Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

KONTROL PERSEDIAAN BARANG DAGANG DALAM PERUSAHAAN

kontrol persediaan barang dagang dalam perusahaan. Hub: Firdaus 081703354372

Kontrol persediaan barang dagang dalam perusahaan Hubungi Firdaus 081703354372

Persediaan dalam sebuah perusahaan merupakan hal yang sangat penting dan harus menjadi perhatian utama, kelebihan ataupun kekurangan akan merugikan bagi perusahaan bersangkutan karena persediaan barang memiliki jangka waktu efektif untuk perputarannya. Kelebihan barang dagang akan membuat persediaan mangkrak tidak bergerak menyebabkan nilainya akan menjadi turun dan menjadi beban perusahaan. Kekurangan barang dagang merupakan kerugian bagi perusahaan karena disaat pasar membutuhkan persediaan barang dan disaat bersamaan tidakmemiliki stok di gudang maka akan merugikan membuang pendapatan yang seharusnya didepan mata sehingga menyebankan pelanggan beralih ke perusahaan lain yang sejenis.

Pengertian Persediaan sendiri adalah aset lancar dalam bentuk barang atau perlengkapan yang dimaksudkan untuk mendukung kegiatan operasional pemerintah/perusahaan, dan barang-barang yang dimaksudkan untuk dijual dan/atau diserahkan dalam rangka pelayanan kepada masyarakat atau memenuhi kebutuhan pasar.

Oleh karena itu management dan perhitungan akan ketersediaan persediaan barang sangatlah penting untuk diterapkan dalam mengelola suatu bisnis. Tujuan utama dari pengelolaan persediaan adalah menjaga keseimbangan antara jumlah stock barang agar berada pada level aman dan kemampuan memastikan barang yang tersedia di gudang akan sampai ke pelanggan dalam keadaan baik.

Adapun Tips Kontrol Persediaan dalam Perusahaan, diantaranya adalah :

1. Pencatatan Secara Rutin Input Stok. Maksudnya disini adalah mencatat secara tutin keluar masuknya stok persediaan baik masuknya stok dari transaksi pembelian ke supplier, keluarnya nya stok hasil dari penjualan ke pelanggan atau bisa juga keluar nya stok karena proses produksi atau masuknya stok karena hasil dari proses produksi. Dengan pencatatan yang rutin dan rapi diharapkan histori kontrol stok persediaan akan rapi.

2. Perencanaan Persediaan Barang. Perencanaan disini adalah kegiatan dari bagian pembelian atau penjualan atas ketersediaan barang digudang. Berapa order yang masuk, kapan waktunya order kepihak supplier dan ketersediaan digudang. Dengan adanya perencanaan tersebut akan sangat membantu perusahaan dalam ketersediaan barang dagang sesuai kebutuhan.

3. Menentukan Metode Persediaan yang dipakai. Metode persediaan ini wajob ditentukan diawal oleh perusahaan tujuannya untuk mem[eroleh harga pokok penjualan (HPP). Metode itu sendiri ada 3 yaitu Pertama Metode FIFO, dalam metode ini barang yang pertama kali masuk dianggap dijual terlebih dahulu. Jadi harga barang yang masih tersisa di persediaan kita adalah barang-barang yang terakhir dibeli oleh kita. Kedua Metode Average nilai persediaan barang yang ada di unit usaha kita dihitung berdasarkan harga rata-rata pembelian. Ketiga LIFO metode ini merupakan kebalikan dari metode yang pertama disebutkan diatas. Jadi barang yang pertama kali dijual justu adalah barang yang terakhir kali dibeli. Dan barang yang masih ada di persediaan kita adalah barang-barang yang pertama kali kita beli. Namun metode ketiga ini tidak dipergunakan di Indonesia.

4. Membuat Pengelompokan Persediaan Barang. Maksud dari pengelompokan atas persediaan disini tujuannya memudahkan untuk kontrol stok. Pengelompokan ini banyak penentuannya tergantung kebutuhan perusahaan, bisa berdasarkan supplier, jenis barang dengan demikian akanmudah dalam menganalisa atau kontrol stok untuk barang yang slow moving fast moving. Terutama kaitannya persediaan yangmemiliki masa expired date.

5. Menentukan Tempat atau Gudang. Dengan adanya multi gudang akan dengan mudah menentukan tempat atas pengelompakan persediaan. Gudang tidak harus selalu menunjukkan tempat akan tetapi juga posisi barang meskipun dalam satu lokasi, misal gudang atas, gudang bawah, rak 1, rak 2 dan sebagainya.

Jadi, kontrol persediaan barang dagang dalam perusahaan  ini merupakan aspek penting yang harus diperhatikan, sehingga tidak ada pemborosan dalam perusahaan. Sebab, pengelolaan persediaan ini sendiri berperan untuk menemukan tahap yang seimbang antara biaya perusahaan dan juga biaya yang dibutuhkan untuk pengadaan dan penyimpanan. Tujuannya adalah untuk mencapai tingkat inventori yang optimal dan biaya yang seminimal mungkin

Agar kontrol persediaan ini berjalan dengan baik harus adanya peran teknologi yang bisa mempermudah cara kerja, pencatatan, perhitungan persediaan dan harga pokok penjualan. Dibutuhkan program pembukuan yang dapat membantu proses tersebut.

Untuk mendapatkan Informasi Program Pembukuan yang tepat Bagi Bisnis Anda dalam Kontrol Persediaan, Silahkan Hubungi

FIRDAUS YUNIANTO

081703354372

recurring dan memorize transaksi fitur unggulan accurate software. Hub: Firdaus 081703354372

BACA JUGA ARTIKEL BERIKUT :