Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Management Stok Untuk Perusahaan Food And Beverage

Management Stok Untuk Perusahaan Food And Beverage. Hubungi Firdaus 081703354372

Management Stok Untuk Perusahaan Food And Beverage

Bagi perusahaan yang bergerak dalam penjualan stok persediaan merupakan aktiva yang sangat penting peranannya, sehingga dengan demikian diperlukan adanya management stok. Tujuannya adalah untuk melakukan kontrol atas persediaan gudang.

Demikian halnya untuk perusahaan yang bergerak dalam bisnis food and beverages, dibutuhkan adanya management stok yang rapi karena tanpa adanya pengolahan stok yang jelas akan mempengaruhi stok yang ada. Karena persediaan untuk perusahaan makanan terutama untuk stok bahan baku akan mempengaruhi penampilan akan hidangan yang akan disajikan.

Dalam bisnis makanan dan minuman hal terpenting adalah pengalaman dan referensi dari para pelanggannya. Pengalaman ataupun referensi pelanggan ini sangat menentukan bagi perusahaan bisnis makan dan minuman seperti halnya restoran, dalam hal ini adalah penyadian hidangan dengan memperhatikan aspek rasa, dan penampilan hidangan. Dalam hal ini tentunya berkaitan dengan ketersediaan bahan baku, tentunya harus dikelola dengan baik dan benar untuk persediaannya.

Ada beberapa jenis bahan baku yang perlu diperhatikan:

  1. Bahan mudah rusak. Bahan baku yang mudah rusak karena tidak tahan dalam waktu lama. Contohnya seperti sayuran, buah, ikan dan daging.
  2. Bahan baku tidak mudah rusak. Bahan baku yang lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Contohnya seperti beras, makanan kalengan, makanan kering, minuman botol dan masih banyak lainnya.
  3. Produk susu. Merupakan produk susu, telor, butter, cream.

Atas dasar bahan baku tersebut maka untuk pelaku bisnis food and beverage harus benar benar melakukan kontrol stok secara rutin dan berkala.

Alasan pentingnya pelaku bisnis food and beverage untuk melakukan kontrol stok dengan baik, adalah :

  • Gudang lebih tertata. Mengacu pada jenis bahan baku dan beberapa barang penunjang lainnya dengan adanya kontrol persediaan maka secara otomatis gudang akan lebih tertata dengan rapi. Dengan demikian akan memudahkan karyawan dalam pemenuhan persediaan yang akan dikelola atau dihidangkan dengan cepat dan memenuhi permintaan tepat waktu.
  • Menghindari kelebihan persediaan barang. Kapan order kebutuhan bahan baku atau kebutuhan penunjang lainnya, mana barang yang tidak tahan lama dan tahan lama, barang mana yang harus dikeluarkan terlebih dahulu, merupakan kontrok stok yang benar dengan demikian diharapkan tidak ada barang yang tidak terpakai sehingga terjadi kelebihan persediaan karena hal ini akan menjadikan beban biaya bagi perusahaan.
  • Tidak lagi berasumsi atau perkiraan. Dengan adanya formula akan kebutuhan proses memasak maka akan diketahui berapa hpp yang dibutuhkan dalam pembuatan sebuah hidangan dan tidak akan terjadi menjual dengan harga dibawah hpp. Dengan demikian akan membantu dalam kontrol persediaan secara tepat, demikian juga dibagian pembelian akan langsung mengetahui akan kebutuhan persediaan yang harus segera dipenuhi.
  • Menghindari pencurian atau kecurangan. Dengan kontrol persediaan yang tepat maka akan terhindar dari ulah oknum pegawai yang akan melakukan pencurian atau kecurangan. Karena semua data sudah tertata dengan baik dan benar.

Itulah sebagai tips bagi pelaku bisnis food and beverage agar menagemen persediaan harus dilakukan dengan baik dan benar. Bagaimana melakukan tips itu semua dengan mudah, akan kami bahas pada artikel berikutnya.

Baca Juga Artikel Berikut :

  1. Accurate Software dalam Management Stok Untuk Perusahaan Food and Beverage
  2. Keunggulan Accurate Software Dibandingkan Software Costumize
  3. SOP (Standard Operating Procedure) Penerapannya di Accurate Versi 5
  4. Belajar Bisnis dari Film Chef
  5. Kontrol Persediaan Barang Dagang dalam Perusahaan
  6. Yang Harus Dihindari Pengusaha Pemula dalam Berbisnis
  7. Cara Mencegah Terjadinya Kecurangan dalam Bisnis Anda
  8. Kapan saatnya Perusahaan Butuh Software Akuntansi