Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Laporan Keuangan Yang Harus Dimiliki Pengusaha Dagang Dan Jasa

Laporan Keuangan Yang Harus Dimiliki Pengusaha Dagang Dan Jasa

Laporan Keuangan Dagang Jasa | Dalam bisnis apapun baik itu perusahaan dagang, jasa maupun manufaktur pasti memiliki berbagai departemen dengan tugas spesifik masing-masing. Secara kasatmata departemen tersebut terlihat tidak bergantung satu sama lain, namun dalam pencatatan laporan keuangan akhirnya mereka akan dihubungkan oleh satu pihak yang bernama departemen akuntansi dan keuangan.

Departemen akuntansi dan keuangan akan bertugas mencatat setiap kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan uang dalam satu periode waktu. setelah itu departemen akuntansi dan keuangan akan menyusun rapi dalam bentuk laporan keuangan, laporan keuangan juga sering kali dianggap produk terkahir dari akuntansi. Maksudnya laporan tersebut berperan sebagai sebuah aktivitas jasa yang bertujuan untuk menyediakan informasi berguna bagi pengambilan keputusan dalam perusahaan.

Sebuah laporan keuangan terdiri dari beberapa komponen utama yaitu, neraca (balance sheet), laporan laba-rugi (profit anda los statement), laporan arus kas(cash flow statement). Lalu dari penjelasan ini apakah ada hal yang membedakan penyususan laporan keuangan untuk perusahaan dagang dan jasa ? Jawabannya adalah iya, namun tidak banyak. Berikut penjelasannya.

Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Laporan Keuangan Yang Harus Dimiliki Pengusaha Dagang Dan Jasa

Perusahaan dagang menjual produk yang sudah jadi dengan menaikkan sedikit harga dari pembelian awal. Umumnya laporan keuangan perusaan dagang dibagi menjadi beberapa jenis yaitu laporan laba rugi, laporan neraca, laporan arus kas, dan laporan perubahan modal.

Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Produk dalam perusahaan jasa sangat berbeda dari perusahaan dagang, karena perusahaan jasa aktivitas bisnisnya dengan menjual layanan tertentu. Ketika terjadi pembelian pada perusahaan jasa biasanya akan langsung dimasukkan sebagai peralatan/perlengkapan, laporan perusahaan jasa tidak ada harga pokok penjualan (HPP) maupun akuntansi biaya yang berlaku.

Kini Anda telah mengetahui laporan keuangan perusahan dagang dan jasa yang mana keduanya dibedakan dari jenis produk bisnisnya, namun apapun produk yang Anda jual. Anda bisa menyusun laporan keuangan secara lebih mudah dengan software akuntansi ACCURATE 5. Software akuntansi ACCURATE 5 berbasis dekstop, user friendly, dan sudah 5x meraih penghargaan Top Brand Award sebagai software akuntansi terbaik, jadi gunakan software akuntansi ACCURATE 5 agar Anda dapat mengontrol laporan keuangan secara real time, cepat dan akurat dan yang pastinya AMAN.

Ingin Mengetahui Bagaimana ACCURTAE 5 Membantu dan Merapikan Pembukuan Bisnis Anda ?

Hubungi Kami via Telp/Email

031-5912996 / galaxy@myabcshop.com

Untuk mendapatkan Free Demo Presentasi Accurate Accounting Software Dekstop versi 5

Baca Juga