Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Macam – Macam Metode Penjualan Yang Sudah Dikenal UMKM

Macam - Macam Metode Penjualan Yang Sudah Dikenal UMKM

Macam – Macam Metode Penjualan Yang Sudah Dikenal UMKM | Penjualan merupakan bagian dari managemen pemasaran. Penjualan adalah kegiatan menawarkan produk baik berupa barang atau jasa kepada konsumen dan menghasilkan laba. Dalam perencanaan penjualan selain menyusun anggaran, memilih metode penjualan yang tepat juga sama pentingnya untuk dilakukan. Untuk itu baik bagi para pelaku usaha untuk dapat memahami macam-macam metode penjualan. Dengan memilih metode penjualan yang tepat, dapat menjadi salah satu strategi pemasaran bagi para pelaku usaha agar usaha yang sedang dijalankan dapat berjalan dengan lancar.

Berikut adalah macam-macam metode penjualan:

  1. Retail. Metode penjualan retail adalah aktifitas penjualan barang ataupun jasa secara langsung kepada konsumen akhir. Barang yang dibeli secara retail berfungsi untuk digunakan secara pribadi, dan tidak untuk dijual kembali. Transaksi retail merupakan ujung rantai produksi. Produsen menjual produk dalam jumlah besar ke pedagang retail, dan retailer menjual kembali pada konsumen akhir. Penjualan produk retail dapat dilakukan melalui toko eceran konvensional, situs belanja online maupun daftar katalog.
  2. Distribusi. Distribusi adalah salah satu kegiatan pemasaran yang bertugas untuk memperlancar atau mempermudah penyampain barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Proses distribusi akan mendorong kelancaran kegiatan pemasaran. Tujuan dari kegiatan distribusi adalah memastikan kegiatan produksi dapat berjalan lancar serta barang dapat sampai ditangan konsumen dengan tepat waktu.
  3. Marketplace. Marketplace adalah perantara antara penjual dan pembeli dalam dunia maya. Situs marketplace merupakan pihak ketiga yang menjembatani pihak penjual dan pembeli dengan menyediakan tempat untuk berjualan serta memfasilitasi pembayaran. Salah satu keuntungan berjualan dimarketplace adalah penjual tidak perlu membayar sewa, selain itu toko online yang bergabung dengan marketplace dinilai lebih dapat dipercaya oleh konsumen karena adanya pihak ketiga yang menjadi perantara.
  4. Dropship. Dropship adalah metode penjualan produk dimana pihak penjual tidak menyimpan barang dalam persediaan. Apabila Dropshipper mendapatkan pesanan, maka pihak dropshipper akan langsung menghubungi produsen, supplier, toko online dan sebagainya untuk menyampaikan detail pesanan yang akan dikirimkan langsung ke pihak konsumen. Berbeda dengn reseller, dropshipper tidak membutuhkan banyak modal karena tidak melakukan penyimpanan barang atau produk sebagai persediaan.

Seperti yang telah disampaikan diatas, penjualan merupakan bagian dari managemen pemasaran. Maka dapat dikatakan pemasaran merupakan ujung tombak dalam sebuah bisnis. Strategi pemasaran yang baik akan meningkatkan penjualan sebuah produk. Untuk itu memahami strategi pemasaran adalah hal yang baik bagi para pelaku usaha. Strategi pemasaran merupakan cara untuk meningkatkan jumlah pembeli. Strategi pemasaran akan berbeda dari satu orang dengan orang lain, tergantung dari produk atau barang yang dijual.