Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Manfaat Bill Of Material Bagi Perusahaan | Dekky 081357733333

Manfaat Bill Of Material Bagi Perusahaan | Dekky 081357733333
Manfaat Bill Of Material Bagi Perusahaan | Dekky 081357733333


Manfaat Bill Of Material Bagi Perusahaan | Dekky 081357733333 |
Bill of Material atau yang biasa disingkat dengan BOM adalah rangkaian struktur dari semua komponen. Komponen yang dimaksud adalah komponen yang akan digunakan untuk memproduksi suatu produk jadi. Dengan kata lain BOM adalah list atau daftar bahan-bahan, material, komponen-komponen yang akan digunakan untuk memproduksi suatu produk. Bahan-bahan tersebut dicampur atau dirakit menjadi satu sehingga menghasilkan suatu produk. BOM dapat juga diartikan catatan mengenai hal-hal yang diperlukan dalam suatu proses produksi untuk membuat suatu produk. Pembuatan BOM sendiri memiliki beberapa fungsi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan, antara lain:

  1. Dasar perhitungan harga jual produk. Melalui pembuatan BOM, perusahaan dapat mengetahui potensi keuntungan maupun kerugian perusahaan melalui harga jual produk. Harga jual produk bisa didapat dengan menjumlahkan biaya bahan baku dengan biaya lainnya.
  2. Menghindari kekurangan bahan baku. Melalui BOM perusahaan memiliki catatan pengingat agar perusahaan bisa menghindari terjadinya kekurangan/kehabisan bahan baku maupun kelebihan bahan baku.
  3. Dasar perencanaan kebutuhan bahan baku. Melalui BOM perusahaan dapat mengetahui jumlah kebutuhan suatu bahan baku yang diperlukan untuk memproduksi suatu produk.
  4. Sebagai acuan perbaikan suatu produk. Karena BOM berisikan catatan mengenai komponen atau meterial suatu produk, maka apabila perusahaan mengalami suatu hambatan atau kesalahan dalam memproduksi suatu produk, BOM dapat dijadikan acuan.
  5. Penghubung antar divisi. Tugas BOM adalah memudahkan hubungan dan koordinasi antar divisi dalam perusahaan. Khususnya hal-hal yang berkaitan dengan produksi.

BOM yang berisikan catatan mengenai daftar atau list komponen apa saja yang dibutuhkan untuk memproduksi suatu produk dihadirkan dalam bentuk level maupun tabel. Semakin tinggi level suatu komponen maka artinya semakin penting juga komponen tersebut digunakan untuk memproduksi suatu produk. BOM biasa disebut juga dengan pohon produk. Yang harus diperhatikan dalam pembuatan BOM adalah perusahaan harus paham terlebih dahulu produk apa yang akan dibuat serta daftar order barang harus sesuai dengan yang dibutuhkan. Pembuatan BOM dapat berbeda dari satu perusahaan dengan perusahaan lainnya, karena semua tergantung dengan kebutuhan masing-masing perusahaan selain itu masing-masing perusahaan memiliki sistem yang berbeda-beda.

Sebuah BOM yang akurat menunjukkan informasi tentang masing-masing input produk seperti :

  1. Level BOM.
  2. Deskripsi komponen.
  3. Nomor komponen.
  4. Nama komponen.
  5. Jumlah yang diperlukan untuk setiap komponen.
  6. Satuan ukuran.
  7. Tipe procurement. Mencantumkan bagaimana komponen tersebut didapat, apakah diproduksi sendiri atau didapat dari vendor.
  8. Harga.
  9. Lead time pengerjaan atau pemesanan.
  10. Catatan BOM. Informasi relevan lainnya mengenai BOM.

Adapun manfaat pembuatan BOM bagi perusahaan adalah :

  1. Sebagai alat kendali produksi yang menspesifikasikan kandungan bahan-bahan yang penting dalam suatu produk.
  2. Untuk peramalan barang yang keluar dan masuk serta inventori (persediaan) maupun peramalan transaksi produksi.
  3. Menghitung berapa banyak produk yang dapat dihasilkan berdasarkan bahan-bahan atau komponen yang dimiliki saat ini.
  4. Pada saat perusahaan akan mendistribusikan produknya, sistem dapat membantu untuk menentukan cara pengakutan yang optimal agar produk dapat sampai ke tujuan atau pelanggan.
  5. Menjamin bahwa jumlah bahan atau komponen telah dikirim di tempat dan waktu yang tepat.

Baca Artikel Menarik Lainnya :