Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Manfaat dan pentingnya Rekonsiliasi Bank Bagi Perusahaan

rekonsiliasi bank

Manfaat dan pentingnya Rekonsiliasi Bank 

Dalam Aktifitas bisnis dan Perusahaan Tentunya anda tidak asing mendengar kata Rekonsiliasi. Rekonsiliasi bank merupakan proses untuk mencocokan Mutasi Rekening Bank Perusahaan dengan pencatatan kas. dalam Proses Rekonsiliasi biasanya akan terdapat rincian perbedaan transaksi antara mutasi bank dan pencatatan kas anda. Jika terjadi adanya perbedaan maka anda harus melakukan penyesuaian agar terdapat data yang sesuai satu sama lain. 

manfaat dan pentingnya rekonsiliasi bank

Dapat Mengetahui Kondisi Keuangan secara pasti

Setiap transaksi yang terjadi pada bisnis anda pasti melalui proses Pencatatan. Namun apakah anda yakin pencatatan tersebut sudah benar dan sesuai dengan nilai keuangan yang sebenarnya ? Inilah tujuan melakukan Rekonsiliasi Bank. dengan Melakukan Rekonsiliasi secara berkala pada tiap periode yang telah ditentukan anda akan dapat melihat nilai dan keadaan keuangan bisnis dan perusahaan anda secara real dan pasti. Hal ini tentu dapat mengurangi resiko kesalahan pengolahan laporan keuangan anda. 

Mengantisipasi adanya Kesalahan oleh human Error

Tentunya anda tidak dapat memastikan semua transaksi yang telah anda catat atau pegawai anda catat sudah benar. Kesalahan yang disebabkan oleh  Human error di dalam perusahaan masih sangat sering terjadi. Rekonsiliasi bank dapat mengantisipasi adanya pengelolahan laporan keuangan yang salah di kemudian hari. Dengan melakukan pencocokan transaksi antaran pencatatan dan rekening koran bank, anda dapat melakukan revisi dan pembenaran pada catatan yang salah. 

Menghindari Tindakan Kecurangan

Adanya tindakan dari oknum- oknum tidak bertanggung jawab akan memicu bisnis anda menjadi terhambat, apalagi yang berhubungan dengan keuangan. Seperti adanya penggelapan dana maupun manipulasi data. Dengan Rekonsiliasi bank anda dapat mengetahui perbandingan saldo bank anda dan pencatatan internal anda, Jika ada angka yang mencurigakan tentunya anda dapat mengambil langkah prefentif untuk menghindari adanya kecurangan lebih lanjut. 

penyebab selisih nilai saat rekonsiliasi bank

  • Terjadi Pencatatan di internal namun belum masuk ke rekening bank 
Ada beberapa alasan mengapa kondisi ini bisa terjadi. Hal yang paling sering terjadi seperti misalnya beberapa customer anda membayar dengan metode transfer kliring yang memerlukan waktu beberapa hari untuk masuk ke rekening anda. atau contoh lain anda memberikan cek kepada pihak lain dan telah anda catat pada internal perusahaan anda. Namun Cek tersebut belum disetorkan oleh pihak lain tersebut, maka otomatis belum terjadi transaksi/ mutasi di Bank.  
  • Terjadi Transaksi di Bank namun belum tercatat di internal 

Transaksi seperti ini juga ada bermacam- macam. Misal nya adanya Pendapatan Bunga Bank dan biaya administrasi bank yang dibebankan oleh pihak bank secara otomatis. Hal ini kemungkinan tidak langsung dicatat pada pembukuan manual anda. atau contoh lain seperti adanya pembayaran dari piutang customer anda yang tidak melakukan konfirmasi kepada anda. Maka solusinya anda hanya perlu menambahkan transaksi atas biaya dan pendapatan tsb. 

  • Kesalahan Mencatat nilai atau Tanggal
Jika kedua kemungkinan diatas tidak terbukti, Maka coba anda cek ulang lebih teliti. Terkait dengan kesalahan pencatatan yang sangat mungkin terjadi baik secara sengaja maupun tidak disengaja. Selisih yang ada mungkin saja disebabkan oleh kesalahan penulisan tanggal maupun jumlah saldo yang ada pada internal perusahaan anda. Kesalahan pencatatan Pada Bank sangat minim kemungkinannya, namun walaupun demikian tetap saja hal itu bisa terjadi. Anda dapat mengkonfirmasi pada pihak bank jika memang terdapat kesalahan mutasi bank anda dengan melampirkan bukti. 

 

Demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai Manfaat dan pentingnya Rekonsiliasi Bank pada perusahaan. Semoga dapat berguna untuk anda.