Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Ketahui Pentingnya Manfaat Stok Opname Dalam Kegiatan Bisnis

Ketahui Pentingnya Manfaat Stok Opname Dalam Kegiatan Bisnis

Dalam Kegiatan bisnis, apapun Jenisnya Baik Skala Kecil hingga UMKM Pastinya Tidak Akan Lepas Dengan Kegiatan Stok Opname. Stok Opname merupakan kegiatan menghitung kuantitas  jumlah barang atau produk yang  ada di gudang yang bersifat kumulatif sebelum barang tersebut dijual kepada pelanggan.

Dalam Melakukan Kegiatan Stok Opname cukup menguras waktu apalagi jika anda memiliki jenis dan type barang yang bermacam macam jenis.

karena dalam kegiatan stok opname anda akan memeriksa dan melakukan perhitungan barang yang ada di dalam gudang secara langsung.

dalam menghitung barang di gudang secara langsung diperlukan ketelitian, Karena jika terjadi kesalahan dalam menghitung dan menentukan jumlah barang maka otomatis akan memengaruhi pada jumlah barang itu sendiri. Terutama saat produk/barang akan dijual. Seiring perkembangan teknologi , proses melakukan stock opname bisa dilakukan lebih cepat dan efisien. kehadiran penggunaan barcode adalah salah satunya. dengan menggunakan alat barcode kesalahan dalam perhitungan barang dapat diminimalisir

Kenapa Pentingnya Stok Opname

Kegiatan stock opname dilakukan untuk mengetahui kondisi secara riil tentang kuantitas persediaan barang yang ada pada catatan pembukuan dan barang yang ada di gudang.

Apakah jumlah kuantitas barang yang ada di gudang dengan di pencatatan sama atau berbeda. jika anda melakukan stok opname mendapati barang berbeda yaitu barang lebih banyak daripada di pencatatan anda, maka bisa dilakukan pengecekan ulang, apakah kemungkinan ada transaksi yang belum dicatat atau kesalahan dalam melakukan pencatatan.

sedangkan apabila anda mendapati adanya perbedaan barang dalam hal ini kekurangan barang , umumnya bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan membuat jurnal penyesuaian atas kekurangan barang,  atau perusahaan membebankan kepada PIC bagian stock opname melakukan pengantian atas kekurangan barang.

Manfaat Stok Opname

Disamping mengetahui kondisi secara riil tentang kuantitas persediaan barang yang ada pada catatan pembukuan dan barang yang ada di gudang. Berikut manfaat lain Melakukan Stok Opname dalam bisnis :

  • meminimalkan dan mencegah terjadinya penyimpangan barang yang ada digudang yang mungkin bisa terjadi karena faktor kelalaian.
  • sebagai instrumen pembanding analisa data dengan data tahun sebelumnya
  • mengetahui Secara riil ( Nyata) persediaan yang sesungguhnya dimiliki.
  • dapat sebagai instrumen pengambilan keputusan secara cepat  apabila terjadi kekurangan barang  sehingga tidak sampai terjadi kekosongan stok barang.

Tujuan Stok Opname

Selain Pentingnya dan manfaat melakukan stok opname, stok opname memiliki tujuan diantaranya :

  • sebagai alat control pengendalian dan pengawasan internal
  • mengontrol dan melacak arus mutasi barang dari dan keluar perusahaan.

Tips Melakukan Stok Opname

  • Melakukan Klasifikasi Produk

Anda dapat melakukan Klasifikasi Produk mana yang anda ingin melakukan stok opname dengan cara memberikan tag atau sticker pada setiap stock persediaan yang dimiliki. Hal ini selain memudahkan dalam mendapati barang yang hendak dihitung juga merapikan persediaan gudang yang dimiliki.

  • Melakukan penghitungan Secara Manual dan Mencatat Barang Barang Telah di Opname

dengan melakukan penghitungan secara manual dan mencatat barang yang telah di opname anda melihat langsung barang yang anda opname secara nyata dan mengetahui kondisi barangnya

  • Melakukan Penginputan Hasil Stok Opname dan Mencocokkan Data Stok Yang Ada di dalam Komputer 

setelah melakukan penghitungan secara manual dan mencatat yang telah diopname langkah selanjutnya tim bagian yang melakukan stok opname melakukan penginputan Hasil Stok opname  dan melakukan pencocokan data ke dalam komputer, jika ditemukan Selisih maka pihak gudang menginfokan ke bagian Accounting untuk melakukan penyesuaian stok.

  •  Melakukan Stock Opname Secara Berkala

Dalam Melakukan Stok Opname sebisa mungkin dijadwalkan secara berkala. Untuk menjadwalkan stock opname ada baiknya pilih hari dimana tak banyak transaksi terjadi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan

Demikian Artikel mengenai Pentingnya Manfaat Stok Opname dalam kegiatan bisnis. semoga artikel ini dapat membantu anda dapat mengetahui pentingnya manfaat stok opname dalam kegiatan bisnis

Baca Juga :