Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Manajemen Karyawan Agar Bekerja Secara Efektif Dan Produktif

Manajemen Karyawan Agar Bekerja Secara Efektif Dan Produktif

Manajemen Karyawan Agar Bekerja Secara Efektif Dan Produktif | Kesuksesan bisnis ditentukan oleh beberapa faktor gabungan dan strategi bisnis. Salah satu yang menjadi faktor penunjang kesuksesan dari sebuah bisnis adalah SDM (Sumber Daya Manusia)/karyawan, bahkan dapat dikatakan karyawan menjadi salah satu aset penting dalam sebuah bisnis. Baik dalam perusahaan besar maupun perusahaan kecil, karyawan memiliki peranan cukup penting dalam kemajuan sebuah usaha. Keterampilan dan usaha karyawan sangat diperlukan dalam menjalankan strategi pemasaran, kebijakan perusahaan bahkan keefisiensian kegiatan operasional dan keuangan.

Untuk itu, perusahan perlu melakukan menajemen karyawan agar potensi karyawan dapat berkembang kearah yang produktif dan efisien. Memberikan karyawan wadah dan fasilitas yang mendukung untuk dapat terus berkembang dan berinovasi. Karena kemajuan dan kesejahteraan karyawan menggambarkan kemajuan dan kesejahteraan perusahaan. Dengan demikinan hal ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab karyawan pada perusahaan. Inti dari manajemen karyawan yang efektif terletak pada kebijakan pimpinannya. Karena karyawan akan mengadopsi kebiasaan, pola pikir dan cara kerja pimpinannya.

Berikut adalah beberapa cara manajemen karyawan yang efektif:

  1. Berkomunikasi dengan jelas dan efektif. Komunikasi yang efektif merupakan dasar dari keberhasilan sebuah perusahaan. Tanpa komunikasi yng efektif visi dan misi perusahanaan tidak akan tercapai. Selain itu kurang komunikasi aka membuat tujuan menjadi ambigu dan tidak jelas. Dengan komunikasi yang baik dapat menyelesaikan masalah yang ada serta mencegah timbulnya masalah.
  2. Menciptakan lingkungan kerja yang positif. Lingkungan yang positif dapat menjadi salah satu motivasi agar karyawan mau bekerja keras demi kemajuan perusahaan. Membangun hubungan yang baik dengan karyawan sehingga dapat menimbulkan rasa kepercayaan memunculkan rasa tanggung jawab karyawan pada perusahaan. Lingkungan yang positif akan mengarah pada peningkatan produktifitas dan loyalitas karyawan.
  3. Penghargaan karyawan. Menghargai kinerja karyawan merupakan pengakuan perusahaan bahwa hasil kerja keras mereka di hargai. Bentuk penghargaan yang paling umum adalah kompensasi berbasis prestasi seperti bonus atau kenaikan jabatan selain ucapan terima kasih.
  4. Memperhatikan kesehatan karyawan. Melibatkan karyawan dalam proses pengambilan keputusan akan menumbuhkan loyalitas dan produktifitas karyawan. Untuk itu perlu disadari bahwa memiliki karyawan yang sehat penting untuk kesuksesan perusahaan.