Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

KONTROL PRESEDIAAN BARANG PERUSAHAAN APLIKASINYA DI ACCURATE SOFTWARE

Kontrol persediaan barang perusahaan aplikasinya di accurate software. Hubungi: Firdaus 081703354372

Kontrol persediaan barang perusahaan aplikasinya di accurate software. Hubungi: Firdaus 081703354372

Persediaan atas barang bagi perusahaan merupakan aset yang sangat penting dan harus menjadi perhatian utama. Kelebihan atas persediaan yang ada di gudang ataupun kekurangan atas persediaan yang akan didistribusikan akan sangat memengaruhi kinerja perusahaan.

Karena itulah diperlukan adanya kontrol yang baik atas persediaan agar stok persediaan digudang dalam posisi aman, kontrol persediaan yang di order ke pihak supplier dan kontrol persediaan yang dipesan oleh pelanggan.

Untuk menunjang kontrol stok persediaan dalam perusahaan diperlukan adanya peran tehnologi yang dapat membantu semua pihak dalam memanage persediaan dan saling terintegrasi antar bagiannya. Hal yang dimaksud adalah Program Pembukuan.

Dengan adanya program pembukuan yang diaplikasikan dalam perusahaan diharapkan semua kontrol persediaan mulai dari barang masuk, barang keluar, stok gudang hingga ke proses produksi dan penyesuaian persediaan akan tercatat dengan rapi.

Salah satu program yang dapat diaplikasikan diperusahaan Anda adalah Accurate Accounting Software. Accurate software merupakan pencatatan pembukuan yang sudah termasuk didalamnya untuk kontrol persediaan.

Bagaimana kontrol persediaan barang perusahaan aplikasinya di Accurate Software, berikut ilustrasinya:

1.Menentukan Metode Persediaan yang Tepat

Dalam membuat database awal di program accurate software sudah harus ditentukan metode persediaan apa yang akan diterapkan, apakah Average atau FIFO. Karena disini akan menentukan nilai harga pokok penjualan atas barang dan menentukan laba atas barang tersebut.

2.Pencatatan Secara Rutin Input Stok Persediaan

Pencatatan yang dimaksud disini adalah pencatatan transaksi secara rutin dan rapi barang masuk melalui supplier dan barang keluar kepihak pelanggan sesuai dengan proses yang berlangsung jangan sampai tertunda. Karena jika pencatatan sampai tertunda maka secara program tidak akan terlihat historinya dan pasti akan terjadi selisih antara program dan fisik gudang.

Pencatatan barang masuk melalui Pembelian -> Penerimaan Barang

Pencatatan barang keluar melalui Penjualan -> Pengiriman Pesanan

3.Perencanaan atas Persediaan Barang

Perencanaan disini tujuannya untuk mencatat setiap adanya kegiatan transaksi mulai dari kapan mencatat pesanan persediaan ke pihak supplier atas barang dan jumlahnya, kapan adanya order masuk dari pelanggan barang dan jumlahnya, serta secara stok saat ini ada berapa digudang. Dengan demikian akan menjadi analisa bagi management perusahaan untuk menentukan kapan waktunya order, ketersediaan stok gudang dan estimasi barang dikirim.

Dengan demikian akan selalu terjaga ketersediaan stok tidak sampai terjadi adanya stok yang kelebihan sehingga tidak bergerak, atau sampai terjadi kekurangan stok karena keterlambatan dalam estimasi stok yang ada.

Didalam modul accurate sudah ada pencatatan pesanan penjualan (SO) dan pesanan pembelian (PO), dengan demikian pihak management perusahaan bisa estimasikan stok. Seperti contoh laporan berikut :

4.Membuat Pengelompokan atas Persediaan Barang

Dalam membuat master barang di accurate software sudah bisa langsung dipisah penglompokan atas persediaannya, misal kategori barang, item induk, kolom tambahan. Kolom tambahan disini bisa dimanfaat untuk menentukan misalnya merk barang, warna barang, tipe barang dan lain nya karena tersedia 10 kolom tambahan sebagai informasi tambahan atas barang tersebut.

Tujuannya disini adalah semakin banyak pengelompokan atas barangnya maka informasi laporan yang didapat akan semakin variatif. Misalkan laporan penjualan per kategori, penjualan berdasarkan merk barang, penjualan berdasarkan induk barang.

5.Multi Gudang

Di accurate software ada juga fitur multi gudang, dimana dengan memanfaatkan adanya fitur multi gudang bisa digunakan sebagai lokasi atas barang, misalkan gudang 1, gudang 2 dan gudang 3 atau juga karena keterbatasan tempat bisa dibuatkan rak dimana masing masing rak memiliki kode untuk menunjukkan sebagai multi gudang rak.

Dengan adanya fitur multi gudang akan sangat membantu dalam mencari posisi barang atau juga sangat membantu dalam melakukan stok opname

Demikian sebagian ilustrasi penerapan kontrol persediaan barang yang dapat diaplikasikan diaccurate software. Dan masih banyak manfaat lainnya yang dapat membantu para pelaku bisnis dalam memanage persediaan dengan menggunakan accurate software akan membantu selain memudahkan kontrol stok dan juga membantu dalam menganalisa persediaan baik dari sisi penjualan, pembelian, pemakaian barang, adjusment persediaan.

Untuk mendapatkan Informasi Lengkap mengenai Penerapan Accurate Software dalam Kontrol Persediaan Perusahaan, Silahkan Hubungi

FIRDAUS YUNIANTO

08170335472

Firdaus Yunianto merupakan Marketing Accurate Software yang sudah bergabung sejak tahun 2008 dengan Accurate Business Center. Sudah berpengalaman dalam Membantu Perusahaan dalam menentukan Versi Accurate yang tepat sesuai dengan Bisnisnya baik yang bergerak di bidang distributor, jasa, kontraktor, property dan manufaktur.

Permintaan demo presentasi online Accurate Versi 5 Klik DISINI

BACA JUGA ARTIKEL BERIKUT :