambahkan PPN 10%. Jika nilai faktur sudah termasuk pajak maka klik contreng pada bagian atas termasuk pajak, maka secara otomatis accurate akan menghitung PPN 10% nya dari nilai total faktur.

Lakukan hal yang sama untuk transaksi penjualan, tinggal di ketik Kode Pajak nya per item dikolom Pajak. Jika item tidak dikenakan pajak maka kode pajaknya tidak perlu diisi maka otomatis tidak akan keluar ppn 10% nya.

Demikian sekilas mengenai pengenaan pajak PPN 10% di transaksi accurate maka dengan demikian akan otomatis keluar laporan PPN Masukan dan PPN Keluaran, dan juga bisa langsung dijadikan acuan untuk laporan pajak ke dirjen pajak.

Artikel terkait Export Import Accurate 5 ke E-Faktur Klik DISINI

INFORMASI LEBIH LANJUT HUBUNGI

FIRDAUS YUNIANTO

>>>> 081703354372 <<<<

ATAU KLIK

BACA JUGA ARTIKEL BERIKUT :