Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Membuat Pembukuan Akuntansi Sederhana

Membuat Pembukuan Akuntansi Sederhana

Membuat Pembukuan Akuntansi Sederhana | Membuat pembukuan akuntansi memiliki peranan penting yang tidak bisa diabaikan untuk mengetahui setidaknya bisnis yang Anda jalani untung atau rugi. Bukan hanya untung dan rugi, Anda dapat melakukan analisa pada setiap transaksi yang digunakan dalam bisnis Anda dan masih banyak lagi. Kami akan membahas langkah mudah membuat pembukuan akuntansi sederhana.

Hal ini sebaiknya dilakukan diawal membuat bisnis, karena jika bisnis sudah besar dan banyak transaksi, tentu Anda akan kerepotan untuk mengurus pembukuannya. Anda akan menjadi tidak fokus terhadap perkembangan bisnis maupun strategi pemasaran yang efektif. Untuk membuat pembukuan Anda dapat memulai dari membuat pembukuan akuntansi sederhana agar Anda tidak bingung dan pusing.

Buat Catatan Kas

langkah pertama adalah membuat pembukuan catatan kas atau disebut juga buku kas, pengeluaran dan pemasukan sangat penting Anda ketahui darimana saja transaksi tersebut, misal untuk pengeluaran seperti belanja pembelian bahan baku, stok barang, operasional, administrasi, dan banyak lainnya. Catat semua transakti tersebut, dengan begitu Anda dapat mengetahui jumlah pengeluaran bisnis Anda dan dapat juga mengetahui modal usaha yang sudah Anda keluarkan. Setelah pengeluaran, Anda juga harus mencatat pemasukan yang terjadi, pemasukan seperti penjualan barang maupun jasa dalam bisnis Anda. Catat dengan konsisten setiap hari.

Buat Catatan Persediaan

Setelah membuat pembukuan pencatatan kas, langkah selanjutnya adalah membuat pembukuan persediaan. Persediaan yang dimaksud adalah stok barang yang Anda jual, pada saat terjadi penjualan Anda diharuskan untuk mencatat stok yang sudah dikeluarkan atas penjualan tersebut. Dari pencatatan pembukuan persediaan ini Anda dapat mengetahui jumlah stok perharinya, jadi Anda dapat memastikan stok barang apa saja yang laku dan tidak laku sehingga tidak menimbun banyak stok barang.

Buat Catatan Inventaris Barang

Pencatatan pembukuan inventaris barang, dilakukan bagi Anda yang ingin mengetahui aset apa saja yang Anda miliki terkait dengan bisnis Anda. Misal, Anda mempunyai Laptop untuk digunakan sebagai aktifitas bisnis Anda, maka laptop tersebut merupakan aset yang bisa Anda catat. Pembukuan inventaris ini berguna untuk menjaga dan mengendalikan aset bisnis Anda. Namun secara kompleks dalam Inventaris barang, barang yang digunakan mempunyai nilai penyusutan, ini berhubungan dengan seberapa besar aset yang Anda miliki untuk Anda ketahui kedepannya.

Gunakan Software Akuntansi
4 Tips Cara Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Sederhana

Setelah 3 langkah di atas, ada satu langkah terakhir yang memudahkan Anda membuat pembukuan akuntansi sederhana. Yaitu dengan menggunakan software akuntansi, pembukuan akuntansi sederhana dengan cepat, mudah, dan tepat. Salah satu software akuntansi yang dapat Anda percaya adalah ACCURATE Versi 5 . ACCURATE Versi 5 merupakan software akuntansi berbasis dekstop sehingga data secara otomatis akan tersimpan. Melalui  ACCURATE Versi 5, Anda bisa mendapatkan kemudahan pencatatan untuk keperluan bisnis kapan pun. Tidak hanya pencatatan transaksi, ACCURATE Versi 5 juga menyediakan fitur pembuatan faktur secara otomatis, pelacakan ketersediaan barang, manajemen stok, laporan keuangan yang akan membantu mengembangakan nilai  bisnis Anda di masa depan. Segera daftar untuk mendapatkan free trial selama 1 bulan dengan klik disini.

Permintaan Demo Presentasi ACCURATE Accounting Software klik disini.

Ingin Tahu Bagaimana ACCURATE Versi 5 Dapat Membantu Meningkatkan Performa Bisnis Anda ?

Hubungi Kami via Telp/Email

031-5912996 / galaxy@myabcshop.com

Untuk mendapatkan Free Demo Presentasi Accurate Accounting Software Dekstop versi 5

Baca Juga