Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Manfaat Membuat Laporan Laba Rugi Bagi Perusahaan

Manfaat Membuat Laporan Laba Rugi Bagi Perusahaan
Manfaat Membuat Laporan Laba Rugi Bagi Perusahaan | 
Salah satu tolak ukur untuk mengukur keberhasilan suatu perusahaan adalah dengan melihat kondisi keuangannya. Kondisi keuangan yang stabil menujukkan perusahaan dalam kondisi yang baik. Kondisi keuangan perusahaan dapat dilacak melalui laporan keuangan perusahaan tersebut, apakah laporan yang dibuat sudah benar atau belum. Salah satu jenis laporan keuangan yang penting untuk dimiliki suatu perusahaan adalah laporan laba rugi.

Laporan laba rugi adalah laporan keuangan yang menggambarkan kondisi perusahaan dalam suatu periode tertentu. Laporan laba rugi ini menunjukkan jumlah biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan selama beroperasi serta keuntungan yang diperoleh perusahaan selama menjalankan usaha. Laporan laba rugi ini menjadi sebuah laporan yang penting bagi perusahaan karena dengan laporan ini dapat terlihat pendapatan bersih perusahaan dan keuntungan yang didapat selama perusahaan beroperasional atau malah merugi. Selain itu, manfaat lain dari membuat laporan laba rugi adalah dapat menjadi tolak ukur perusahaan agar karyawan bekerja dengan lebih baik lagi. Hal ini dapat memacu kinerja perusahaan agar dapat bersaing dengan pesaingnya.
Berikut beberapa manfaat membuat laporan laba rugi bagi perusahaan:
  1. Tolak ukur keberhasilan perusahaan. Kondisi keuangan perusahaan dapat dipakai menjadi tolak ukur untuk menilai apakah perusahaan tersebut dalam kondisi yang baik atau tidak.
  2. Analisa strategi perusahaan. Laporan laba rugi berisi tentang pemasukan maupun pengeluaran perusahaan selama beroperasional. Dengan demikian perusahaan dapat mengetahui biaya-biaya apa saja yang kurang begitu diperlukan ataupun sebaliknya, menambah biaya yang dirasa perlu guna mendukung kegiatan perusahaan.
  3. Evalusi kinerja perusahaan. Dengan laporan laba rugi, perusahaan dapat melihat apakah perusahaan dalam kondisi yang baik atau tidak baik. Mengalami keuntungan atau justru kerugian. Dengan begitu perusahan dapat merumuskan kebijakan demi kemajuan perusahaan.
  4. Bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Laporan laba rugi dapat dijadikan dasar pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Apakah perusahaan mengalami keuntungan atau kerugian dan langkah apa yang harus diambil.
  5. Mengetahui resiko yang dihadapi. Dengan laporan laba rugi perusahaan dapat melihat resiko apa yang akan terjadi. Misal: perusahaan terlalu banyak menghabiskan dana di kegiatan pemasaran, sehingga kegiatan operasional lainnya terhambat. Dengan adanya laporan laba rugi, perusahaan dapat mengetahui resiko serta menemukan solusinya.
Dengan mengetahui angka pasti laba/rugi yang didapatkan perusahaan selama satu periode, perusahaan dapat menentukan langkah selanjutnya serta strategi apa yang akan digunakan untuk mengembangkan perusahaan.