Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Manfaat Minimum Stok Persediaan Bagi Perusahaan Dagang

Manfaat Minimum Stok Persediaan Bagi Perusahaan Dagang. Hubungi : Firdaus 081703354372

Manfaat Minimum Stok Persediaan Bagi Perusahaan Dagang

Bagi perusahaan yang memiliki bisnis perdagangan barang maka perlu adanya manajemen persediaan, dengan sistem yang rapi maka akan menjaga stok barang dagangan. Persediaan merupakan aset perusahaan yang masih tersimpan digudang dan menunggu waktu untuk digunakan untuk didistribusikan untuk dijual.

Oleh karena itulah persediaan harus dilakukan adanya kontrol stok yang rapi dan tersistem. Jika stok persediaan berlebihan maka akan menimbulkan biaya yang tinggi, namun jika stok persediaan sering kurang maka akan menimbulkan terhambatnya proses produksi, atau resiko kehilangan penjualan dan pelanggan.

Tugas utama dari manajemen stok persediaan ini adalah :

  • Memastikan persediaan cukup
  • Efisiensi biaya persediaan
  • Memastikan persediaan diperlukan dengan normal

Salah satu manajemen stok persediaan adalah penentuan minimum stok persediaan per barang. Dengan adanya minimum stok persediaan maka secara otomatis akan menginformasikan keberadaan stok barang yang sudah mencapai angka minimum stok.

Penentuan minimum stok ini tertunya berdasarkan analisa barang atas pergerakan barang nya, dengan pergerakan yang cepat tentunya minimum stok barang akan lebih tinggi dibandingkan pergerakan barang yang lebih lambat.

Manfaat dengan menerapkan minimum stok per barang diantaranya adalah :

Menjaga stok barang

Dengan demikian akan tetap terjaganya ketersediaan barang di gudang, sesuai analisa penjualan bisa ditentukan mana yang harus dibuat minimum stok tinggi dan mana barang yang minimum stok nya kecil berdasarkan analisa penjualan.

Tentunya hal ini juga akan menjaganya ketersediaan barang dipasar agar tidak sampai menyebabkan hilangnya penjualan karena tidak ketersediaannya barang.

Memiliki kontrol penuh atas persediaan barang

Dengan sistim kontrol persediaan yangbaik, maka akan menjadi penentu dalam pengambilan keputusan akan ketersediaan stok. Jika terjadi kesalahan dalam perhitungan stok persediaan tentunya akan mempengaruhi biaya yang tentunya juga akan meningkat. Jika stok kurang maka akan menambah biaya terutama pengiriman yang akan dilakukan berulangkali, begitu juga stok yang berlebihan akan menjadi biaya atas barang yang rusak tidak terjual atau barang tidak menghasilkan penjualan akan menambah biaya perusahaan.

Menjaga hubungan baik dengan pemasok dan pelanggan

Dengan ketersediaan barang yang aman dan terkontrol dengan baik, amaka sebagai pemasok maupun pelanggan akan lebih percaya lagi karena persediaan dikelola denganbaik dan tersistem.

Demikian artikel kali ini mengenai Manfaat Minimum Stok Persediaan Bagi Perusahaan Dagang sebagai kontrol persediaan. Dengan penjelasan mengenai manfaat minimum stok pada artikel ini diharapkan bagi pelaku bisnis untuk selalu memperhatikan manajemen stok persediaan agar bisnis jadi lebih baik, omset meningkat dan karyawan ikut sejahtera.

Baca Juga Artikel Berikut :

  1. 5 tips dalam berbisnis agar omset tetap aman
  2. Laporan Di Accurate Software Mencegah Omset Terjun Bebas
  3. Belajar Bisnis dari Film Chef
  4. Kontrol Persediaan Barang Dagang dalam Perusahaan
  5. Yang Harus Dihindari Pengusaha Pemula dalam Berbisnis
  6. Cara Mencegah Terjadinya Kecurangan dalam Bisnis Anda
  7. Kapan saatnya Perusahaan Butuh Software Akuntansi