Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Kegunaan Faktur Penjualan

Kegunaan Faktur Penjualan — Kita sering menjumpai nota-nota tagihan yang ada di perusahaan kita. Sebenarnya apa sih kegunaan dari nota-nota tersebut? Nota yang sering kali kita jumpai sebenarnya adalah faktur penjualan. Faktur penjualan sendiri memiliki arti sebagai bukti tagihan yang dikeluarkan oleh Pengusaha Kena Pajak ( PKP ) untuk konsumen atas pembelian sejumlah barang atau jasa kena pajak ( BKP/JKP ). Faktur penjualan biasanya kita terima setelah barang yang kita beli sudah ada di tangan kita.

Kegunaan Faktur Penjualan

Sebenarnya apa sih fungsi dari faktur pajak sendiri? Banyak ahli ekonomi yang mengatakan bahwa faktur pajak memiliki fungsi yang beraneka ragam. Mulai dari sumber informasi terkait barang atau jasa yang dibeli oleh konsumen ( bukti tertulis terkait kuantitas dan harga suatu barang ), bisa juga sebagai informasi nilai tagihan yang harus dibayar oleh konsumen, sebagai bukti bahwa barang atau jasa yang diterima sudah sesuai dengan pesanan konsumen itu ( jika terjadi kesalahan maka konsumen bisa menggunakan faktur penjualan sebagai bukti fisik ), sebagai dokumen atau arsip bagi perusahaan untuk mengetahui histori atau sejarah pembelian atas barang yang pernah dijual. Faktur penjualan juga bisa digunakan sebagai bukti yang valid untuk menyusun laporan keuangan perusahaan dan sebagai bukti untuk pelaporan pajak.

Terlepas dari semua kegunaannya, faktur penjualan bisa dianggap sebagai bagian terpenting untuk anda yang memiliki suatu usaha karena faktur penjualan bisa memberikan anda manfaat yang tadi sudah kami sebutkan diatas. Bentuk faktur penjualan yang beraneka ragam juga bisa memungkinkan anda melengkapi profil konsumen yang membeli produk kepada anda. Dengan begitu, anda bisa mengetahui kemampuan daya beli terhadap produk anda dan bisa menyusun strategi yang tepat untuk mengembangkan usaha yang anda miliki. Jadi, jika anda belum memiliki faktur penjualan ketika anda menjual barang anda maka saatnya menggunakan software akuntansi untuk memudahkan anda dalam membuat laporan keuangan usaha anda.

Kegunaan Faktur Penjualan — Jika anda ingin melihat-lihat artikel kami yang lain silahkan klik link yang ada di bawah ini.