Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Kemudahan Pencatatan Ppn dan pelaporan SPT dengan Accurate 5 – CP Accurate Eka 082232747689

Kemudahan Pencatatan PPN dan Pelaporan SPT | PPN merupakan Pajak yang paling kita sering temui diberbagai transaksi Jual beli setiap barang atau makanan. Setelah sebelumnya saya membahas tentang Kewajiban Pengusaha atas PPN untuk memperjelas apakah Pengusaha memang harus melapor ppn. Di Artikel kali ini, saya akan membahas tentang kemudahan Pencatatan PPN dan Pelaporan SPT menggunakan Software Akuntansi ACCURATE 5. Sebelum kita membahas tentang bagaimana kemudahan pencatatan dan Pelaporan PPN di Accurate, Yuk kita bahas singkat dahulu tentang ACCURATE 5 Software 

accurate

accurate 5

Merupakan salah satu Software Akuntansi terbaik di Indonesia dan sudah sesuai dengan PSAK Indonesia. Accurate 5 memiliki Modul yang lengkap dari mulai Pembelian, Pnejualan, Stock, Kas Bank, Buku Besar, Asset tetap, sampai dengan E- Faktur. Semua Fitur di Accurate 5 akan memudahkan setiap proses bisnis yang anda jalankan. Accurate telah meraih penghargaan Top Brand selama 5x berturut- turut. Mulai dari tahun 2016, 2017, 2018, 2019, 2020. 

Lalu bagaimana sistem Pencatatan PPN dan kemudahan pelaporannya di Accurate ? 

Pencatatan Informasi Perpajakan

Accurate Software akan membantu anda memudahkan pencatatan Ppn dan pelaporannya. Pada langkah awal, anda hanya perlu untuk setting beberapa informasi perpajakan seperti dibawah ini sebelum masuk ke transaksi Jual beli yang perlu menggunakan PPN. Sistem Accurate akan merekam data yang telah anda isi dan akan dijadikan sebagai dasar acuan Pajak pada transaksi selanjutnya. 

  • Setting Kode Pajak, Nilai Pajak dan Akun Pajak
Kode Pajak
  • Mencatat Nomor Pajak
  • Mencatat Pajak Pada Vendor
data pajak vendor
  • Mencatat Pajak pada data Customer

Penginputan PPN pada Transaksi dagang

Accurate 5 telah menyediakan Fitur dagang yang lengkap. Contohnya Pada Fitur Penjualan dan Pembelian. Anda dapat menginput mulai dari PO, SO, RI, DO, Invoice dan pelunasan/ Pembayaran. Transaksi PPN dapat anda buat pada Invoice, Baik itu Invoice Pembelian atau Invoice Penjualan. 

Setelah anda menginput data Lengkap mengenai, NPWP dan data- data pajak yang sebelumnya dibahas diatas, maka otomatis anda dapat setting untuk menggunakan PPN pada invoice anda. Dengan begitu jumlah invoice akan mengikuti tambahan pajak nya. Berikut Tampilan Form Invoice. 

PI

Kemudahan Pelaporan SPT dengan Fitur E- Faktur

e faktur accurate

ACCURATE 5 Desktop memiliki Fitur yang berguna untuk kemudahan pelaporan SPT pajak anda. Fitur tersebut adalah E- Faktur. Setelah anda menginput setiap transaksi atau invoice Pembelian dan Penjualan di Accurate menggunakan PPN, Maka secara otomatis sistem akan menyimpan data PPN tersebut ke dalam Pajak masukan dan Pajak Keluaran. Semua data yang telah tersimpan dapat anda periksa dan dapat dengan mudah anda Ekspor ke dalam File CSV. 

Seperti yang kita tau File dalam Format CSV merupakan Format file yang dapat di upload ke website Resmi dirjen Pajak Indonesia. Jadi anda hanya perlu untuk mengimpor File CSV tersebut ke Website resmi dan anda tidak perlu mengentry ulang. Sangat Mudah dan Praktis bukan. Berikut adalah Tampilan Pajak Masukan dan Pajak Keluaran yang ada di Accurate Software Versi 5. 

pajak masukan
pajak keluaran

Demikianlah Artikel yang membahas tentang Kemudahan Pencatatan PPN dan Pelaporan SPT. Semoga Informasi ini dapat bermanfaat untuk anda. 

Sampai jumpa di Artikel selanjutnya. 

TERTARIK DENGAN ACCURATE ?

Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut tentang accurate

silahkan klik link dibawah ini