Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

KIAT SUKSES MANAGEMENT PIUTANG BAGI PERUSAHAAN DISTRIBUTOR

KIAT SUKSES MANAGEMENT PIUTANG BAGI PERUSAHAAN DISTRIBUTOR. Hub: Firdaus 081703354372

Kiat sukses management piutang bagi perusahaan distributor.

Piutang adalah segala bentuk tagihan kepada pihak lain baik secara individu ataupun badan yang pelunasannya dalam bentuk uang kas atas pembelian barang atau jasa secara kredit pada perusahaan.

Untuk menjamin efektifitas piutang maka diperlukan adanya pengelolaan yang baik, agar tidak menimbulkan kerugian bagi perusahaan atas piutang yang tidak terkontrol karena tidak tertagih. Untuk itulah agar pengelolaan piutang berjalan dengan baik maka diperlukan adanya management piutang.

Dengan menerapkan management piutang yang baik mulai dari perencanaan penjualan dengan menetapkan jatuh tempo kredit hingga kepenagihan pelanggan harus tertata dengan baik. Hal ini akan dengan mudah untuk di evaluasi untuk mengambil keputusan yang baik kedepannya bagi perusahaan.

Bagaimana kiat sukses management piutang bagi perusahaan diantaranya yang harus dilakukan adalah:

Membuat Daftar Piutang Pelanggan

Untuk membuat transaksi piutang dengan pelanggan harus benar benar mendapatkan informasi pelanggan yang valid. Data itu dapat berupa nama pelanggan, alamat yang lengkap, kontak penagihan, yang lebih penting adalah tanggal piutang, nilai piutang dan jatuh tempo piutang.

Pengendalian Piutang

Pengendalian piutang disini adalah menyaring dengan seksama aakah pelanggan nya pantas untuk mendapatkan kredit, memberikan batasan limit sesuai kemampuan pelanggan, menentukan potongan yang pantas, batasan return jika diperlukanserta menetapkan ketentuan ketentuan jika sampai terjadi kredit macet.

Kebijakan jika Terjadi Kredit Macet

Seringkali perusahaan mengalami kegagalan dalam penagihan ke pihak pelanggan, maka perlu adanya kebijakan perusahaan dalam mengatasi kredit macet, karena penagihan atas piutang merupakan hak perusahaan atas pendapatannya.

Adapun yang harus dilakukan dalam menghadapi kredit macet diantaranya adalah melakukan penagihan secara lebih agresif dan ketat terhadap piutang yang sudah jatuh tempo.

Pengarsipan Dokumen

Terkait dengan transaksi piutang pengarsipan sangat perlu sebagai identitas atas pelanggan dan transaksinya baik secara file ataupun bukti fisik transaksinya mulai dari pesanan, surat jalan, faktur, retur dan penerimaan penjualan.

Arsip ini akan menjadi sangat penting dalam melakukan penagihan atas kredit atau jika sampai taerjadi kredit macet.

Prioritas Pembayaran Tunai

Setiap bertransaksi kegiatan piutang tidak bisa dihindari karena dengan adanya piutang merupakan sumber penghasilan perusahaan yang nilainya besar dan terjalinnya kerjasama jangka panjang.

Transaksi secara tunai ini akan tetap diperlukan untuk menjaga cash flow perusahaan agar dengan adanya ketersediaan uang tunai kegiatan operasional perusahaan tetap akan berjalan dan dengan demikian transaksi transaksi piutang bisa diminimalisir.

Itulah sedikit tips dari kami dalam mengelola management piutang bagi perusahaan, tanpa mengganggu arus cash perusahaan dan tetap terjalinnya hubungan baik dengan relasi dan pelanggan dalam dunia bisnis.

Baca Juga Artikel Berikut :

  1. Belajar Bisnis dari Film Chef
  2. Kontrol Persediaan Barang Dagang dalam Perusahaan
  3. Yang Harus Dihindari Pengusaha Pemula dalam Berbisnis
  4. Cara Mencegah Terjadinya Kecurangan dalam Bisnis Anda
  5. Kapan saatnya Perusahaan Butuh Software Akuntansi