Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Langkah Yang Dilakukan Setelah Melalui Masa Krisis Pandemi Covid-19

Langkah Yang Dilakukan Melalui Masa Krisis

Langkah yang Dilakukan Setelah Melalui Masa Krisis| Sebagai pebisnis, mungkin Anda sangat memahami bahwa menjalankan suatu bisnis tidak akan selamanya berjalan ancar. Tak jarang krisis datang begitu saja menghantam bisnis tanpa bisadihindari. Krisis yang dihadapi pun bisa berbagai macam bentuknya, seperti krisis keuangan, krisis manajemen, krisis penjualan hingga krisis yang disebabkan oleh bencana alam yakni tsunami, gempa bumi bahkan wabah virus seperti yang saat ini dialami kita semua – pandemi COViD-19. 

Kita semua tidak ada yang mengharapkan krisis keuangan di kala pandemi ini terus berlanjut, sebagai pengusaha atau pebisnis Anda harus siap menghadapi berbagai risiko, kendala dan rintangan. Setiap pengusaha atau pebisnis tentu dituntut untuk selalu siap dan sigap menghadapi berbagai perubahan. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan ketika krisis keuangan berakhir.

Dalam artikel ini akan membahas persiapan dan Langkah yang dilakukan Setelah melalui masa krisis

Langkah Dilakukan Setelah Melalui Masa Krisis

  • Atur Ulang Arus Kas

Arus kas adalah salah satu unsur yang paling penting dalam berbisnis. suatu bisnis harus mampu mengelola uang tunai secara optimal dan baik. maka dari itu jangan bosan-bosan untuk selalu mengecek secara mendalam kelancaran dan memonitor arus kas Anda secara rutin. Ini akan membantu Anda memahami pendapatan dan biaya pengeluaran bisnis Anda secara detail. Salah satu hal penting yang perlu Anda periksa adalah kondisi likuiditas alias cash on hand.

  • Atur Anggaran dengan Lebih Teliti

Pengelolaan anggaran juga harus diperketat. Kini Anda harus benar-benar mengalokasikan anggaran yang Anda miliki pada hal-hal yang memberikan banyak manfaat bagi bisnis Anda. Tunda dulu rencana untuk mengekspansi bisnis Anda, mengadakan event besar, atau hal-hal lain yang membutuhkan modal besar. 

  • Rencanakan Ulang Pendapatan dan Pangkas Anggaran Biaya

Anda juga perlu menganalisis biaya pengeluaran bisnis Anda. Dari sini Anda dapat mengetahui di mana dan bagaimana Anda bisa berhemat. Cari tahu proses-proses bisnis yang memakan biaya paling banyak. Mungkin ada cara untuk memangkas atau mengurangi biaya-biaya tersebut.

  • Ubah Strategi Penjualan

Tidak ada salahnya bila mengkaji ulang strategi marketing bisnis Anda. Jika pada awalnya berfokus untuk mendapatkan pelanggan baru, maka saat mengalami krisis seperti saat ini ubahlah strategi marketing untuk lebih fokus pada pelanggan setia yang sudah dimiliki. Pastikan krisis yang melanda bisnis Anda, tidak mengurangi kepercayaan dan reputasi di mata pelanggan. Bahkan Anda bisa memanfaatkan pelanggan setia untuk secara tidak langsung ikut mempromosikan bisnis Anda.

  • Persiapkan Rencana Jangka Pendek

buatlah business plan yang juga memuat proyeksi atau forecast atas keberlanjutan usaha Anda paling tidak hingga setahun ke depan.Misalnya, proyeksi dari sisi pendapatan usaha, tingkat pengeluaran, kelanjutan permodalan dan sebagainya.

  • miliki sistem pembukuan yang rapi 

Dengan pembukuan rapi maka akan dengan mudah pihak pengusaha mengetahui posisi keuangan perusahaan saat ini dan megetahui Mengetahui segala transaksi yang terjadi dalam bisnis. Untuk itu, Anda harus mencoba untuk mempertimbangkan Membeli Sebuah software akuntansi

TIPS DAN KRITERIA MEMILIH SOFTWARE AKUNTANSI UNTUK USAHA ANDA KLIK DISINI

Demikian langkah yang dapat anda lakukan setelah melalui melalui masa krisis. Tentunya Kita berharap Masa Pandemi ini segera berakhir dan semua situasi serta kondisi berjalan dapat berjalan normal kembali seperti sedia kala. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Baca Juga :