Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Konsinyasi Barang Bagi Perusahaan Bisnis Distributor

Konsinyasi Barang Bagi Perusahaan Bisnis Distributor. Hubungi: Firdaus 081703354372

Konsinyasi Barang Bagi Perusahaan Distributor

Bagi perusahaan distributor tentunya sudah tidak asing lagi istilah konsinyasi. Namun pada kesempatan artikel kali ini akan diulas lagi apa itu konsinyasi, manfaatnya hingga kerugian dengan sistem konsinyasi. Konsinyasi merupakan salah satu strategi dalam pemasaran dimana salah satu pelaku bisnis hanya menyiapkan produknya saja tidak perlu lagi dipusingkan untuk tempat display produk yang dijual. Demikian pula sebaliknya salah satu pelaku usaha memanfaatkan produk tersebut.

Konsinyasi adalah salah satu kerja sama dalam penjualan produk yang dilakukan oleh pemilik barang dengan pihak penyalur, pedagang atau pemilik toko untuk dijual. sehigga mendapatkan komisi atas penjualan barang konsinyasi.

Dalam pelaksanaannya sistem konsinyasi ini tertunya sudah ada perjanjian yang sudah disepakati sebelumnya antara pihak pemilik barang dengan pihak penyalur atau pedagang. baik dari syarat terjualnya barang konsinyasi, harga jual hingga penentuan komisinya.

Ada beberapa keuntungan yang didapat dengan sistem pemasaran konsinyasi, baik dari pihak pemilik barang ataupun pihak pedagang.

Manfaat konsinyasi bagi pihak pemilik barang 

  • Memperluas pasar dan menghemat biaya promosi. DIsini pigak pemilik barang bebas menentukan tempat dimana saja sesuai dengan hasil survey yang sudah dilakukan sebelumnya terutama tempat penyaur, pedagang atau toko yang sudah memiliki pelanggan. Dengan demikian akan menghemat biaya promosi karena tidak perlu melakukan promosi untuk mengenalkan produknya.
  • Menghemat SDM dan biaya pelayanan. Tentunya tidak dibutuhkan SDM yang diperlukan untuk memasarkan produk nya serta tidak diperlukan lagi adanya pelayanan langsung pada konsumen atau pelanggan atas produk yang dijual.
  • Lebih fokus meningkatkan kwalitas produk. Karena sudah tidak diribetkan lagi untuk pemasaran, promosi dan layanan pada konsumen atau pelanggan, maka pihak pemilik barang lebih memfokuskan pada kwalitas produk, pengembangan inovasi baru terhadap produknya untuk tampilanyang lebih menarik dan memiliki manfaat lebih bagi konsumen ataupelanggan.

Manfaat konsinyasi bagi pedagang, penyalur atau pemilik toko

  • Memperoleh keuangan tanpa modal. Pihak pedagang disini hanya menyiapkan tempat display untuk barang konsinyasi nya, dengan demikian akan mendapatkan komisi atau selisih harga atas barang yang dititipkan oleh pihak pemilik barang. Dengan demikian bisnis yang dijalankan bisa dibilang tanpa modal.
  • Resiko rendah. Tidak menanggung resiko atas barang konsinyasi yang tidak laku atau rusak karena sesuai perjanjian atas barang tersebut pasti bisa dikembalikan kepihak pemilik barang. Resikonyalebih ke berkurangnya pendapatan atas tidak terjualnya barang yang rusak dan tidak laku.
  • Display produk tidak ada batasan. Karena hanya menyediakan tempat dan display produk, sehingga tidak ada batasan produk yang bisa diterima untuk didisplay yang sudah disediakan. Sehingga membantu pihak pedagang untuk mendapatkan keuntungan sebesar besarnya atas produk yang dikonsinyasi.

Demikian ulasan mengenai Konsinyasi Barang Bagi Perusahaan Distributor manfaat apa yang bisa diperoleh baik dari pihak pemilik barang ataupun pihak pedagang, penyalur atau pemilik toko. Dengan artikel ini diharapkan bagi pelaku bisnis konsinyasi dapat dijadikan sebagai strategi baru dalam pemasarannya.

Baca Juga Artikel Berikut :

  1. 5 tips dalam berbisnis agar omset tetap aman
  2. Laporan Di Accurate Software Mencegah Omset Terjun Bebas
  3. Belajar Bisnis dari Film Chef
  4. Kontrol Persediaan Barang Dagang dalam Perusahaan
  5. Yang Harus Dihindari Pengusaha Pemula dalam Berbisnis
  6. Cara Mencegah Terjadinya Kecurangan dalam Bisnis Anda
  7. Kapan saatnya Perusahaan Butuh Software Akuntansi