Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Laporan yang harus dimiliki Oleh Perusahaan dagang dan Jasa

laporan

Laporan yang Harus dimiliki Perusahaan Dagang dan Jasa

Sebuah Laporan Perusahaan akan berisi Informasi mengenai data transaksi dan kegiatan operasional yang telah di rangkum secara sistematis pada setiap Periode berjalan. Laporan yang Harus dimiliki Oleh perusahaan baik itu Dagang atau Jasa adalah Laporan keuangan Utama yang terdiri atas Laporan Arus Kas, Neraca, Laba/ Rugi, dan perubahan modal, Serta Laporan Pendukung Seperti Laporan Penjualan, Pembelian, Hutang Piutang, dan Stock sebagai Pelengkap informasi tambahan. Baik Laporan keuangan ataupun Laporan pendukung memiliki peranan yang sangat penting dan dapat digunakan untuk pihak- pihak yang berkepentingan untuk menganalisa kinerja perusahaan dan membuat keputusan maupun kebijakan penting dalam suatu perusahaan

Laporan keuangan

Laporan Keuangan merupakan suatu laporan yang dapat menunjukkan informasi mengenai kondisi Finansial pada Suatu Perusahaan. Laporan Keuangan diolah dari data transaksi yang telah dicatat pada periode tertetu dengan metode akuntansi. Berikut ini Adalah Laporan keuangan yang diperlukan untuk Perusahaan Dagang maupun Jasa.
  • Laporan Arus Kas

Laporan Arus Kas atau yang sering disebut Cash Flow merupakan merupakan sebuah laporan keuangan yang menunjukkan informasi rinci yang berkaitan dengan transaksi yang telah dilakukan pada periode tertentu, baik itu transaksi Penerimaan atau Pengeluaran. Informasi tersebut disusun secara sistematis berdasarkan waktu dan tanggal terjadinya transaksi. Laporan Arus kas ini dapat berfungsi untuk menilai kegiatan operasional pada periode akuntansi sebelumnya dan untuk membuat rencana anggaran di periode mendatang. 

  • Laporan Neraca

Laporan Neraca merupakan salah satu bagian dari laporan keuangan perusahaan yang menunjukan posisi keuangan pada periode tertentu. Neraca berisi data sistematis yang terdiri dari aktiva (termasuk Aktiva Tetap dan aktiva lancar), utang/ Passiva, dan modal. Anda dapat mengetahui beberapa informasi melalui laporan Neraca sepertiJumlah Kekayaan Perusahaan, Kemampuan Perusahaan membayar kewajiban, dan Informasi Hutang.

  • Laporan Laba Rugi

Laporan Laba Rugi merupakan salah satu bagian laporan keuangan yang menjabarkan unsur- unsur pendapatan dan beban perusahaan pada periode tertentu yang akan memberikan informasi tentang labah rugi bersih di suatu perusahaan. Laporan Laba rugi yang memberikan informasi pendapatan perusahaan biasanya dapat bertujuan untuk menunjukan profitabilitas kepada investor dan kreditur yang memiliki kepentingan di perusahaan. 

  • Laporan Perubahan Modal 

Laporan Perubahan Modal merupakan laporan keuangan yang menggambarkan peningkataan atau penurunan kekayaan perusahaan pada suatu periode tertentu. Laporan Perubahan modal dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi faktor- faktor yang menyebabkan perubahan dalam ekuitas pemiliki selama periode akuntansi. Komponen yang terdapat pada laporan perubahan modal antara lain : 

  1. modal awal
  2. pengaruh perubahan kebijakan akuntansi 
  3. pengaruh koreksi kesalahan periode sebelumnya 
  4. saldo yang disajikan kembali 
  5. perubahan modal saham 
  6. deviden
  7. laba rugi untuk periode tertentu 
  8. perubahan dalam cadangan revaluasi 
  9. keuntungan dan kerugian lainnya 
  10. saldo akhir 

Contoh Laporan keuangan

laporan Pendukung

  •  Laporan Penjualan dan Pembelian 

Laporan Penjualan dan Pembelian termasuk Laporan penting yang harus ada di perusahaan anda. Laporan ini akan menunjukan informasi lengkap mengenai transaksi Jual Beli di Perusahaan anda. Laporan ini merupakan Rekapan data dari bukti- bukti invoice dan pembayaran serta informasi lainnya yang berhubungan penjualan dan pembelian Barang atau Jasa. 

  • Laporan Hutang Piutang

Selain Laporan Penjualan dan pembelian, Laporan Hutang Piutang juga penting untuk anda miliki. Laporan ini dapat berfungsi untuk mengetahui Kewajiban dan Hak keuangan perusahaan anda. Informasi yang berisi catatan hutang piutang ini juga dapat anda gunakan untuk membantu mengingatkan anda dalam melakukan pembayaran ke supplier dan anda juga dapat melakukan penagihan pada pelanggan anda yang akan jatuh tempo. 

  • Laporan Persediaan (untuk usaha dagang)

Laporan Persediaan atau Stock sangat penting terutama untuk perusahaan dagang yang memiliki produk untuk di simpan sebelum dijual. Laporan persediaan yang lengkap akan dapat membantu anda dalam mengetahui posisi dan jumlah barang dagang anda. Laporan ini dapat memuat informasi- informasi mengenai kuantitas barang, Mutasi Barang dan Gudang, Serta Informasi lengkap mengenai deskripsi barang yang anda jual. 

Laporan yang Harus dimiliki Perusahaan Dagang dan Jasa

Nah, Demikian Informasi mengenai Laporan yang harus dimiliki Perusahaan Dagang dan Jasa. Mengolah sebuah data menjadi Laporan terkadang memerlukan Tenaga Professional dibidangnya, Terutama Pada Laporan Keuangan. Namun Jika anda masih mengalami kesulitan dengan Laporan keuangan dengan Metode akuntasni yang benar, anda dapat mengandalkan Pencatatan Komputer berbasis Software. Software Akuntansi akan dapat membantu anda dalam pengolahan data secara otomatis menjadi laporan keuangan siap pakai. Jika anda tertarik untuk menggunakan Software akuntansi, Berikut Tips untuk memilih Software Akuntansi terbaik untuk perusahaan anda