Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Pembayaran Cash VS Cashless

Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Pembayaran Cash VS Cashless
Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Pembayaran Cash VS Cashless

Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Pembayaran Cash VS Cashless | Sistem pembayaran adalah seperangkat cara yang mengatur tentang pemindahan dana yang disebabkan oleh suatu transaksi antara penjual dan pembeli. Pada dasarnya sistem pembayaran hanya dibagi menjadi dua, yaitu sistem pembayaran tunai (cash) dan sistem pembayaran non tunai (cashless).
Sistem pembayaran tunai adalah sistem pembayaran antara satu pihak dengan pihak lainnya secara langsung. Sedangkan yang dimaksud dengan sistem pembayaran non tunai adalah sistem pembayaran secara tidak langsung yang dijembatani oleh pihak ke tiga. Dewasa ini sistem pembayaran non tunai di anggap lebih memiliki banyak keunggulan. Selain praktis dan efisien serta dapat dilakukan kapan dan dimana saja, sistem pembayaran non tunai juga biasanya menawarkan banyak kelebihan. Misal cashback, diskon, dan sebagainya.

Lantas mana yang lebih baik antara sistem pembayaran tunai dan sistem pembayaram non tunai? Sebelumnya kita perlu melihat kelebihan dan kekurangan antara kedua sistem pembayaran ini:

  1. Promo menjadi strategi paling ampuh dalam sebuah penjualan. Pembayaran non tunai akan memberikan banyak promo menarik. Seperti cashback dan diskon. Hal ini menjadi meguntungkan apabila kita belanja barang yang memang dibutuhkan, namun yang sering kali terjadi adalah pembelian yang impulsif. Hal ini tanpa sadar membuat kita menjadi masyarakat yang konsumtif.
  2. Transaksi lebih cepat. Transaksi dengan nilai nominal yang besar akan membutuhkan waktu yang lama untuk menghitung uang apabila dilakukan dengan pembayaran tunai. Pembayaran non tunai akan lebih menghemat waktu, namun sinyal akan menjadi masalah utama dalam pembayaran non tunai.
  3. Menghindari terjadinya perampokan. Membawa uang dalam jumlah besar dalam suatu transaksi tentu akan menimbulkan resiko besar seperti perampokan. Namun dengan pembayaran non tunai seperti kartu debit, kartu kredit, mbanking dan sebagainya dinilai akan lebih aman. Namun tetap perlu diingat secanggih apapun sebuah sistem tetap ada kemungkinan untuk terjadinya pencurian data dan kehilangan uang.

Seiring dengan perkembangan jaman, maka sistem pembayaranpun mulai banyak beralih. Transaksi digital lebih banyak dilakukan dibanding dengan transaksi konvensional, karena dianggap lebih mudah, praktis, dan efisien. Namun sebaiknya isi saldo pada dompet digital seperlunya saja (ovo, dana, shoppepay, dan sebagainya). Hal ini dilakukan agar kita tidak lepas kontrol dan kendali pada saat berbelanja, serta dapat mengatur keuangan kita. Namun tidak ada salahnya tetap selalu menyediakan uang tunai untuk transaksi-transaksi yang belum tersentuh sistem pembayaran non tunai. Sehingga transaksi akan menjadi lebih mudah dengan kedua sistem pembayaran tersebut.

 

Baca Artikel Menarik Lainnya :