Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Kenali Perbedaan Utama Pembukuan Dan Akuntansi

Kenali Perbedaan Utama Pembukuan Dan Akuntansi. Firdaus 081703354372

Kenali Perbedaan Utama Pembukuan Dan Akuntansi

Pembukuan dan akuntansi istilah yang biasa ditemukan dalam mengelola perusahaan atau organisasi, dimana pembukuan dan akuntansi ini saling berkaitan dan penting keberadaannya. Pembukuan merupakan langkah awal dari kegiatan akuntansi dan sebagai dasar dalam terbentuknya proses akuntansi. Apabila pembukuan dilakukan dengan baik dan benar maka kegiatan akuntansi juga akan berjalan dengan baik dan benar.

Namun meskipun kegiatan pembukuan dan akuntansi saling berkaitan namun tetap ada perbedaan yang mendasar antara pembukuan dan akuntansi.

Pada artikel kali ini akan diuraikan bagaimana sebenarnya yang membedakan kegiatan pembukuan dan akuntansi.

Definisi Pembukuan

Pembukuan adalah suatu kegiatan proses pencatatan secara sistematis dari semua transaksi yang terjadi di suatu perusahaan, dengan mencatat dokumen lengkap semua transaksi untuk mengetahui secara detail mengenai pengeluaran dan pendapatan pada akhir periode tertentu.

Tujuan dari pembukuan adalah dengan adanya pencatatan semua transaksi mulai dari kas, biaya, penjualan, pembelian, barang dapat memberikan gambaran informasi mengenai pendapatan dan pengeluaran suatu perusahaan dalam periode tertentu.

Tugas pembukuan dilakukan oleh pemegang buku yang bertugas mencatat semua transaksi berkaitan dengan keluar masuknya kas dan bank, penjualan atau pembelian atas barang, pengeluaran biaya lain lain atau pendapatan lain lain dan semua kegiatan yang berkaitan dengan operasional perusahaan.

Ruang lingkup pembukuan meliputi kegiatan menerbitkan faktur penjualan, pencatatan faktur pembelian, pengeluaran biaya operasional perusahaan, mencatat keluarmasuknya persediaan dan penggajian.

Definisi Akuntansi

Akuntansi adalah pekerjaan yang berhubungan dengan mengolah hasil data untukmenginformasikan kepada perusahaan mulai dari pencatatan transaksi hingga menghasilkan laporan laporan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dimana dengan jalan mengelompokkan transaksi berdasarkan kegiatannya kemudian merangkum hinga menjadi laporan keuangan.

Tujuan dari akuntansi ini adalah menyediakan laporan memberikan pandangan yang benar dan adil dari laporan keuangan kepada pemilik perusahaan, investor, karyawan, pemerintah atau siapapun yangberkepentingan dengan perusahaan tersebut.

Tugas dari akuntansi dilakukan oleh akuntan yang berkompeten dibidang akuntansi dengan mengelompokkan hasil pencatatan transaksi diolah untuk menghasilkan laporan laporan keuangan perusahaan.

Ruang lingkup dari akuntansi disini adalah menyiapkan daftar akun, buku besar, merancang laporan keuangan dan menerbitkan laporan laporan keuangan pada periode tertentu, selain itu juga membuat laporan pajak perusahaan dan laporan laporan lainnya yang berkaitan dengan kegiatan perusahaan.

Itulah gambaran dasar mengenai perbedaan pembukuan dan akutansi, pembukuanmerupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dari kegiatan akuntansi. Bagi pemilik bisnis bebas dalam melakukan pembukuan atau akuntansi perusahaan bisa dikelola sendiri baik pembukuan dan akuntansi perusahaannya atau hanya mengelola pembukuan perusahaan namun untuk kegiatan akuntansi mempercayakan pada pihak konsultan untuk mengelola data pembukuan yang sudah ada. Tentunya dengan semakin berkembangnya teknologi diharapkan banyak membantu para pelaku bisnis dalam mengelola pembukuan dan akuntansi perusahaan.

Demikian artikel ini mengenai Kenali Perbedaan Utama Pembukuan Dan Akuntansi, dengan demikian diharapkan bagi pelaku bisnis dapat menjadikan artikel ini sebagai pegangan dasar untuk mengelola perusahaan dengan baik dan benar.

 

Baca Juga Artikel Berikut :

  1. Manfaat Minimum Stok Persediaan Bagi Perusahaan Dagang
  2. 5 tips dalam berbisnis agar omset tetap aman
  3. Laporan Di Accurate Software Mencegah Omset Terjun Bebas
  4. Belajar Bisnis dari Film Chef
  5. Kontrol Persediaan Barang Dagang dalam Perusahaan
  6. Yang Harus Dihindari Pengusaha Pemula dalam Berbisnis
  7. Cara Mencegah Terjadinya Kecurangan dalam Bisnis Anda
  8. Kapan saatnya Perusahaan Butuh Software Akuntansi