Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Manfaat software akuntansi bagi Konsultan Pajak

Manfaat software akuntansi bagi Konsultan Pajak | Saat ini, Software Akuntansi merupakan perangkat lunak yang krusial bagi bisnis apapun. Perangkat lunak ini memungkinkan pelacakan transaksi keuangan yang terperinci dan pembuatan berbagai laporan keuangan secara instan. Tujuan dan manfaat paling besar dari software akuntansi adalah membantu mempercepat menghasilkan laporan akuntansi keuangan seperti Neraca (Balance Sheet), Rugi Laba (Profit Lost Statement), Cash Flow Laporan Akhir Keuangan, dan terbentuknya laporan pajak

Konsultan pajak adalah orang atau badan yang memberikan jasa konsultasi perpajakan bagi wajib pajak dalan rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan. Artinya, konsultan pajak adalah orang yang bertugas membantu wajib pajak mengurus segala hal yang berhubungan dengan pajak. Dengan begitu, pihak yang menggunakan jasa tersebut dapat melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan baik.

Banyak informasi beredar yang menginformasikan dengan menggunakan software akuntansi dapat menggantikan peran Konsultan Pajak dalam hal pelaporan pajak.dalam hal ini sebenarnya tidak benar dan tidak relevan. karena dari penjelasan diatas sangatlah berbeda. akan tetapi sebenarnya manfaat dari software akuntansi dapat membantu dan mempermudah para konsultan pajak untuk menghitung berapa pajak yang harus di bayar dan yang di keluarkan perusahaan dalam membayar pajak.

Dalam artikel ini akan membahas manfaat Software akuntansi bagi Konsultan Pajak dalam mengelola laporan keuangan dan perpajakan

Manfaat software akuntansi bagi Konsultan Pajak

  • Laporan Keuangan dari pemilik bisnis dapat langsung tersaji sehingga dapat langsung menghitung berapa pajak yang harus dikeluarkan pemilik bisnis dalam membayar pajak dan tidak menunggu laporan keuangan yang lama apabila masih menggunakan pembukuan manual
  • dengan adanya software akuntansi, konsultan pajak tidak perlu merekap pajak secara manual di excell dalam hal ini transaksi penjualan ( PPN keluaran) dan transaksi Pembelian ( PPN Masukan). karena akan direkap secara otomatis oleh sistem setiap adanya transaksi yang berhubungan dengan transaksi penjualan ( PPN Keluaran dan transaksi pembelian ( PPN Masukan) dan langsung mengetahui di bulan tsb apakah PPN nya lebih atau kurang bayar
  • dengan laporan laporan yang dihasilkan oleh software akuntansi dapat langsung cepat mengevaluasi data yang berhubungan dengan perpajakan.

Peranan dan Layanan yang diberikan Oleh Konsultan Pajak

  • Kepatuhan pajak. Konsultan pajak mengurusi hal-hal yang berhubungan dengan kepatuhan pajak kliennya seperti menghitung, membayar dan melaporkan pajak.
  • Perencanaan pajak. Konsultan pajak melakukan jasa perencanaan pajak yang bertujuan mengoptimalkan keuntungan klien.
  •  Pemeriksaan Laporan Pajak. Ini adalah layanan untuk mengevaluasi data yang berhubungan dengan munculnya beban pajak yang merugikan perusahaan klien.
  • Pendampingan dalam Pemeriksaan. Konsultan pajak memiliki tanggung jawab dalam mewakili atau mendampingi klien saat pemeriksaan pajak. Hal ini dilakukan karena tidak sedikit klien yang kurang memahami permasalahan perpajakannya.Konsultan pajak juga ikut membantu menyiapkan data/dokumen yang dibutuhkan saat pemeriksaan.
  • Konsultasi. Konsultan pajak menawarkan jasa konsultasi permasalahan perpajakan.
  • Restitusi pajak. Bila klien membutuhkan pengembalian kelebihan pembayaran pajak (restitusi), konsultan pajak dapat membantu pelaksanaannya mulai dari persiapan data, penyampaian restitusi, pemeriksaan sampai proses akhir dari diterimanya pengembalian kelebihan pajak tersebut.
  • Penyelesaian sengketa pajak. Konsultan pajak dapat memberikan pelayanan penyelesaian sengketa pajak. Contohnya jika klien berencana mengajukan keberatan pajak, banding, dan lain sebagainya.

KEUNTUNGAN DAN MANFAAT MEMAKAI JASA KONSULTAN PAJAK

  • Perusahaan tak terbebani dengan urusan administratif pajak pada saat membuat laporan berikut proses pelaporannya karena hal tersebut sudah ditangani secara langsung oleh para ahli dari konsultan pajak.
  • Perusahaan bisa melakukan perencanaan pajak atau tax planning.
  • Perusahaan lebih nyaman saat menjalani pemeriksaan pajak karena didampingi pihak konsultan  yang memahami prosedur pemeriksaan serta mengantisipasi resiko kerugian akibat kesalahan dalam perhitungan.
  • Pemilik dan manajemen perusahaan bisa beraktivitas seperti biasa tanpa ada beban karena urusan pajak sudah ditangani oleh orang yang kompeten.

dari pemaparan diatas akan timbul pertanyaan perlukah menggunakan jasa konsultan pajak? Sebenarnya, keputusan yang diambil haruslah mempertimbangkan kebutuhan wajib pajak pengguna jasa konsultan pajak. Oleh karena itu, Anda harus memperkirakan kebutuhan dengan kemampuan finansial. Selain itu, Anda juga bisa memeriksa terlebih dahulu sumber daya manusia di dalam perusahaan. Jangan-jangan, sebenarnya Anda memiliki sumber daya yang cukup untuk mengurus sendiri kewajiban perpajakan Anda.

Accurate Software merupakan Salah satu Software Akuntansi terbaik di Indonesia. Accurate Software juga telah sesuai dengan standard PSAK Indonesia dan sudah dilengkapi modul yang membantu konsultan pajak dalam mengolah data perusahaan dalam pembuatan pelaporan sesuai yang berhubungan dengan perpajakan diantaranya adalah E-faktur ,Laporan SPT masa, Laporan SPT Tahunan dll

Informasi Accurate Accounting Software silahkan klik link disini

BACA JUGA :