Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Lima Kesalahan Dalam Berbisnis Yang Patut Diwaspadai

Lima Kesalahan Dalam Berbisnis Yang Patut Diwaspadai

Lima Kesalahan Dalam Berbisnis Yang Patut Diwaspadai | Diera modern seperti saat ini, banyak sekali bermunculan pengusaha-pengusaha muda. Ada beberapa diantaranya yang hanya coba-coba, ada juga yang mewarisi bisnis keluarga. Kesalahan dalam berbisnis pasti hampir pernah terjadi pada sebagian besar pengusaha. Maka dari itu, semangat saja tidak cukup dalam menjalankan sebuah bisnis. Diperlukan kerja keras dan konsistensi jika ingin bisnis kita berumur panjang. Karena yang paling sulit dalam menjalankan sebuah bisnis adalah kemampuan bertahan ditengah tantangan yang ada.

Tantangan ini tidak jarang membuat pebisnis layu sebelum berkembang. Tidak mampu melihat bisnisnya berjalan dengan lambat, penjualan yang tidak stabil ataupun kehabisan dana ditengah jalan. Akhirnya memilih mundur dan menyerah. Ketidak mampuan mempertahankan endurance inilah yang menyebabkan banyak pebisnis mengalami kegagalan. Untuk itu ada beberapa hal yang patut diwaspadai dalam menjalankan bisnis agar tidak mengalami kegagalan, antara lain:

  1. Manajemen keuangan yang buruk. Setiap bisnis digerakkan oleh uang, untuk itu penting bagi kita mengawasi kondisi keuangan perusahaan. Membuat laporan keuangan yang terperinci akan memudahkan dalam melakukan pengawasan, sehingga kegiatan operasional dapat terus berjalan. Memiliki dana cadangan juga menjadi hal yang penting untuk mengatasi keadaan darurat yang tidak terduga.
  2. Salah memilih lokasi. Berbeda dengan bisnis online, pemilihan lokasi menjadi hal penting untuk bisnis offline. Pastikan untuk memilih lokasi yang sesuai dengan target market. Namun tetap pastikan lokasi yang dipilih sesuai dengan kondisi keuangan perusahaan, karena biasanya pemilihan lokasi yang strategis akan terbentur dengan masalah biaya (harga sewa / harga beli yang terlampau mahal).
  3. Bisnis tumbuh terlalu cepat. Setiap orang mengharapkan bisnisnya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Namun bila terlalu dipaksakan akan menambah beban keuangan (misal: dalam setahun sudah membuka beberapa cabang usaha). Membakar modal secara berlebihan pada waktu yang belum tepat akan menyebabkan bisnis tidak bertahan lama.
  4. SDM yang tidak mendukung. Dalam sebuah bisnis, SDM (Sumber Daya Manusia) merupakan salah satu aset penting. Perusahaan dapat maju dan berkembang atau sebaliknya mengalami kemunduran salah satunya dikarenakan SDM yang tidak mendukung atau kurang memadai. SDM yang berwawasan luas dan mau terus belajar akan membantu perusahaan untuk terus berkembang.
  5. Menjalankan bisnis karena mengikuti trend. Model bisnis yang mengikuti trending memang menggiurkan. Namun yang perlu diingat, apabila bisnis yang dibuka hanya karena trend semata maka biasanya tidak akan bisa bertahan lama. Tanpa perencanaan yang matang, bisnis dapat berhenti ditengah jalan.

Kegagalan dalam usaha bisa dialami oleh siapa saja. Entah itu bisnis kecil atau bisnis besar, pengusaha pemula atau pengusaha yang sudah berpengalaman sekalipun. Namun dalam kegagalan selalu ada nilai positif yang bisa kita ambil, asal tidak mudah menyerah dan terus mau belajar memperbaiki diri. Maka dari itu penting bagi pengusaha untuk memiliki mental yang kuat untuk bangkit dari kegagalan dan tidak pernah menyerah.

 

Baca Artikel Menarik Lainnya :