Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Memilih Software Akuntansi yang tepat untuk Perusahaan Distribusi – Accurate 5 Software

Software Akuntansi Perusahaan Distribusi 

Perusahaan Distribusi merupakan perusahaan yang kegiatan utamanya menyalurkan suatu Produk baik itu barang atau jasa kepada konsumen sehingga produk tersebar luas. Dalam Implementasinya, distribusi adalah bagian dari proses pemasaran yang dapat memberikan nilai tambah bagi produk melalui berbagai fungsi. 

Alur Kegiatan Operasional pada perusahaan distribusi biasanya adalah sbb : 

  • Produk diterima dari Supplier/ Pabrik
  • Produk di catat di Gudang sebagai Stock yang masuk
  • Penjualan dilakukan Oleh Sales 
  • Admin mencatatat Order dari Customer dan meminta barang ke gudang untuk diproses 
  • Gudang memproses Pesanan dan mengirim pesanan 
  • Barang diterima oleh konsumen / Agen untuk disalurkan kembali

Kegiatan Distribusi yang sangat padat, membuat Aktifitas operasional juga padat. Setiap Stakeholder memiliki tugas nya masing- masing. namun dalam kegiatan operasional yang berjalan, perusahaan biasanya masih mengamai beberapa kendala yang muncul. kendala tersebut biasanya adalah : 

  • Kelalaian pencatatan barang yang masuk sehingga menyebabkan stock tidak real
  • Pencatatan Untuk setiap transaksi cenderung lambat 
  • Mengalami kesulitan untuk mencari dokumen- dokumen laporan pembukuan

Faktor penting memilih software akuntansi yang tepat untuk perusahaan distribusi 

Software Akuntansi memang penting untuk segala jenis perusahaan, karena dengan software akuntansi dapat memudahkan pencatatan transaksi yang otomatis akan dijadikan laporan keuangan. selain itu anda tidak kesulitan untuk memantau history pekerjaan yang telah dibuat. 

Untuk anda yang memiliki usaha dibidang distribusi, berikut Faktor penting untuk memilih software akuntansi yang sesuai 

  • Sesuai dengan Standard Keuangan Indonesia 
Hal pertama yang anda harus anda perhatikan dalam memilih Software Akuntansi adalah carilah software yang telah sesuai dengan standard keuangan indonesia. Hal ini menjadi penting karena Software Akuntansi akan menyajikan laporan- laporan keuangan yang nantinya juga berhubungan dengan perpajakan. Software Akuntansi yang memiliki standard keuangan diindonesia sudah pasti menyajikan fitur dan laporan yang telah sesuai dengan aturan pemerintah. 
 
  • Memiliki Fitur- fitur penting yang dibutuhkan perusahaan 

Kegiatan distribusi barang membutuhkan Software akuntansi yang bisa mengcover jalanya operasional perusahaan secara keseluruhan. namun anda harus memahami bahwa software akuntansi adalah software yang berkaitan dengan pembukuan, kemungkinan tidak akan mengcover keseluruhan dari operasional anda. setidaknya anda perlu memperhatikan beberapa fitur penting yang harus dimiliki oleh software tersebut, seperti :

  1. Fitur untuk mencatat pembelian secara keseluruhan 
  2. Fitur untuk manajemen Persediaan (termasuk multi gudang, perpidahan barang dan perhitungan mutasi barang yang jelas)
  3. Fitur untuk mencatat Penjualan secara keseluruhan 
  4. Fitu pengingat untuk Hutang Piutang dan Minimum Stock yang tersedia
  • Fleksibel dalam penyimpanan database perusahaan 

Karenan kegiatan distribusi biasanya banyak memiliki data- data transaksi, maka anda bisa mempertimbangkan software yang dapat menyimpan database dengan mudah ditempat anda. Pastikan juga terdapat Fitur Back up Data yang mudah. karena data- data yang tercatat didalam software akuntansi tersebut tentu sangatlah penting dan kemungkinan anda memerlukan data dikemudian hari.

  • Mudah digunakan 

Bayangkan Jika Software yang akan anda gunakan memiliki kompleksitas yang tinggi dan sangat rumit dalam pemakaiannya. tentu hal ini sangat mengganggu berjalannya operasional membuat lebih lambat. apalagi, sebagai perusahaan distribusi memiliki perputaran transaksi yang cepat. maka sangat penting bagi anda untuk menggunakan software akuntansi yang memiliki tampilan user friendly untuk para staff anda. 

  • Memiliki Layanan Purna Jual yang jelas

Hal yang paling penting adalah Pilihlah software yang memiliki Layanan purna jual yang jelas. Sebagai konsumen/ pengguna software tentunya anda sangat aman jika software yang anda pakai punya layanan purna jual. di era digital ini banyak yang menyediakan layanan purna jual mulai dari telepon, chat, dan email. Carilah Software yang memiliki divisi khusus untuk costumer support. karena kegiatan distribusi memiliki pencatatan transaksi yang cepat maka jika terjadi kendala, pastikan penyedia software yang anda pakai dapat membantu anda sesegera mungkin. 

 

REKOMENDASI SOFTWARE AKUNTANSI PERUSAHAAN DISTRIBUSI

Accurate software untuk distribusi bahan bangunan

ACCURATE 5 SOFTWARE

Software Akuntansi Perusahaan Distribusi 

Software Akuntansi ACCURATE 5. Merupakan salah satu Software terbaik di Indonesia. Software Accurate didirikan tahun 1998, sampai dengan saat ini Accurate terus mengembangkan Sistemnya Hingga telah meraih Penghargaan Top Brand selama 4 tahun berturut- turut. Software Accurate sangat cocok untuk bidang usaha distribusi karena memiliki beberapa hal penting yang dibutuhkan oleh perusahaan distribusi. 

  • Software ACCURATE 5 Telah sesuai dengan Standard PSAK 
  • Memiliki Fitur Lengkap dari mulai Pembelian, Penjualan, Persediaan, Laporan keuangan, asset tetap, RMA, sampai dengan E- faktur
  • Penyimpanan Database di lokal area. terdapat fitur back up setiap anda selesai menggunakan accurate. Database dapat dikirim melalui email, dan beberapa file yang ada di dalam database dapat di ekspor ke berbagai format.
  • memiliki tampilan yang user friendly, dapat dengan mudah digunakan sekalipun bukan orang Akuntan. 
  • Memiliki divisi khusus customer Support yang siap membantu anda. Divisi Customer Support ACCURATE saat ini tersedia melalui email. 

Jika anda Ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Software Akuntansi ACCURATE ,

Silahkan Hubungi Kontak dibawah ini :

 

eka arianti f

eka.arianti@myabcshop.com