Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

MANAKAH YANG LEBIH PENTING ? CASH FLOW ATAU PROFIT

MANAKAH YANG LEBIH PENTING ? CASH FLOW ATAU PROFIT — Arus kas dan laba merupakan aspek penting dari bisnis. Agar sebuah bisnis dapat berhasil dalam jangka panjang, ia perlu menghasilkan laba sementara juga beroperasi dengan arus kas positif.

MANAKAH YANG LEBIH PENTING ? CASH FLOW ATAU PROFIT

Apa itu arus kas ? Arus kas adalah arus masuk dan keluar uang dari suatu bisnis. Ini diperlukan untuk operasi sehari-hari, pajak, inventaris pembelian, dan membayar karyawan dan biaya operasi. Arus kas positif menunjukkan bahwa aset likuid perusahaan meningkat. Hal ini memungkinkannya untuk melunasi hutang, berinvestasi kembali dalam bisnisnya, mengembalikan uang kepada pemegang saham, membayar biaya, dan menyediakan penyangga terhadap tantangan keuangan di masa depan. Arus kas negatif menunjukkan bahwa aset likuid perusahaan menurun.

Apa itu laba ? Laba adalah surplus setelah semua biaya dikurangkan dari pendapatan. Laba adalah gambaran keseluruhan bisnis dan dasar perhitungan pajak. Ada tiga jenis laba utama yang dianalisis oleh analis yaitu laba kotor, laba operasi, dan laba bersih. Setiap jenis laba memberi analis lebih banyak informasi tentang kinerja perusahaan, terutama bila dibandingkan dengan periode waktu lain dan pesaing industri. Ketiga tingkat profitabilitas ini dapat ditemukan pada laporan laba rugi.

Jadi, yang mana yang lebih penting ? Arus kas atau laba ? Ketika menentukan mana yang lebih penting, itu tergantung pada bisnis dan keadaan. Misalnya, suatu bisnis dapat melihat untung setiap bulan, tetapi uangnya terikat dalam aset keras atau piutang, dan tidak ada uang tunai untuk membayar karyawan. Setelah hutang dibayarkan, atau bisnis melihat pemasukan dalam pendapatan, ia mulai melihat arus kas positif lagi. Dalam contoh ini, arus kas lebih penting karena menjaga bisnis tetap berjalan sambil tetap mempertahankan laba. Bergantian, bisnis mungkin melihat peningkatan pendapatan dan arus kas, tetapi ada sejumlah besar hutang, sehingga bisnis tidak menghasilkan keuntungan. Tidak adanya laba pada akhirnya memiliki efek menurun pada arus kas. Dalam hal ini, keuntungan lebih penting.

Hal lain yang perlu diingat ketika menentukan apakah akan fokus pada arus kas atau laba adalah arus kas dapat dibeli. Seorang pemilik bisnis dapat menempatkan aset pribadinya sebagai modal ke dalam bisnis. Atau, mereka bisa mendapatkan pinjaman usaha kecil dari bank untuk menjaga bisnis tetap berjalan sampai mulai melihat arus kas lagi.

MANAKAH YANG LEBIH PENTING ? CASH FLOW ATAU PROFIT — Jika anda ingin melihat-lihat artikel kami yang lain silahkan klik link yang ada di bawah ini.