Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Laporan PPN Jadi Mudah Dengan Accurate Versi 5

Laporan PPN Jadi Mudah Dengan Accurate Versi 5. Hubungi Firdaus 081703354372

Laporan PPN jadi mudah dengan Accurate Versi 5. Hubungi Firdaus 081703354372

Tentunya semua warga negara sudah tahu kewajiban untuk membayar pajak, baik perorangan, badan usaha maupun badan hukum yang telah mimiliki NPWP, baik pelaporan pajak yang dilaporakan tahunan ataupun yang bulanan. Pada kesempatan ini akan lebih difokuskan pada PPN (Pajak Pertambahan Nilai)

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya Kewajiban Pengusaha Untuk Laporan PPN ada beberapa jenis laporan pajak yang wajib dilaporan secara bulanan, termasuk diantaranya adalah PPN (Pajak Pertambahan Nilai).

Menurut perhitungan PPN ini ada 2 jenis:

  1. PPN Masukan, dimana PPN yang dibayar ketika pihak PKP membeli atau memperoleh suatu barang.
  2. PPN Keluar, dimana PPN yang dipungut ketika pihak PKP menjual produknya.

Untuk pelaporan pajak ini pastinya pihak perusahaan memiliki team akuntansi sendiri atau menggunakan jasa konsultan untuk melaporkannya. Dengan cara merekap data penjualan, pembelian, retur, selanjutnya buka software pajak dari dirjen pajak mencatat kembali transaksi yang sudah dilakukan penjualan, pembelian, retur. Jadi harus melakukan pencatatan dua kali baik untuk intern perusahaan maupun yang akan dilaporkan ke kantor pajak.

Namun hal tersebut tidak akan terjadi penginputan duakali jika menggunakan program pembukuan, khususnya accurate software versi 5. Karena dengan menggunakan accurate versi 5 hanya dengan sekali pencatatan transaksi maka semua data PPN Masukan dan PPN Keluaran sudah ditersajikan, tinggal di save file csv nya kemudian di apploud di software dirjen pajak.

Sesuai judul artikel kali ini, bagaimana penerapannya di accurate software versi 5 untuk pencatatan hingga pelaporan pajak PPN Masukan dan PPN Keluaran. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan di accurate software versi 5 yang berhubungan dengan PPN mulai dari transaksi sampai pelaporan pajaknya.

Adapun langkah untuk transaksi ber PPN di accurateversi 5 adalah sebagai berikut:

  1. Tentukan Kode Pajak nya, dengan setting akun pajak untuk ppn masukan dan ppn keluaran. Daftar -> Daftar lain -> Kode pajak -> Klik baru untuk membuat kode pajak nya.
  2. Pastikan semua data master pelanggan dan pemasok dimasukkan nama pajaknya yang sudah disetting dilangkah ke-1 dan diisi lengkap data pajaknya sepeti alamat pajak, nomer NPWP, NIK, tipe pajak.
  3. Pastikan disetiap transaksi penjualan dan pembelian dikolom pajak diisi kode pajak nya sesuai dilangkah ke-1. Tujuannya disini untuk menimbulkan nilai PPN nya baik PPN Masukan atau PPN Keluaran.
  4. Klik e-faktur untuk disiapkan data yang akan dilaporankan ke pajak. Data dari accurate versi 5 ini berupa format file csv, jadi di save file csv nya.
  5. Buka software pajak dari dirjen pajak lalu di apploud file csv nya.

Untuk mempelajari bagaimana cara expor impor accurate versi 5 ke e-faktur klik DISINI

Demikian sekilas bagaimana laporan PPN jadi mudah dengan Accurate Versi 5, semoga dengan ilustrasi kemudahan transaksi di accurate versi 5 bisa menjadi bahan masukan bagi pengusaha yang belum menggunakan accurate versi 5.

Untuk mendapatkan informasi mengenai accurate versi 5, cara pembeliannya dan permintaan presentasi accurate, silahkan hubungi

FIRDAUS YUNIANTO

081703354372

ATAU KLIK

This image has an empty alt attribute; its file name is WA.jpg

BACA JUGA ARTIKEL BERIKUT :