Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Manfaat Stock Opname Bagi Perusahaan Atau Pebisnis

Manfaat Stock Opname Bagi Perusahaan Atau Pebisnis
Manfaat Stock Opname Bagi Perusahaan Atau Pebisnis

Manfaat Stock Opname Bagi Perusahaan Atau Pebisnis | Stock opname adalah kegiatan perhitungan secara fisik mengenai persediaan barang yang ada didalam gudang yang akan dijual. Dapat dikatakan stock opname merupakan salah satu cara mengendalikan barang dalam bisnis perdagangan. Selain itu stock opname juga bertujuan untuk mengontrol atau memeriksa kesesuaian antara jumlah barang fisik secara real dengan pencatatan yang dilakukan baik secara manual maupun komputerisasi. Kegiatan stock opname ini merupakan salah satu fungsi dalam sistem pengendalian intern.

Stock opname diharapkan dapat mengurangi kecurangan atau manipulasi data dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang nantinya dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Selain itu jika terdapat selisih barang baik itu kelebihan atau kekurangan, perusahaan dapat segera mengambil langkah yang tepat dan cepat. Misalnya membuat jurnal penyesuaian. Dalam melakukan kegiatan stock opname, perusahaan membutuhkan waktu yang cukup lama mengingat kegiatan ini membutuhkan ketelitian yang cukup tinggi, untuk itu stock opname sebaiknya dilakukan dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama. Misalnya melakukan stock opname tiga atau empat bulan sekali. Namun tidak ada keharusan kapan waktu yang tepat untuk melakukan stock opname, semuanya tergantung kebijakan perusahaan masing-masing.

Stock opname memiliki banyak manfaat, antara lain:

  1. Meminimalisir kesalahan terhadap barang. Baik kelebihan maupun kekurangan.
  2. Mengetahui secara pasti kondisi stock barang secara real.
  3. Mengetahui arus keluar-masuk barang secara pasti.
  4. Menghindari resiko stock barang kosong.
  5. Mengetahui kesalahan barang hilang.

Selain untuk mengetahui jumlah stock barang secara pasti, stock opname juga dapat digunakan untuk memeriksa kas, piutang serta hutang perusahaan.

Stock opname wajib dilakukan oleh perusahaan terutama bagi perusahaan yang berkaitan dengan barang atau perdagangan. Karena tanpa stock opname performa perusahaan tidak dapat terlihat dengan jelas. Apakah perusahaan dalam kondisi yang baik atau sebaliknya. Perusahaan dapat melihat bagaimana performa arus kas dengan barang yang terjual. Apakah perusahaan mengalami keuntungan atau malah kerugian. Tanpa stock opname yang jelas tentu akan sulit menilai apakah perusahaan yang dijalankan sudah efisien atau belum.