Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Kemudahan Pencatatan Biaya Produksi Dengan Accurate 5 Software – Accurate Hub Eka 082232747689

Kemudahan Pencatatan Biaya Produksi dengan Accurate 5 Software |Biaya Produksi merupakan salah satu Biaya yang penting dalam pembukuan perusahaan. Terutama Perusahaan yang dalam kegiatan operasional nya memiliki proses produksi dari bahan baku menjadi produk atau barang jadi. Biaya Produksi harus diprhitungkan secara akurat agar produk yang dihasilkan bisa dijual dengan harga yang tepat. Namun Masih Banyak sekali perusahaan di bidang produksi yang kesulitan menghitung biaya- biaya produksi secara tepat. Pencatatan Manual seringkali memakan banyak waktu. 

Accurate Software, merupakan salah satu Software Akuntansi terbaik di Indonesia yang telah dikembangkan oleh PT. Cipta Piranti Sejahtera sejak tahun 1998. Accurate telah sesuai standard PSAK Indonesia dan telah meraih Top Brand Award selama 5x berturut- turut. Software Accurate memiliki Modul dan Fitur yang lengkap yang dapat digunakan diberbagai bidang usaha. Terutama untuk Perusahaan yang menerapkan Proses Produksi pada Operasional nya. Untuk Produksi dengan Perhitungan Aktual Costing, Accurate menyediakan Fitur Job Costing. 

fitur job costing - Accurate 5 software

JOB COST [Pembiayaan Pesanan] adalah Aktifitas yang dapat Anda lakukan untuk mencatat proses produksi barang jadi berdasarkan pesanan (Job Order). Aktifitas Job Costing ini nantinya juga dapat dilihat melalui laporan yang sudah tersedia di Accurate. Seperti yang sudah saya bahas pada artikel sebelumnya berjudul “Mengenal Jenis Biaya Produksi dalam Keuangan Perusahaan” Biaya Produksi secara Umum dibagi Menjadi 3 yaitu :

  1. Biaya Bahan Baku 
  2. Biaya Tenaga Kerja 
  3. Biaya Overhead Pabrik 

ke-3 Biaya tersebut akan menjadi komponen biaya yang timbul atas Produk jadi yang dihasilkan. Accurate akan mencatat Pengeluaran Bahan Baku dan biaya- biaya lainnya seperti tenaga kerja dan Overhead pabrik. Untuk Biaya Bahan Baku, Accurate akan mengambil bahan baku dari master barang yang telah diinput dan Harga beli didasarkan pada metode Persediaan yang telah ditetapkan sebelumnya antara FIFO atau Average. Accurate akan otomatis mengurangi stock yang ada di gudang sistem. 

Setelah anda menginput komponen Untuk biaya produksi, maka step berikutnya adalah melakukan Proses Finishing dengan mencatat hasil produk dan barang jadi nya. Accurate Software akan otomatis mengalokasikan nilai dari biaya- biaya yang timbul atas barang jadi tersebut. Accurate akan otomatis Mencatat Barang/ Produk jadi Bertambah. Tampilan Form Job Costing dapat anda lihat seperti contoh dibawah ini :

laporan job costing

Setelah anda menginput biaya- biaya produksi dan melakukan proses finishing, maka Produk telah berhasil anda buat dengan rincian biaya yang dapat anda lihat di laporan keuangan Accurate Software. Dibawah ini adalah beberapa laporan Job Costing dan contoh laporan yang dapat anda tampilkan. Selain itu anda juga masih dapat memodifikasi laporan, menyimpan dalam berbagai tipe file dan mencetak laporanya. 

tertarik dengan accurate ?

atau ingin mengetahui penerapan accurate dibidang usaha anda ?

Kemudahan Pencatatan Biaya Produksi dengan Accurate 5 Software