Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Kelola Persediaan Barang Usaha Anda Dengan Benar

Kelola Persediaan Barang Usaha Anda Dengan Benar — Anda pasti memiliki stok guna menyimpan persediaan barang daagangan yang hendak anda jual bukan. Apakah anda bisa mengelola stok persediaan anda dengan benar shingga stok persediaan yang ada di gudang tidak habis saat anda memerlukannya? Berikut cara-cara untuk mengelola persediaan barang dagangan anda dengan mudah.

Kelola Persediaan Barang Usaha Anda Dengan Benar

  1. Melakukan perencanaan persediaan. Apa itu perencanaan persediaan? Perencanaan persediaan merupakan usaha yang anda lakukan guna menjamin ketersediaan stok yang ada di gudang anda. Anda harus tahu berapa banyak stok yang anda miliki dan tentukan pula minimum stok untuk masing-masing barang dagangan anda. Dengan begitu anda tidak akan khawatir jika kehabisan stok karena telah melakukan perencanaan persediaan dengan matang.
  2. Pahami metode persediaan usaha anda. Metode persediaan yang diakui oleh negara Indonesia adalah FIFO dan Average. Jika anda mengambil metode FIFO, maka aturlah sedemikian rupa stok yang ada di gudang anda sehingga barang lama akan keluar terlebih dahulu ketika hendak melakukan penjualan. Jika metode yang anda gunakan adalah metode Average, maka anda tidak perlu mengkhawatirkan barang mana yang keluar terlebih dahulu dan barang mana yang keluar belakangan.
  3. Menentukan SOP terkait pemesanan barang. Jika ada stok yang hampir habis, maka orang gudang akan memesan barang tersebut guna memenuhi minimum stok terhadap barang tadi. Tentukanlah SOP agar pekerjaan dari masing-masing karyawan anda jelas dan tidak ada miskomunikasi dalam hal pemenuhan stok persediaan yang anda miliki.
  4. Lakukan stok opname untuk memantau stok yang ada di gudang anda. Penting bagi anda untuk melakukan stok opname karena stok opname bisa membantu anda melihat barang mana yang sering terjual dan barang mana yang jarang terjual. Stok opname juga bisa membantu anda terkait kerusakan ataupun kehilangan barang yang terjadi di gudang anda. Maka dari itu, lakukanlah stok opname secara periodik agar anda bisa selalu memantau dan mengawasi persediaan barang dagangan anda.

Kelola Persediaan Barang Usaha Anda Dengan Benar — Jika anda ingin melihat-lihat artikel kami yang lain silahkan klik link yang ada di bawah ini.