Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Keuangan Pribadi VS Keuangan Perusahaan Dalam Bisnis

Keuangan Pribadi VS Keuangan Perusahaan Dalam Bisnis. Hubungi Firdaus 081703354372

Keuangan Pribadi VS Keuangan Perusahaan Dalam Bisnis

Ketika pelaku bisnis memutuskan untukterjun kedunia usaha tentunya diperlukan adanya sikap profesional terutama berkaitan dengan keuangan. Tentunya secara profesional harus memisahkan dalam pengaturannya, karena jika tidak dipisahkan akan merugikan pribadi dan perusahaannya.

Tidak bisa dipungkiri hingga saat ini masih ada pelaku bisnis yang masih menjadikan satu antara keuangan pribadi dan keuangan perusahaan dalam satu rekening, hal demikian akan memjadikan kacau tidak bisa dibedakan dalam penentuan mana aset pribadi dan mana aset bisnis.

Dalam berbisnis pengaturan keuangan merupakan elemen yang sangat penting dalam dunia bisnis. Karena itulah pengaturan pengelolaan keuangan harus rapi, transparan dan harus dilakukan secara profesional. Salahsatunya adalah melakukan pemisahan antara rekening pribadi dan rekening perusahaan.

Alasan utama memisahkan rekening pribadi dan perusahaan adalah :

Lebih profesional

Penerapan managemen keuangan menunjukkan sikap profesionalisme pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya, meskipun status sebagai pemilik usaha namun tetap segala sesuatunya yang berhubungan dengan bisnis maka diatasnamakan bisnisnya bikan atas nama pribadinya. Dengan demikian akan lebih dipercaya bagi perusahaan lain yang berbisnis dengan anda karena semua kegiatan bahkan rekening perusahaan diatas namakan perusahaan.

Dasar pengambilan keputusan dalam bisnis

Dengan memisahkan rekening pribadi dan rekening perusahaan dengan demikian akan diketahui secara pasti pendapatan atas berjalannya bisnis selama ini, laba bersih perusahaan. Bisnis yang semakin pesat berkembang maka pendapatan perusahaan juga akan semakin meningkat, secara tidak langsung juga akan meningkatkan pundi pundi pendapatan pribadi anda.

Hal demikian akan mendorong daya saing dan perkembangan usaha ke arah yang lebih positif. Artinya pelaku bisnis dapat dengan mudah untuk mengambil keputusan untuk membangun dan mengembagkan bisnisnya.

Dasar perhitungan pajak

Sebagaimana yang sudah ditetapkan oleh pemerintah bahwasannya bagi perusahaan PKP diwajibkan untuk lapor pajak atas barang atau jasa yang dijual. Jika keuangan pribadi digabung dengan keuangan perusahaan maka penghasilan laba bersih akan kelihatan besar padahal dalam laba tersebut ada uang pribadi.

Karena itulah pentingnya memisahkan keuangan pribadi dan keuangan perusahaan, sehingga perhitungan besar pajak yang harus disetorkan murni dari hasil bisnis.

Evaluasi kinerja perusahaan

Disini akan menjadi ransu jika keuangan pribadi dan bisnis masih dijadikan satu. Dampaknya adalah tidak bisa dilihat hasil kinerja usaha selama ini. Oleh karena itulah keuangan pribadi dan bisnis harus dipisahkan.

Dengan terpisahnya keuangan pribadi dan bisnis maka akan terlihat dengan lebih baik bagai mana proforma perusahaan yang dijalankan selama ini, akan terlihat pos pos mana yang perlu diperbaiki dan yang perlu ditingkatkan dengan mengacu pada cash flow perusahaan yang ada.

Menghindari kebangkrutan

Jika masih belum dipisah antara keuangan pribadi dan bisnis maka akan terlihat anda memiliki uang yang banyak, sehingga akan memancing untuk lebih konsumtif untuk menggunakan uang yang ada. Padahal didalamnya terdapat uang perusahaan, jika hal ini terus berlanjut maka secara otomatis cash flow perusahaan jadi tidak terkontrol dan perusahaan diambang kebangkrutan.

Demikian artikel kali ini Keuangan Pribadi VS Keuangan Perusahaan Dalam Bisnis, cukup jelas manfaat harus dipisahkan antara keuangan pribadi dan keuangan perusahaan. Diharapkan artikel ini dapat membantu para pelaku bisnis untuk segera memisahkan diantara kedua keuangan tersebut, hal ini untuk keberlangsungan perusahaan sesuai dengan harapan untuk ters berkembang menjadi perusahaan yang besar.

Baca Juga Artikel Berikut :

  1. 5 tips dalam berbisnis agar omset tetap aman
  2. Laporan Di Accurate Software Mencegah Omset Terjun Bebas
  3. Belajar Bisnis dari Film Chef
  4. Kontrol Persediaan Barang Dagang dalam Perusahaan
  5. Yang Harus Dihindari Pengusaha Pemula dalam Berbisnis
  6. Cara Mencegah Terjadinya Kecurangan dalam Bisnis Anda
  7. Kapan saatnya Perusahaan Butuh Software Akuntansi